Thursday, 14 February 2019

Kamu, Jokowi ya?

#BeraniBerubah


Musim pemilu gini pasti deh banyak orang yang mengkampanyekan para capres yang diusungnya. Di kantor gue sendiri sampe ada yang berdebat hanya karena Jokowi dan Prabowo. Di tempat makan pula. Si pengusung Jokowi bilang, “ngapain pilih pilpres yang kagak punya bini. Ngurus keluarga aja kagak bisa gimana ngurus negara?” Buseeehhh, mendengar hal itu, tentu saja si pengusung Prabowo gak mau kalah. Dia bilang, “gak ada kaitannya soal itu dengan pilpres. Ngapain juga pilih presiden yang tukang bohong?” Mereka pun terus berdebat soal Jokowi dan Prabowo. Bahkan karyawan lain yang lagi makan saat itu juga sempat ada yang terpancing. Gue yang ada di tengah-tengah mereka cuma ketawa cekikikan aja melihat sekumpulan orang ini.

Hiruk pikuknya pemilu ternyata juga hinggap ke si bebeb. Waktu pulang dari mall kemarin, tiba-tiba si bebeb nanya ke gue, Kamu Jokowi ya?

Haa? Kata gue

“Iya kamu milih Jokowi kan pasti?” Jawab dia

“Hehe kenapa emang?” kata gue sambil ketawa ngeselin

“Ih bener kan pasti kamu Jokowi?” kata dia

“Rahasia dong. Inget LUBER dn Jurdil. Tapi, Siapapun pilihanku, pasti kamu bakal ngikutin deh nanti” Kata gue

“Hih ngeselin, pasti Jokowi ya? Kata dia dengan mimik penasaran

Gue ketawa aja.

….

Ngomongin soal Jokowi dan Prabowo memang gak ada habisnya. Maklum merekalah calon orang nomor satu di Indonesia. Mengkampanyekan atau membangga-banggakan mereka menurut gue lumrah-lumrah aja. Tapi selalu ingat etika nya. Jangan sampai hanya karena pilpres, pertemanan atau persaudaraan menjadi retak. Jangan sampai hanya karena senang dengan salah satu paslon, kamu jadi buta diri, buta hati dan buta beneran. Dan, jangan sampai hanya karena kamu pendukungnya, kamu jadi menjelek-jelekkan paslon lain atau pendukungnya. Ingat selalu etika dan adab ya.

Gue punya saran buat orang yang mendukung salah satu capres. Sebaiknya elu kalau mau mengkampanyekan capres elu, jangan lah ke pendukung capres lawan. Ya soalnya kagak bakal berubah pilihannya. Orang zaman sekarang tuh, ya kalau gak Jokowi ya Prabowo. Paling ya tengah-tengahnya adalah orang yang gak milih dua-duanya. Ini pun jumlahnya tinggal sedikit. Orang jenis ini tercipta bisa jadi karena emang dia cuek, bisa karena dia kagak ngerti apa itu pemilu dan bisa juga karena emang dia gak punya kebutuhan disana. Nah elu incer deh orang-orang ini. Pasti bakal menghasilkan deh. Soalnya kalau elu kampanyein ke orang yang udah punya pilihan ya pasti gak bakal ngefek. Wong dia udah jadi orang Jokowi dan orang Prabowo. Kecuali ya nanti di last minutes, pas pemilihan, elu nyoblos bareng dia, terus pas dia mau nyoblos, elu sela deh saat itu, dan langsung elu coblosin kertas suaranya dengan capres pilihan lo, dijamin deh dia bakal berubah haluan.

Hahaha

Entah kenapa sejak pilpres 2014 lalu, gue melihat kalau warga negara Indonesia ini udah terbelah menjadi dua bagian. Bagian Jokowi dan bagian Prabowo. Orang yang memuji Jokowi disebutnya pendukung Jokowi. Orang yang mengkritik Jokowi, disebutnya pendukung Prabowo. Lah, kalau gue memuji Jokowi dan mengkritik Jokowi dalam satu waktu berarti gue pendukung Jokowi dan Prabowo sekaligus dong ya? Hahaha. Tapi memang kondisinya kayak gini. Mau gak mau ya harus menerima. Buat kamu yang lagi baca tulisan ini pun pasti udah punya pilihan sendiri kan? Hayooo ngaku hayoooo.

Menurut gue, ada perbedaan yang terlihat cukup jelas antara pemilu sekarang dengan pemilu 2014 lalu. Di pemilu 2014 ada banyak black campaign yang dilakukan, nah di 2019 ini entah kenapa kok kayak lebih menekankan kepada ketakutan (fear campaign) ya? Ada yang sependapat sama gue? Tiap gue baca koran, entah kenapa banyak berita-berita yang menyebarkan ketakutan terkait capres-capres. Ada yang bilang bila si Anu terilih maka Indonesia bakal jadi kayak Suriah. Ada yang bilang lagi kalau si Anu terpilih maka Indonesia bakal jadi negara komunis. Ada juga berita-berita tentang anggaran negara bocor, diskriminalisasi ulama, utang negara, hingga negara bangkrut. Buseehhhh ini kok seram-seram amat ya ?

Ini kita lagi milih pemimpin atau lagi kontes serem-sereman sih?

Ya kalaupun hal-hal diatas emang bener, seenggaknya ya pakai cara elit dan positif gitu loh. Jangan kesannya hanya menakut-nakuti aja. Soalnya gak elegan banget buat sekelas pemilihan presiden. Kalau elu nakut-nakutin orang dengan maksud agar dia nurut, ya itu bocah banget. Inget gak waktu kecil? Kalo elu bandel, pasti emak bapak lu bakal nakuti-nakutin dengan frase seperti ini, “jangan nakal, kalau nakal nanti dibawa orang gila”  atau kayak gini, “Jangan keluar maghrib-maghrib, nanti bakal diculing kalong wewe” Pernah dibeginikan kan? Nah Maksud emak bapak lu nakutin gitu kan biar elu nurut, sekaligus sedikit membodoh-bodohi elu yang waktu kecil belum ngerti apa-apa.

Lah orang kampanye zaman sekarang bilang negara bakal bangkrut beberapa tahun lagi, atau Indonesia bakal dikuasai khilafah, lah itu kan kesannya nakut-nakutin dan membodoh-bodohi aja. Persis kayak kasus anak kecil diatas. Kenapa sih kampanye gak yang positif-positif aja? Seperti mensosialisasikan program-program yang akan diusung, mengenalkan prestasi-prestasi si capres atau menginformasikan kinerja-kinerja partai-partai pengusungnya. Masa kayak gitu doang kagak bisa? Kalau elu gak bisa menyebutkan 3 hal diatas, ya berarti memang capres elu belum menjual untuk diusung menjadi presiden.

Jujur. Gue sendiri belum menentukan pilihan. Sejak pilpres 2014 lalu entah kenapa gue sudah menjauhi dunia politik.  Black campaign di pilpres 2014 lalu memang sedikit bikin gue jenuh dan jengah sekaligus. Makanya sejak itu gue gak begitu konsen ke perpolitikan Indonesia. Cek aja blog gue, pasti gak ada deh tulisan tentang politik. Bagi kalian yang baca tulisan ini pun mungkin ada yang gak percaya perihal gue yang belum menentukan pilihan, apalagi setelah membaca tulisan ini. Tapi terserah kalian sih.

