7 Pelatihan terkeren yg pernah gue ikuti



1.       LKMM Pra Dasar
Ini pelatihan pertama gue di FKM. jelas aja masih paling gue inget ampe sekarang. Disinilah ospek FKM diberlakukan.. ada buku tugas buku angkatan, foto di suatu tempat, ngapalin lagu, diomel omelin tatib, bikin benda yang aneh aneh, mantap banget deh. Waktu itu gue masih piyik jadi, suka ngedumel  ama tugas2 yang diberikan ama sedikit kesel dan dendam ama panitia panitianya.. ampe saking keselnya, gue perna ngedumel dalam hati, setelah LKMMPD ini gue gag bakal mau lagi ikut acara acara kayak gini.. bocah beud yaa haha.. masih inget jelas pas hari pertama hari H gue kena omelan tatib gara gara ngilangin topi kerucut, terus di hari kedua ada adegan kesurupan masal, dan di hari ketiga diomelin dengan sadis ampe KP gue nangis di depan lapangan dekanat ama para tatib.. masih sangat jelas ingatan tersebut hingga sekarang.. tapi dibalik itu, gara gara LKMM ini gue jadi punya banyak temen, gue jadi suka bersosialisasi ama orang2 dan gue yang sekarang salah satu nya adalah bentukan dari LKMMPD ini J

 


Share:

Beli Kondom: The man who cant be moved





Layaknya suatu pasukan ketika menunggu aba-aba serangan dari pemimpin perang, layaknya koboy yang bersiap berbalik arah untuk melakukan tembakan ke lawannya dan bagaikan kuda di pacuan kuda ketika menanti letusan pertama tanda dimulainya balapan, perasaan seperti itulah yang gue rasakan saat gue ngerjain tugas KWU dan pemasaran social, yaitu membeli kondom dengan pasangan di malam hari. Mungkin ada yang bertanya Tanya, untuk apa membeli kondom di malam hari, apalagi dengan pasangan. Apakah untuk digunakan? Atau untuk disalahgunakan? Atau jangan-jangan untuk di guna-guna kan? Yah mungkin kalian akan mendapatkan jawabannya setelah membaca habis cerita ini.

Sebelumnya, gue bingung, gue mau pergi ama siapa untuk membeli kondom ini. Karena gue bingung, gue jadi berencana untuk ngajak salah satu staff gue aja nanti. Dan ternyata setelah gue Tanya ama staff staff gue, ternyata ada satu staff gue yang mau. Gue awalnya gag ngerti kenapa dia mau. Yah mungkin sinar kegantengan gue udah bikin logikanya sedikit tersumbat. Dan untuk menjaga nama baiknya, kita sebut aja dia dengan nama mimin. Lain lagi ama staff gue yang satu lagi. Kita sebut aja dia dwina. Jadi gue sms dia gini, “dek temenin aku beli kondom yuk” dan jawabannya..

“Mas.. shock aku baca sms mas.. ngeri banget sih mas..”

Share:

Ya Sudahlah By: Bondan Prakoso n Fade 2 Black




B:
Ketika mimpimu yg begitu indah,
tak pernah terwujud..ya sudahlah
Saat kau berlari mengejar anganmu,
dan tak pernah sampai..ya sudahlah (hhmm)

*reff:
Apapun yg terjadi, ku kan slalu ada untukmu
Janganlah kau bersedih..coz everything's gonna be OKAY

Share:

7 mbak mbakku


Dari gue smp dan sma gue punya kakak kakakan gitu, kakak kakakan gue ini beneran lucu, soalnya emang beneran kayak kakak ade, justru lebih.. gue jadi inget dulu tiap sebelum tidur gue sms kakak gue itu gini “met bobo yaa kakakku tersayang, have a nice dream” .. terus biasanya kakak kakakan gue itu bales “met bobo juga adeku tersayang, jangan ngences yaa” .. bukan main kan, imutnya kita berdua..  terus juga nama di kontak hape pun gue tulis “kk q chayank” sedangkan kakak kakakan gue nulis nama gue di kontaknya “adeku sayang” .. bukan main.. makin so sweet kan kita? Haha.. di dunia perkuliahan gini gue kembali dapet kakak kakakan disini, gue biasa menyebutnya mbak mbak gue.. mbak mbak gue ini emag gag se “ekstrem” kakak kakakan gue diatas, Cuma mbak mbak gue ini gag kalah sesuatunya ko.. berikut gue certain sedikit tentang 7 mbak mbak gue di FKM

1.       Ilma rahmawati
Senior yang pertama gue kenal di FKM itu mbak ilma, doi jadi KP gue pas PMB gitu. Senior pertama gue ini juga senior yang pertama yang pernah ngilangin flashdisk gue.. jadi ceritanya gini, waktu itu ka nada tugas ngumpulin jurnal yaa, baik dalam bentuk hard ataupun soft.. nah gue ngumpulin itu tugas, hardnya beres, tinggal softnya, akhirnya gue datengin mbak ini pas dia lagi bengong. Gue bilang gue pengen ngumpulin soft jurnal. Terus dia mondar mandir nyariin laptop. Tapi gag ketemu, akhirnya dia bawa pulang FD gue.. besoknya fd gue belum dibalikin.. gue masih selow.. besoknya lagi ternyata masih belum dibalikin.. gue mulai muntah muntah “lohh emang hamil??”.. besok besoknya lagi fd gue belum dibalikin juga.. akhirnya gue tanyain mbaknnya.. ternyata oh ternyata fd gue dihilangin ama dia dan dia bilang dia mau ganti.. gue ngerasa gag enak.. sejak saat itu gue ngejauhin mbak ini.. tapi apa daya bunda mengandung, meskipun gue selalu menghindar tiap mau berjumpa atau papas an ama mbak ini, akhirnya ketahuan juga.. dan dia ngasih ganti fd 1 giga gue ama fd dengan size 2 giga.. sejak saat itu gue nganggap mba ilma ini mbak gue..