Mulai sekarang hingga hari pemilihan nanti gue bakal banyak nulis tentang pemilu di blog gue ini. Gue pengen pada pemilu kali ini, gue bisa berpartisipasi lebih dari sekedar menyoblos di TPS nanti. Ya gue bakal memberikan kalian berbagai informasi seputar pemilu. Seputar pemilu loh ya. Bukan seputar capres. Jadi bakal ada banyak hal yang akan gue kupas nantinya. Selain itu, tulisan-tulisan gue tentang pemilu ini harapannya bisa memberikan kamu sedikit pandangan terhadap caleg, partai atau capres yang bisa kamu pilih nantinya. Memberikan pandangan loh ya, bukan menentukan pandangan. Tentu kita semua pengen orang-orang terbaik lah yang bakal memimpin bangsa ini, maka mari bersaing dengan epic, woles dan beretika.

#BeraniBerubah


Read More

Tuesday, 5 February 2019

Tidak Ada Karyawan yang Lebih Besar dari Perusahaan



Seminggu belakangan ini ramai berita tentang mantan bos yang resign dari pekerjaannya. Ada banyak kabar beredar berkaitan dengan alasan ia resign, mulai dari masalah keluarga, terlibat kasus, atau sudah diterima di perusahaan lain. Gue sih gak terlalu peduli dengan alasan dia resign, hak-hak dia, hidup-hidup dia, tapi gue tertarik untuk membahas tentang akhirnya resignnya dia.

Mantan bos gue yang satu ini emang unik. Dia masih muda, sudah mengabdi cukup lama, dan memegang jabatan penting di perusahaan. Meskipun dia hanya memegang satu area di bagian operasional, tapi pekerjaannya juga mengurusi marketing, HRD, rekrutmen, legal, gaji, dan menjadi pemimpin “bayangan” di cabang lain. Ya bisa dibilang dialah otak perusahaan ini. Waktu kerja disana, gue sempat kepikiran kenapa perusahaan memberikan porsi yang lumayan banyak ke dalam satu orang itu. Padahal bila kita menganut pada prinsip manajemen organisasi, hal itu kurang lah bijak, karena bisa menyebabkan bom waktu yang dapat membumihanguskan perusahaan.

Muda, berpengaruh dan memegang banyak jabatan strategis membuat bos gue satu ini kadang suka berlebihan dalam bertindak. Porsi kerja yang diembannya memang cukup besar, namun kuasa-kuasa yang diberikan itu membuatnya suka bertindak diluar batas.  Ia tidak segan-segan menghakimi karyawan yang bersalah, mengucilkannya, dan membuang nya jauh-jauh. Padahal kalau dilihat dari uraian tugas, fungsi dan tanggung jawab di perusahaan, melakukan hal itu bukanlah wewenangnya, melainkan wewenang HRD. Tapi perusahaan diam-diam saja melihatnya. Diamnya perusahaan terhadap hal-hal inilah yang semakin membuatnya bertindak sesuka hati dengan kuasa besar di tangannya. Dia pun jadi merasa lebih besar dari perusahaan.


Adanya karyawan yang merasa lebih besar dari perusahaan bisa membuat suasana menjadi tidak kondusif. Contohnya ya kejadian yang pernah terjadi di perusahaan diatas. Si bos pernah mempersulit karyawannya resign hingga harus bayar berjuta-juta dulu. Jadi ceritanya gini, si karyawan izin untuk tidak masuk selama beberapa hari karena ia mau mengikuti pelatihan. Kebetulan karyawan ini baru saja dianugerahi karyawan terbaik tahunan sebulan sebelumnya. Tentu si bos mengizinkannya. Saat ia izin tersebut ternyata ada masalah pada klien yang mengakibatkan terpotongnya biaya pembayaran, sehingga perusahaan sedikit rugi. Mungkin si bos murka kali ya, ia pun menghukum si karyawan dengan memintanya mengundurkan diri sekaligus membayar kerugian perusahaan tersebut. Versi lain menyebutkan bahwa bonus tahunan yang didapat karyawan itu sebelumnya diminta dikembalikan juga dan ada kabar lain yang mengatakan bahwa si karyawan ternyata dipecat, bukan diminta mengundurkan diri. Untuk dua hal ini saya sendiri kurang begitu tau dengan kebenarannya.


Namun, bila dua hal diatas memanglah benar, maka hal itu sungguh sangat disayangkan. Saya sendiri kurang paham, apakah memang ada peraturan dalam perusahaan yang wajib mengganti rugi, dan mengembalikan bonus tahunan dalam kasus-kasus tertentu. Tapi bila kita melihatnya dari etika berorganisasi, maka sah-sah saja dalam beberapa artian. Kalau ganti rugi mungkin masih wajar karena terkait dengan kesalahan yang dilakukan, tapi untuk pengembalian bonus tahunan saya kira itu sudah melanggar hak pekerja. Bonus tahunan adalah bonus yang didapat dari kinerja tahun sebelumnya. Bukan di kinerja tahun berjalan. Makanya saat si bos ini menyuruh karyawan untuk mengembalikan bonus tahunannya, itu berarti sudah ada pelanggaran besar yang dilakukan oleh perusahaan ke tenaga kerja. Tapi ya, karena si bos adalah pejabat penting dan orang yang dipercaya, perusahaan pun diam saja melihat kasus ini dan terkesan setuju dengan tindakan yang dilakukan si bos. Tindak tanduk si bos dalam kasus ini secara tidak langsung mengatakan bahwa ialah pemegang kuasa tertinggi diperusahaan ini, jadi buat karyawan lain janganlah sekali-kali membuat ia murka kalau tidak ingin bernasib sama seperti diatas.


Karyawan yang merasa dirinya lebih besar dari perusahaan sangatlah membahayakan. Baik untuk rekan kerja, lingkungan kerja dan produktivitas kerja. Karyawan model begini biasanya cenderung sombong dan sewenag-wenang. Apalagi bila ia berada di posisi penting. Maka penyelewengan jabatan bisa marak terjadi. Pernah juga saya melihat kasus yang terjadi pada teman saya. Ia ketahuan melamar pekerjaan di kompetitornya perusahaan. Kebetulan ia ketahuan langsung oleh bosnya. Besoknya ia langsung dikeluarkan saat itu juga. Padahal karyawan ini adalah karyawan terbaik, yang memiliki potensi bagus dan prospek di masa depan lho. Lucunya lagi, yang mengeluarkan si karyawan ini bukanlah HRD, tapi si bos nya yang mengeluarkannya secara ujug-ujug, tanpa melalu pertimbangan HRD ataupun manajemen perusahaan. Sebenernya Kasus diatas bukanlah kasus yang besar kok, bukan juga kasus merugikan. Bisa dibilang kasus diatas hanyalah kasus remeh temeh. Cuma orang yang melamar kerjaan doang kok. Ya wajar aja dong. Masa gitu doang langsung ngeluarin karyawan? Mana karyawan tetap pula. Kan semena-mena banget tuh. Dimana etika berorganisasinya? Dimana profesionalitasnya? Dimana kepatuhan terhadap undang-undang ketenagakerjaannya?

Oiya btw, si bos ini sama kok orangnya dengan bos diatas. haha

Dengan segala hal yang ia lakukan diatas, gue selalu penasaran dengan motivasi bekerjanya. Sebenernya apa sih yang dia incar disini? Gaji? Kayaknya gajinya gak besar-besar amat. Passion? Hemm sepertinya bukan sih, karena bidang pekerjaannya bukanlah pekerjaan yang membutuhkan passion. Jabatan direktur? Gue sempat kepikiran hal ini. Posisi nya saat ini memang cukup berpeluang untuk menjadi direktur di kemudian hari, tapi perusahaan gue ini adalah perusahaan keluarga, jadi kayaknya bakal susah deh untuk mengangkat orang lain untuk berada di pucuk perusahaan. Motivasi ia bekerja hingga sedemikian rupanya masih membuat gue penasaran hingga hari ini.

Sewaktu bekerja bareng dia, dengan semua kondisi yang ada saat itu, gue bertanya-tanya dalam hati, akan sampai kapan ini orang akan kuat disini. Bekerja dengan system seadanya, dengan gaya memimpin yang seadanya dan tidak adanya evaluasi yang berkala terhadapnya, tentu hanya akan menggali lubang kuburan sendiri. Dengan semua kesewenang-wenangan yang ia lakukan, sepertinya ia lupa bahwa tidak ada karyawan yang lebih besar dari perusahaan. Ia mungkin lupa bahwa hidup itu seperti roda yang berputar, kadang dibawah dan kadang diatas. Mungkin saat itu ia ada di atas, tapi jangan lupakan kalau suatu saat ia bisa saja ada di bawah. Bila kondisi memaksanya untuk berada di bawah apakah ia siap untuk itu? Makanya saat melihat semua tindak tanduknya, gue selalu memikirkan hari dimana ia resign.


Gue yakin kalau dia gak akan lama untuk tetap stay ditempat tersebut. Soalnya ya dengan cara kerjanya saat ini, dia Cuma lagi menggali kuburannya sendiri kok. Tinggal tunggu waktu aja. Sampai kapan sih orang akan kuat dan bertahan dengan segala carut marut diatas? Pasti gak akan lama. Bagaimana dia akan resign pun turut menjadi perhatian gue, apakah ia akan menyerah begitu saja, atau ia bakal resign karena kena kasus? atau akankah ia tergiur dengan bekerja di perusahaan lain.


Akhirnya sekarang dia udah resign. Cuma beda setahun setengah dari terakhir gue resign dari perusahaan tersebut. Terlepas dari alasan dia resign, tapi hati kecil gue entah kenapa ikut senang. Ya soalnya dengan dia resign berarti menandakan kalau waktu karyawan-karyawan yang resign sebelumnya, adalah bukan karena ketidakmampuannya untuk kerja disana, tapi memang si bos yang tidak bisa mengakomodir orang-orang dengan baik dan benar. Selain itu, memang ada yang gak beres sih disana. Makanya dia juga resign kan.

Beberapa waktu lalu salah satu manager disana menghubungi gue untuk balik bekerja disana lagi. Gak Cuma gue, tapi ternyata orang-orang dulu yang pernah jadi pesakitan si bos diajak balik lagi. Di pesan tersebut tertulis kalau si bos udah resign. Lucu ya. Dengan bunyi pesan tersebut, perusahaan seolah berkata bahwa salah satu benefit besar yang ditawarkannya kali ini, adalah kondisi perusahaan yang sudah tidak ada lagi si bos didalamnya. Wah ngece tenan ki. Tapi kalau boleh jujur, hal itu emang bener-bener benefit yang besar sih. Haha. Sepertinya perusahaan sudah tau ya dimana akar masalah perusahaan selama ini.


Pada akhirnya tidak ada karyawan yang lebih besar dari perusahaan. Meskipun ia punya jabatan strategis, meskipun ia potensial dan meskipun ia adalah otak dari perusahaan sendiri. Karena perusahaan adalah sebuah organisasi yang didalamnya terdapat kumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan dan visi yang sama. Kumpulan orang-orang inilah yang bila bersatu dan saling padu maka akan membuat perusahaan akan semakin maju lagi. Samapai kapanpun, gak akan pernah ada deh karyawan yang lebih besar dari perusahaan. Karena perusahaan tidak akan pernah mati hanya karena ditinggal oleh satu orang saja. Perusahaan hanya tinggal mencari penggantinya saja kok, yang kalau dicari, ternyata jumlahnya berlimpah di luar sana, yang bahkan kemampuannya bisa setingkat atau lebih keren dibandingkan pendahulunya. 

Read More

Friday, 1 February 2019

Inilah Ciri-ciri Kehamilan Muda Yang Harus Anda Ketahui




Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kehamilan merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah petanda bahwa mereka akan segera dikaruniai seorang anak oleh Sang Pencipta. Tapi sayangnya, masih ada sebagian dari mereka yang belum tahu tentang ciri-ciri hamil muda. Nah, bagi siapa saja yang belum tahu tentang ciri ciri hamil muda, mari sama-sama kita simak saja langsung paparannya di bawah ini :

1. Anda Akan Sering Buang Air Kecil
Di trimester kehamilan pertama, maka akan ada peningkatan frekuensi air seni. Itu arinya, anda harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Lalu, apa yang menjadi peneyababnya? Menurut para dokter kandungan, hal itu dikarenakan janin yang tumbuh dalam rahim sedang menekan kantung kemih. Tak hanya itu, hal tersebut juga dikarenakan adanya peningkatan pada sirkulasi darah.

2. Perubahan Pada Bagian Payudara
Selain sering buang air kecil, anda juga akan mengalami perubahan pada bagian payudara. Ya, payudara anda akan terlihat semakin membesar, dan bagian putingnya juga membesar serta warnanya menggelap. Tak hanya itu saja, tekstur payudara anda akan lebih lembut yang disertai dengan rasa gatal. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan produksi hormone esterogen dan progesterone.

3. Morning Sickness (Mual dan Muntah-muntah)
Pada kenyataannya, memang tidak semua wanita hamil muda akan mengalami kondisi mual-mual alias sickness. Namun, kebanyakan wanita yang sedang hamil muda ini akan mengalami kondisi morning sickness. Lalu, apa yang menjadi pemicunya? Ya, hal itu dikarenakan adanya peningkatan hormon HGC (Human Chorionic Gonadotrophin) yang secara mendadak. Selain terjadi mual-mual dipagi hari, kondisi morning sickness ini juga akan muncul di siang dan malam hari. Namun setelah memasuki trimester kehamilan kedua, maka anda akan terbebas dari kondisi morning sickness tersebut.  

4. Kondisi Tubuh Menjadi Mudah Lelah dan Sering Mengantuk
Banyak yang bertanya, mengapa wanita yang sedang hamil muda itu mudah mengantuk dan mudah juga kelelahan. Perlu anda ketahui, bahwa hal itu dikarenakan adanya perubahan hormonal dari kinerja yang lebih keras pada beberapa organ vital seperti jantung, ginjal, dan paru-paru.

5. Perubahan Pada Indera Penciuman
Peningkatan hormone esterogen dalam tubuh tidak hanya menyebabkan perubahan pada ukuran payudara saja, melainkan juga perubahan pada indera penciuman yang menjadi lebih sensitif. Saat anda mencium aroma-aroma yang tajam seperti parfum maupun bumbu masakan, biasanya anda akan merasakan mual-mual lho. 

6. Perubahan Tingkat Mood
Menurut para dokter kandungan, kondisi mood wanita yang tengah hamil muda itu kerap labil. Ya, hal ini sering terjadi di pagi hari, dimana anda terkadang mudah marah, mudah sedih, dan juga mudah ceria. Maka dari itu, sangat disarankan bagi anda untuk mulai melatih emosi agar tetap stabil selama masa kehamilan. Pasalnya, kondisi psikiologis anda juga sangat berpengaruh pada perkembangan janin dalam rahim.  

7. Adanya Rasa Sakit Pada Area Punggung
Ciri-ciri berikutnya dari ibu hamil muda yang harus kalian ketahui, yaitu adanya rasa sakit pada bagian punggung. Selama di trimester kehamilan pertama, kondisi ligament anda akan melemah dikarenakan berat badan yang bertambah, sehingga rasa sakit pada bagian punggung kerap terjadi.
Itulah beberapa ciri-ciri kehamilan muda, yang semoga saja bisa anda jadikan sebagai ilmu pengetahuan. Selain itu, anda juga jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.


Read More

Thursday, 31 January 2019

4 Hal yang Wajib Dimiliki Seorang Mobile Gamers Sejati, Nomor Empat Bisa Dapat Smartphone




Bermain mobile game sudah menjadi aktivitas sehari-hari yang tidak bisa ditinggalkan. Smartphone masa kini yang canggih-canggih membuat bermain game dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bagi para mobile gamers sejati, bermain game lebih dari sekedar hobi. Ada tantangan, keseruan, gengsi dan perlombaan didalamnya yang membuat bermain game menjadi aktivitas yang gak kalah pentingnya dari sekolah, atau bekerja. Bermain game bukan hanya menyoal tentang menyelesaikan game, tapi bagaimana seorang gamers dapat berada di puncak tertinggi di game yang ia mainkan. Seorang mobile gamers sejati wajib memiliki hal-hal yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan gamenya. Hal-hal wajib itu diantaranya adalah :

1.       Partner Bermain
Bermain game tanpa adanya partner bagaikan sayur tanpa garam. Partner dalam game adalah pondasi dari game itu sendiri. Partner bisa berupa teman atau lawan bermain. Partner bermain bisa membuat seorang gamers jadi makin kuat dalam permainannya. Makanya, dalam dunia gaming, partner sangatlah penting dan wajib dimiliki oleh para gamers, ya meskipun hanya satu saja.

2.       Musuh yang Kuat
Musuh yang kuat akan membuat seorang gamer jadi semakin bersemangat. Persaingan dalam game itu akan semakin besar dan mantap. Musuh yang kuat tentu menjadi primadona dalam dunia gaming. Karena musuh tipe seperti ini adalah musuh impian sekaligus paling dihindari dalam dunia gaming. Bila seorang gamer mampu mengalahkan musuh yang kuat, maka ia akan dikenal dan meningkatkan performanya. Tapi bisa juga musuh yang kuat itu dapat menghancurkan karir nge-gamenya, sehingga membuat para gamers ekstra berhati-hati.

3.       Akses Internet Stabil dan Cepat
Akses internet adalah hal yang wajib dimiliki saat bermain mobile game. Ada banyak game-game yang wajib menggunakan internet ketika memainkannya. Seringkali bermain game terhambat akibat akses internet yang kurang bagus. Kondisi seperti inilah yang sangat menyebalkan. Makanya akses internet yang stabil dan cepat wajib kamu siapkan dalam bermain mobile gaming.

4.       Smartphone handal
Inilah hal utama yang wajib dimiliki oleh mobile gamers sejati, yaitu smartphone handal yang bisa mengakomodir kebutuhan game kamu. Ada banyak smartphone gaming handal di luar sana, namun Asus Zenfone Max M2 adalah yang terbaik di bidangnya. Asus Zenfone Max M2 merupakan smartphone yang baru diluncurkan di akhir tahun 2018 lalu. Kemampuannya cukup komplit untuk bermain game, yang ditunjang dengan fitur-fitur tak kalah kerennya serta dijual dengan harga yang terjangkau. Gimana? Keren banget gak sih? Bagi para mobile gamers, tentu smartphone ini bisa menjadi jawaban kamu dalam bergame ria. Nah, biar kalian gak makin penasaran, silakan simak review Asus Zenfone Max M2 berikut :

Body

Asus Zenfone Max M2 memiliki ketebalan hanya 7,7 mm. Body yang ramping ini ditunjang dengan desain metal yang membuatnya terlihat gagah ketika digenggam atau dipandang dari luar. Dengan body yang kokoh tipis begini serta display yang ciamik, maka akan membuat seorang gamers betah lama-lama bermain game di smartphone ini.

Processor

Dalam bermain mobile gaming, pasti dibutuhkan smartphone yang memiliki performa yang tangguh dan stabil. Game-game berat biasanya membutuhkan chipset yang kuat, sehingga bisa nyaman ketika dimainkan. Nah smartphone-smartphone non-gaming, biasanya tidak difasilitasi oleh chipset setangguh itu, sehingga ketika dimainkan akan ngelag atau ngehang.

Asus Zenfone Max M2 sudah dipersenjatai dengan Qualcomm Snapdragon 632. Qualcomm Snapdragon 632 menawarkan peningkatan performa hingga 40% lho, sehingga untuk bermain game tidak akan bermasalah sama sekali, khususnya untuk game-game berat seperti PUBG. Snapdragon 632 juga membuat kinerja konektivitas LTE berkecepatan tinggi. Snapdragon 632 memang terkenal punya performa tinggi, tetap hemat daya dan tidak panas.

Chipset ini dipadukan dengan RAM 3 Gb (32GB)/4gb (64GB) yang diusung oleh Asus Zenfone Max M2 sehingga kinerja smartphone meningkat nyaris 1,7 kali lipat dibanding generasi sebelumnya. Wow. Gokil banget ya? Nah smartphone dengan kemampuan chipset seperti ini tentu selalu menjadi idaman para gamers.

Baterai

Buat para gamers, chipset yang tangguh tidaklah cukup. Bermain game di smartphone juga membutuhkan kapasitas baterai yang besar. Dengan baterai yang besar maka waktu bermain game akan semakin lama dan asik, sehingga tidak akan terganggu sama sekali. Baterai yang besar pun tidak akan ada gunanya bila ketika dipakai ngegame malah membuat boros baterai. Makanya seorang gamers wajib memiliki smartphone dengan kapasitas baterai besar dan awet untuk dipakai untuk ngegame. Asus Zenfone Max M2 bisa menjadi solusi permasalahan baterai ini. Asus Zenfone Max M2 memiliki kapasitas baterai yang besar, yakni 4000mAh. Sokongan Chipset Qualcomm Snapdragon 632 di smartphone ini membuat kinerja baterai menjadi lebih hebat. Apalagi dengan dipadukannya dengan OS Android Oreo, sehingga membuat performa baterai jadi jauh lebih awet sekali. Gimana nih gamers? Makin ngiler kan buat nyobain smartphone handal macam Asus Zenfone Max M2?

Display

Display merupakan sarana pendukung nge-game yang juga diutamakan oleh para gamer. Display yang jernih, tidak pecah, dan gambar tidak patah-patah merupakan syarat wajib dalam nge-game. Siapa sih yang suka ngegame dengan kondisi layar yang pecah? Bukannya malah senang, tapi malah gondok dibuatnya. Malah bisa bikin mata rusak juga lho. Nah bermain game di Asus Zenfone Max M2 kamu tidak akan terganggun dengan hal-hal diatas. Asus Zenfone Max M2 dilengkapi dengan layar sebesar 6,3 inch dengan resolusi 1520 x 720 pixels (HD+) IPS. Display ini juga ditunjang dengan 16 juta warna. Layar ini juga didukung oleh sistem operasi OS Android Oreo 8.0 yang sangat ringan untuk bermain game. Tingkat kecerahan yang dihasilkan bisa mencapai 450 nit dengan rasio kontras 1500 : 1. Makanya bermain game dengan spek layar seperti ini bisa dibilang sudah lebih dari cukup, karena gambar yang dihasilkan pun sudah cukup halus. Bila digunakan untuk game saja sudah sebagus itu, bagaimana dengan untuk aktivitas selain game ya? Wah pasti bagus sekali dan betah untuk menatapnya terus-menerus apalagi display yang diusung sudah kekinian banget.

Audio

Body yang kokoh, processor yang handal, baterai yang awet dan display yang apik tentu masihlah belum cukup untuk mendapatkan pengalaman bermain mobile game yang sempurna. Harus ada audio gahar yang menemani ketika nge-game, agar nge-game jadi semakin asik, seru dan nyaman. Untunglah Asus Zenfone Max M2 sudah dilengkapi dengan audio yang gahar. Asus Zenfone Max M2 sudah dilengkapi dengan lima (5) magnet speaker dengan lapisan metal dan amplifier NXP dengan distorsi rendah, sehingga dapat menghasilkan suara yang jernih dan jelas serta memanjakan telinga. Bermain game dengan suara seperti itu pasti sangat menakjubkan.

Kamera

Bermain game menggunakan performas smartphone Asus Zenfone Max M2 pasti sangat mengasikkan, karena smartphone ini sudah ditunjang dengan Body, Display, Processor, Baterai dan Audio yang tangguh. Tapi Menggunakan Asus Zenfone Max M2 untuk aktivitas selain gaming juga mengasikkan. Kamu bisa mencoba kamera nya yang gak kalah gaharnya. Kamera Asus Zenfone Max M2 sudah dilengkapi dengan AI cameras. AI camera dapat berkonsentrasi pada satu objek agar bisa menjepret hasil yang bagus. Fitur AI ini akan secara otomatis mendeteksi dan mengoptimasi pengaturan foto sehingga memberikan kamu cara yang sederhana dan pintar untuk mengambil foto. Ada 13 tipe scene detection yang bisa dideteksi oleh kemampuan AI camera.

Untuk kamera belakang, sudah dibekali dengan sistem dual camera dengan resolusi 13 MP dan aperture= f/1,8 yang membuat foto jadi lebih taja, dan detail dalam situasi apapun. Ada pula fitur EIS yang membantu mengambil video jadi lebih stabil. Pada kamera depan sendiri sudah dilengkapi dengan fitur real time beautification yang akan membuat selfie kamu jadi semakin keren. Menakjubkan ya?



Sekian review Asus Zenfone Max M2 dari saya. Mantap bener kan smartphone diatas. Duh jadi kepingin deh. Oiya, empat hal diatas benar-benar wajib dimiliki kan gamers? Khusus nomor empat kenapa saya tulis bisa dapat smartphone, karena dengan menulis review tentang Asus Zenfone Max M2 kamu bisa mendapatkan smartphone serupa bila kamu mengikutsertakan review kamu dalam lomba blog yang diadakan oleh om Yahya dan memenangkannya. Berikut tabel lengkap spesifikasi Asus Zenfone Max M2 :
Sumber : gsmarena.com
Sumber : gsmarena.com

Saya merupakan pelanggan setia asus. Mulai dari laptop hingga smartphone. Smartphone saya saat ini adalah Asus Zenfone 6 keluaran pertama (tahun 2013/2014) yang saya beli saat tahun 2015 lalu. Smartphone ini masih saya gunakan hingga saat ini. Bisa dibilang saya sudah memakainya hampir 4 tahun lamanya. Yang saya kagumi dari produk asus adalah bagaimana awetnya produk mereka. Asus Zenfone 6 yang saya gunakan ini masih gahar dipakai hingga sekarang, namun cukup kesulitan dalam bermain game. Padahal saya adalah mobile gamers sejati. Waktu itu karena terlalu dipaksakan akhirnya Asus Zenfone 6 sampai masuk rumah sakit. Makanya, alangkah bahagianya nanti bila saya bisa memadukan Asus Zenfone 6 ini dengan Asus Zenfone Max M2, jadi kebutuhan aktivitas harian dan kebutuhan nge-game saya bisa saling melengkapi dan bisa jalan terus. Semoga saja ya.

Read More

Friday, 25 January 2019

Pengalaman Menggunakan Stimuno Untuk Balita


stimuno untuk balita


Stimuno merupakan sebuah suplemen herbal penambah daya tahan tubuh. Stimuno dibuat dari bahan-bahan herbal mineran. Bentuknya ada dua, yaitu stimuno sirup dan stimuno forte. Rasanya pun bervariasi, mulai dari rasa anggur, jeruk dan original. Stimuno dapat diminum setiap hari, namun tergantung kondisi badan. Bila kondisi sedang sehat, stimuno bisa diminum satu kali sehari. Tapi bila kondisi sedang sakit, sebaiknya stimuno diminum tiga kali dalam sehari. Selain menambah daya tahan tubuh, stimuno juga bisa mempercepat proses penyembuhan. Tapi bila ingin dipakai berbarengan dengan obat lain, harap dikonsultasikan dahulu dengan dokter ya. Oiya Stimuno bisa digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa.

Waktu menghadiri acara gathering kantor di puncak tahun lalu, saya turut serta membawa si kecil. Mungkin karena siang harinya ia bermain panas-panasan dan sorenya mandi hujan, di malam hari si kecil tiba-tiba bersin-bersin dan terserang demam. Kondisi cuaca di puncak yang super duper dingin semakin membuat si kecil meringis kesakitan. Kebetulan, baik saya maupun teman-teman yang lain tidak ada yang membawa obat-obatan untuk anak kecil. Lokasi villa yang cukup terpencil dan waktu yang sudah semakin larut membuat saya tidak bisa meninggalkan si kecil untuk membeli obat. Saya pun akhirnya meminta tolong ke teman saya untuk membeli obat. Saat teman saya bersiap untuk berangkat, datanglah pemilik villa dengan mebawakan stimuno.

stimuno untuk balita


Inilah pertama kalinya saya mengetahui tentang stimuno untuk balita. Pemilik villa menjelaskan tentang khasiat stimuno untuk balita kepada saya. Mendengar khasiatnya itu, tanpa perlu berlama-lama, setelah saya suapi si kecil makan, segera saya berikan si kecil stimuno untuk diminum. Awalnya si kecil menolak, dengan alasan takut dengan rasa pahitnya obat. Namun setelah saya tunjukkan kemasan stimuno untuk balita dengan rasa jeruk, dan sedikit bujukan akhirnya si kecil mau meminum stimuno untuk balita tersebut. Begitu dia meminumnya, dia langsung suka dengan stimuno saat itu juga. Esok harinya, si kecil sudah aktif kembali dan sehat seperti sedia kala.


Selepas acara gathering kantor, saya pun langsung berlangganan stimuno untuk balita di rumah. Bahkan, bila stimuno sudah mulai habis, si kecil sudah langsung mengingatkan saya untuk membeli stok stimuno untuk balita yang baru. Semenjak rutin minum stimuno, si kecil jadi jarang sekali terserang penyakit. Ia juga tetap aktif beraktivitas setiap harinya. Hal ini menandakan bahwa stimuno aman dikonsumsi mulai dari usai 1 tahun (balita). Stimuno untuk balita memang sangat terjamin kualitasnya, karena stimuno sudah mendapatkan sertifikat fitofarmaka dari BPOM dan meraih berbagai penghargaan seperti Top Brand for Kids 2010-2015 dan Mom Choice Brands di tahun 2011-2013. Dengan pertimbangan-pertimbangan itulah saya semakin mantap memilih stimuno untuk balita sebagai suplemen penjaga daya tahan tubuh keluarga saya.




Read More

Thursday, 24 January 2019

5 Alasan Kenapa Harus Bangga Menjadi Narablog, Nomor Satu Sampai Lima Sungguh Bikin Baper


Kompetisi Blog Nodi


Menjadi narablog di zaman digital maupun zaman dulu bagi saya sama saja. Sama-sama membanggakan. Bedanya, dizaman dulu mungkin pembaca belum sebanyak sekarang. Selain itu aktivitas ngeblog zaman dulu pun berbeda dengan zaman sekarang. Bila zaman dulu ngeblog mesti harus diwarnet (bagi yang tidak punya komputer/internet), zaman sekarang ngeblog bisa langsung dilakukan di dalam genggaman tangan. Tapi baik zaman dulu maupun zaman sekarang, esensi dari ngeblog itu sendiri tidaklah berubah. Makanya seorang narablog mestinya bangga dengan aktivitas ngeblognya. Orang bijak pernah berkata bahwa, menulis adalah menaklukkan diri sendiri. Ya, berkaca dari quotes ini, maka seorang narablog bisa dikatakan sebagai seorang pejuang tangguh yang menginspirasi. Karena ia sudah berkali-kali menaklukkan gunung tinggi yang sangat sulit untuk ditaklukkan manusia, yaitu gunung bernama keegoisan.

Ada banyak hal mengapa menjadi narablog sangat membanggakan. Kali ini saya akan menuliskannya lima saja. Karena lima hal inilah yang betul-betul membuat saya bangga menjadi seorang narablog. Lima hal itu antara lain :


1. Sharing Pengalaman
Bagi saya, blog adalah media untuk berbagi pengalaman yang pernah dialami maupun pengalaman yang dibutuhkan orang lain. Sharing adalah value yang paling diprioritaskan oleh blog. Bisa dibilang, esensi ngeblog adalah apa yang kita sharingkan kepada orang lain. Saya mulai mendapatkan esensi ngeblog ini di tahun 2018 kemarin. Hampir delapan (8) tahun lamanya, blog saya kebanyakan berisi tentang curhatan pribadi, kegalauan pribadi dan cerita harian yang mungkin bagi sebagian besar orang hanya berguna untuk bacaan ringan saja. Sampai pada suatu hari saya mengupload sebuah tulisan tentang pengalaman bekerja di suatu perusahaan. Alasan utama saya membuat tulisan tersebut adalah karena kekesalan akibat tidak adanya referensi yang bisa dipercaya mengenai job di perusahaan itu. Saya sendiri merupakan korban dari blog/website yang tidak bertangung jawab karena informasi-informasi yang dituliskan ternyata tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Bodohnya lagi, saya langsung percaya saja dengan tulisan-tulisan itu. Nah beranjak dari hal itu akhirnya saya membuat satu tulisan yang benar-benar sesuai dengan fakta di lapangan dan bisa dipercaya kebanarannya. Sebagai pelengkap informasi, saya tuliskan juga alamat ID line dan instagram saya, sebagai fasilitas untuk orang-orang yang masih ingin bertanya namun malu untuk menanyakannya di kolom komentar. Sehingga mereka bisa segera langsung menghubungi saya. Dan siapa sangka, hingga hari ini, artikel tersebut benar-benar sangat bermanfaat buat orang-orang, karena membuatnya menjadi postingan berkualitas, yang viewernya sangat banyak, masuk di page one google, dan banyak orang yang menghubungi saya untuk meminta pendapat, saran dan masukan.

Nah, sejak kejadian itu, akhirnya mulai tahun 2018 saya mulai banyak menuliskan tulisan tentang sharing-sharing pengalaman maupun review-review suatu produk atau jasa. Tentunya berdasarkan pengalaman langsung dari saya. Saya pun menuliskannya dengan berimbang. Berimbang dalam artian apa adanya. Tidak melebih-lebihkan atau mengurang-ngurangi. Sehingga baik narablog maupun pembacanya bisa sama-sama belajar.

2. Menambah penghasilan

Ada banyak hal di dunia blog yang bisa menjadi pundi-pundi uang buat kamu. Setiap bulan selalu ada lomba blog yang bisa kamu ikuti. Hadiahnya pun bermacam-macam. Bisa uang, produk, jasa ataupun pulsa. Selain itu, ada juga challenge-challenge seperti one day one post yang dicanangkan oleh beberapa narablog. Challenge-challenge seperti ini terkadang juga bisa mendapatkan hadiah. Selain penghasilan dari lomba-lomba, seorang narablog juga bisa memanfaatkan jasa-jasa pengiklan atau menjadi influencer. Salah satu jasa placement iklan yang paling prestisius di dunia blog adalah layanan google adsense. Kenapa saya sebut prestisius, ialah karena mendapatkan adsense sangatlah sulit. Ada banyak tahap-tahap sulit yang mesti dilewati. Tapi bila kamu serius untuk mendapatkannya, dan mau untuk terus belajar, maka lolos adsense bukanlah hal yang mustahil. Blog saya sendiri berhasil mendapatkan adsense di tahun 2018 lalu. Mau tahu berapa lama waktu saya untuk mendapatkannya? Ya, akhirnya saya mendapatkannya setelah berjuang hampir tujuh (7) tahun lamanya. Betul. 7 tahun kawan. Tapi, jangan khawatir dan langsung menyerah ya, karena ada banyak narablog diluar sana yang mampu mendapatkan adsense dalam kurun waktu yang sebentar saja. Itulah buah dari ketekunan yang dilakukan. Penghasilan dari adsense sendiri didapat dari jumlah klik pada iklan yang ditampilkan. Jadi bila blog kamu viewernya sudah banyak, atau kamu sudah konsisten dalam menulis di blog, maka silakan daftarkan adsense. Karena ada potensi besar buat kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan disana.

Salah satu hasil hobby ngeblog, yaitu artikel dimuat di koran

Selain adsense, seorang narablog bisa juga menjadi seorang influencer. Sesuai namanya, narablog tipe ini merupakan narablog yang khusus mengorbitkan konten atau tulisan orang lain (content placement). Memang ada syarat-syarat tertentu yang wajib dipenuhi dahulu sebelum narablog bisa menerima content placement ini, tapi hal itu gak susah kok. Bisa dipelajari.

3. Punya banyak teman

Menjadi narablog bisa menambah jejaring pertemananmu. Jaringan pertemanan ini bisa terbentuk secara langsung maupun tidak langsung. Seringkali jalinan terbentuk sendiri atas ketertarikan yang sama antara narablog dengan pembaca, antara narablog dengan narablog dan antara pembaca dengan pembaca. Contohnya pada blog yang berniche. Blog-blog yang sudah berniche, biasanya sudah punya sasaran pembacanya masing-masing. Misalnya blog parenting. Blog berniche parenting pasti disukai oleh kalangan ibu-ibu. Apalagi bila ibu-ibu itu mempunyai permasalahan parenting di kehidupannya dan membutuhkan pencerahan atau solusi untuk mengatasinya. Nah, begitu ia menemukan tulisan bertema parenting yang bisa menjawab permasalahannya atau sedikit mencerahkannya, maka ia bisa konsultasi disana. Dari kondisi inilah maka dapat tercipta jalinan persaudaraan yang baru.

4. Ladang Ibadah

Blog bisa menjadi ladang ibadah kamu juga lho. Tentu saja bila blog kamu berisi dengan tulisan-tulisan informatif, terpercaya dan faktual. Meskipun hanya berupa informasi, seringkali tulisan dengan tipe seperti ini sangat membantu orang-orang yang membutuhkan referensi akan informasi itu. Contohnya, ada seorang ibu yang suka menuliskan pengalamannya ketika mengurus anaknya. Di sisi lain ada juga seorang istri yang menuliskan tentang pengalaman persiapan menikahnya beserta review vendor-vendor yang digunakan ketika ia melangsungkan resepsi. Lalu ada juga seorang pria yang menuliskan pengalamannya dalam memelihara hewan ternak hingga sukses. Tulisan-tulisan model diatas pasti akan membantu orang-orang yang sedang berjibaku dengan hal yang sama. Buat seorang ibu muda, membaca pengalaman ibu diatas dalam mengurus anaknya tentu akan menjadi pengetahuan yang berharga.  Buat para calon pengantin, tulisan tentang persiapan pernikahan yang ditulis sang istri diatas tentu akan membantu sang calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahan terbaiknya. Dan, buat peternak pemula, membaca tulisan pria yang sukses beternak tentu akan meningkatkan wawasannya, sehingga prosentase ia menjadi sukses akan semakin besar.

Nah, Bila tulisan-tulisan diatas akan terus ada dan jumlahnya banyak, maka akan ada banyak orang yang membacanya. Orang-orang bisa terinspirasi dan tertolong karena nya. Bila sudah seperti itu, maka kamu bisa mendapatkan ladang ibadah yang besar tanpa kamu sadari.

5. Buat Kamu Makin Kreatif, Inovatif dan Inspiratif

Menjadi narablog tentu tidak bisa hanya berada di zona zaman saja. Menjadi narablog pasti akan terus membuatmu untuk berkarya dan berkarya. Dalam berkarya, untuk menjaga eksistensinya, maka diperlukan adanya inovasi-inovasi dan kreasi yang dilakukan. Contohnya seorang narablog yang sedang mengikuti lomba. Ia pasti akan berusaha semaksimal mungkin dalam membuat konten yang menarik, mempercantik tampilan blognya atau meningkatkan kualitas tulisannya. Tujuannya jelas. Agar bisa memenangkan lomba. Nah proses-proses inilah yang akan semakin menaikkan level kehidupan narablog tanpa ia sadari.

Narablog sudah pasti adalah orang yang kreatif, inovatif dan inspiratif. Tidak peduli meski ia narablog pemula ataupun narablog expert. Karena saat seorang narablog menerbitkan sebuah konten, pasti ia sudah berpikir keras dalam menciptakan konten yang dibuatnya itu. Hal inilah yang harusnya membuat seorang narablog bangga. Bangga karena ia bisa terus produktif dalam aktivitas yang kreatif, inovatif dan menginspirasi disepanjang waktu, selama ia ngeblog.


Nah gimana lima alasan diatas? Lima-limanya sungguh bikin baper kamu kan? Silakan tunggu artikel selanjutnya ya, karena saya akan bikin kamu lebih baper lagi. Di tahun 2019 ini saya punya beberapa resolusi untuk blog saya, salah satunya adalah membuat lomba blog. Betul. Saya akan membuat lomba blog berhadiah. Untuk konsepnya sendiri masih saya godok. Doakan saja agar konsep ini bisa segera selesai sehingga lomba blog bisa cepat-cepat diadakan. Selain itu saya juga punya resolusi lainnya, yaitu aktif dalam menyemarakkan pemilu 2019 nanti lewat ngeblog. Untuk resolusi ini akan saya mulai jalankan di bulan februari. Jadi saya akan buat rubrik khusus pemilu yang berisi tulisan tentang pemilu. Harapannya, rubrik pemilu saya nanti mampu mencerahkan publik mengenai persoalan seputar pemilu. Jadi, ditunggu saja ya.

Read More

Friday, 18 January 2019

Coba SOSIAGO Influencer Marketing Sekarang ! Gak ada ruginya sama sekali kok


coba sosiago influencer marketing


Pada artikel kali ini saya ingin memperkenalkan sebuah platform yang cukup unik, keren dan bikin nagih. Platform ini erat kaitannya dengan dunia blog. Hampir 11 tahun lamanya saya ngeblog, baru kali ini nih saya mendapatkan platform yang begitu banyak manfaatnya untuk para blogger. Platform ini bernama SOSIAGO Influencer Marketing. Buat para blogger yang tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi ngeblognya, maka kamu wajib baca tulisan ini sampai habis, karena disini saya akan menjelaskan secara detail dan selengkap-lengkapnya tentang SOSIAGO. Buat para blogger yang tidak tertarik dengan menotisasi blognya, maka jangan lansgung close tab ya, karena SOSIAGO bisa menjadi sarana atau media dalam meningkatkan performa ngeblog kamu. Wah makin penasaran kan? Yuk coba SOSIAGO Influencer Marketing sekarang

sosiago inluencer marketing
Sumber : www.sosiago.id

Btw, Apa itu SOSIAGO Influencer Marketing?
Dikutip dari website resminya, SOSIAGO merupakan sebuah platform influencer marketing yang memiliki misi untuk menyederhanakan proses dan waktu dalam mencari influencer yang tepat dalam suatu aktifitas promosi campaign. Hingga hari ini, tanggal 18 januari 2019, SOSIAGO memiliki 20115 influencer dengan 29 campaign yang sedang berjalan dan 106 task yang dikerjakan. Menjadi influencer marketing platform pertama yang memiliki jaringan global di seluruh dunia merupakan value dari SOSIAGO. SOSIAGO hadir untuk memecahkan permasalahan brand dalam mencari kebutuhan placement dari para influencer. Dengan SOSIAGO Influencer Marketing maka brand dapat menemukan influencer yang tepat dan cepat.

Apa saja fitur-fitur di SOSIAGO influencer Marketing?

Sumber : www.sosiago.id
SOSIAGO memiliki dashboard yang simpel namun sangat detail dan mudah dipahami. Dalam sekali tatap, maka kamu akan langsung tahu fungsi-fungsi dari tab di tampilan dashboardnya. Tidak hanya sampai disitu, SOSIAGO Influencer Marketing juga memiliki fitur-fitur unggulan yang membuatnya semakin berkelas dan terbaik dibidangnya. Fitur-fitur tersebut antara lain :
1.    Campaign Dashboard
Campaign dashboard merupakan tempat kamu memonitor segala aktivitas yang ada di SOSIAGO. Disini kamu akan menemukan campaign-campaign yang sedang running ataupun yang sudah selesai. Campaign dashboard juga memuat data-data terkait campaign seperti jumLah task, impression dan spending budget. Ya bisa dibilang campaign dashboard ini adalah otaknya SOSIAGO.

Sumber : www.sosiago.id

2.    Task Monitoring
Sesuai namanya, task monitoring adalah tempat kamu dalam memonitoring task-task yang diberikan kepada influencer. Informasi mengenai laporan hasil placement, deadline, performa dan status pekerjaan ada semua disini. Pokoknya kamu bisa memantau segala aktifitas influencer. Di task monitoring kamu juga bisa melakukan pemilihan terhadap social media influencer untuk diberikan penugasan.

3.    Channel Filtering
Fitur ini berfungsi untuk kepo. Ya kepo terhadap informasi seputar influencer yang berkaitan dengan hal-hal semacam harga channelnya, spesifik teknisnya, kategoti lokasi maupun gendernya. Dengan fitur filtering yang disematkan di dalamnya, maka kamu gak akan kesulitan lagi dalam menumukan influencer-influencer yang sesuai dengan kebutuhan kamu

4.    Brief Discussion
Disini merupakan ruang untuk berdiskusi secara langsung dengan influencer untuk mebahas hal seputar campaign yang diajukan. Dalam campaign yang ada di SOSIAGO biasanya ada brief di tiap-tiap campaignnya, nah di fitur brief discussion inilah kamu bisa mendiskusikan laporan pekerjaan, feedback pertanyaan ataupun update laporannya. Fitur ini juga dilengkapi dengan chat messanger.

5.    Reporting Summary
Nah ini nih fitur paling kerennya menurut saya. Di fitur ini maka kamu akan mendapat summary atau ringkasan dari semua aktifitas yang kamu lakukan di SOSIAGO. Kamu bisa melihat laporan pekerjaan, status pekerjaan, data performa dan cost effective. Laporannya sendiri disajikan dengan lengkap dan mudah sekali dipahami. Hal ini tentu akan membuat kamu semakin mudah dalam melakukan evaluasi, monitoring atau perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan.

Bagaimana cara menjadi influencer dan advertiser di SOSIAGO?
Kamu hanya tinggal mendaftar saja langsung di website SOSIAGO Influencer Marketing. Gratis gan. Silakan isi data diri dengan lengkap lalu tentukan pilihan sebagai penggunanya, apakah sebagai influencer atau advertiser. Bilsa kamu mendaftar sebagai influencer, maka kamu hanya perlu tiga langkah untuk mendapatkan penghasilan. Tiga langkah tersebut adalah :
1.    Tambah channel
Silakan tambahkan channel-channel social media yang kamu miliki. Bisa berupa blog, twitter, facebook atau instagram. Channel ini semakin banyak maka semakin bagus. Apalagi bila channel tersebut sudah  keren dari awalnya. Maka kamu bisa memberikan penawaran terbaik disana untuk masing-masing channel.

2.    Terima Pekerjaan
Setelah menambahkan channel, maka kamu perlu join pada satu campaign. Nah saat join disinilah maka kamu bisa mendapat pekerjaan untuk dilakukan. Bisa berupa placement ataupun membuat artikel sendiri. Di SOSIAGO Influencer Marketing kamu bisa berkolaborasi dengan ratusan brand lho.

3.    Dapatkan Hasil
Bila kamu sudah selesai mengerjakan tugas/task yang diberikan, maka pembayarannya akan langsung dikirim ke saldo akun SOSIAGO mu. Tapi tentu saja untuk pekerjaan yang sudah disetujui oleh brand ya. Gimana mudah banget kan? Yakin gak mau coba SOSIAGO Influencer Marketing?

Sumber : www.sosiago.id

Nah bila kamu menjadi advertiser, kamu juga Cuma lakukan tiga hal saja juga kok, yaitu :
1.    Buat campaign
Silakan buat campaign yang diinginkan. Bisa campaign tentang produk atau jasa. Campaign ini juga harap disesuaikan dengan media social yang ada.

2.    Pilih influencer
Tanpa perlu repot-repot mencari influencer, di SOSIAGO influencer akan datang dengan sendirinya. Kamu pasti akan mendapatkan daftar influencer-influencer yang join di campaign kamu. Nah silakan pilih dengan cermat dan sesuai kebutuhan. Pilih juga channel yang digunakan. Bila sudah, lakukan brief kepada influencer pilihan.

3.    Dapatkan hasil
Kamu akan menerima hasil pekerjaan yang para influencer kerjakan. Silakan review pekerjaan-pkerjaan tersebut dan dapatkan hasil yang diinginkan terhadap bisnis anda. Silakan lakukan monitoring dan review.

Sumber : www.sosiago.id

Lalu, Keuntungan apa saja sih yang akan di dapat dari SOSIAGO Influencer Marketing?
Keuntungan utama dari SOSIAGO Influencer Marketing bagi para blogger adalah mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara yang mudah dan gak repot sama sekali. Bila kamu sudah menjalankan info-info diatas maka kamu pasti akan menyimpulkan bahwa mencoba SOSIAGO Influencer Marketing emang gak ada ruginya sama sekali ! Malah para blogger jadi sangat terbantu karenanya. Tidak hanya untuk blogger expert, tapi juga blogger pemula lho. Dengan kemudahan yang ditawarkan SOSIAGO ini, maka akan menambah kepercayaan diri para blogger sehingga akan semakin meningkatkan kualitas blognya juga.

sosiago


Gimana? Sudah mulai tertarik untuk SOSIAGO Influencer Marketing? Kalau saya sih yes. Saya pun sudah bergabung menjadi influencer di SOSIAGO. Meski masih baru, namun saya langsung terpacu untuk meningkatkan performa blog dan menulis saya semenjak bergabung disana. Benar-benar hal positif ya ! Yuk coba SOSIAGO Influencer Marketing !


Read More