Share:

7 adik adikku


Gue gag tau gue mimpi apa waktu itu. Gue juga gag tau ini mimpi atau bukan. Kalo gue pikir pikir dan lihat lihat serta denger denger apalagi merasa merasa, semenjak di kampus eh semenjak gue kuliah gue jadi punya banyak ade. Bener deh. Banyak beud. Gue juga gag tau itu ade ade lahirnya dari mana mana aja. Tapi yang pasti mereka ini emang udah kayak ade gue sih. Mau tau siapa aja? Okey check this out..

1.  Fatin Farida a.k.a Frodi far
Ini bocah unik banget. Pertama kali ketemu bocah ini dia itu suka banget foto foto. Maksudnya bukan dia nya yang narsis, tapi dia suka jepretin orang gitu.Tiap ada moment di foto. Tiap ada orang di foto. Tiap ada yang unik di foto. Dan tiap ada yang naik haji juga di foto.. haha engga engga.. abis keunikan dia yang gitu selesai, dia makin unik lagi, dia jadi suka video videoin orang gitu. Orang lagi hujan hujanan di videoin, orang lagi ngumpul ngumpul di videoin.. bahkan gue lagi jalan aja di videoin.. pas gue Tanya buat apa sih kamu kayak gitu.. dia Cuma menjawab kalo dia lagi ada project.. namun karena keunikan dia yang kayak gitu tuh makanya gue nawarin dia masuk artistic, yahh tapi doi nya menolak.. yang paling gue bingungin dari nih bocah itu, orang ini kayak gag mengenal cinta .. tapi yah meskipun begitu, dia tetep ade gue yang paling unik..
 

Share:

Tuhan Maha Cinta




Lirik Lagu Tuhan Maha Cinta (Ost Sang Pencerah) by Nidji.

Tahukah Tuhanmu selalu hidup di dalam hatimu
Cinta dari-Nya menjawab semua masalahmu
Dia mendengar,melihat,dan selalu berfirman
Perangi neraka di dalam hatimu
Damaikan jiwamu dengan cinta Dia
Memberi yang ikhlas kepada yang butuh
Bersyukurlah terus tanpa kenal waktu

Serahkan, ikhlaskan, pasrahkanlah hanya kepada-Nya
Cinta-Nya adalah jawaban-Nya karena Tuhanlah Maha Cinta
Karena Tuhanlah Maha Cinta

Tahukah Tuhanmu selalu hidup di dalam hatimu
Cinta dari-Nya menjawab semua masalahmu
Dia mendengar melihat dan selalu berfirman
Perangi neraka di dalam hatimu
Damaikan jiwamu dengan cinta Dia
Memberi yang ikhlas kepada yang butuh
Bersyukurlah terus tanpa kenal waktu

Serahkan, ikhlaskan, pasrahkanlah hanya kepada-Nya
Cinta-Nya adalah jawaban-Nya karena Tuhanlah Maha Cinta
Karena Tuhanlah Maha Cinta

*(Terkadang hidup memang berat
Membuat kita Hampir menyerah 
Tapi aku percaya engkaulah pelindungku,pencipta ku dan hidupku
Sabarkan hatiku kuatkan imanku
berkahi aku dan keluargaku dengan rahmatmu
Tuhan kaulah cintaku )

Tuhan kau Maha pengasih
Tuhan kau maha penyayang
Serahkan, ikhlaskan, pasrahkanlah
Cinta-Nya adalah jawaban-Nya
Tuhan kaulah sang pencerah
Tuhan kaulah sang pencerah
Share:

Chapter 32 - Mimpi Mimpi si Patah Hati




Mimipi mimpi si patah hati

Kalo udah ngomongin prinsip pasti bakal susah deh menyelesaikannya. Apalagi kalo berhubungan dengan prinsip yang berbeda beda. Seperti yang kita ketahui, prinsip setiap orang tu berbeda beda. Dan setiap orang pasti punya standardisasi, kompetensi dan integritasi  terhadap prinsip prinsip nya itu. Kalo prinsip prinsip itu bisa diterima emang gag bakal kenapa kenapa, tapi lain halnya kalo prinsip prinsip itu gag bisa diterima, yak pasti terjadi crash and crush deh yang kalo digabungin bisa berarti “crashukan”.. tapi ngomong ngomong integritasi itu apa sih?? #lohhh

Yang lebih jadi masalah tu, kalo kita diharuskan untuk memilih 2 prinsip yang berbeda. Rasanya tu engga banget.  Itu seperti kayak kita lagi pengen banget liat ke kanan tapi tiba tiba dipanggil dari kiri. Ngeselin kan? Udah pernah ngerasa begitu belum? Kalo belum gue kasih satu contoh lagi nih. Ini Sama juga kayak kita lagi makan masakan padang dan kita lupa pesen minum yang dingin. Saat kita lagi kepedesan banget dan pengen buru buru minum, dan disitu pasti Cuma ada minuman anget atau panas. Kalo kita minum itu minuman lidah kita akan merasakan sensasi  terbakar, tapi kalo kita engga minum, ngerti kan gimana jadinya? Udah pernah ngerasa perasaan itu belum? Okee deh gue kasih contoh terakhir. Inget deh masa kecil kalian. Waktu temen temen kalian pada punya burung gereja, burung yang kecil kecil itu loh. Kalian merasa kalo punya burung burung itu pasti keren. Dan sedihnya  Cuma kalian yang gag punya. Kalian pasti akan merenggek renggek kan ke ibu kalian untuk membelikan burung tersebut. Tapi ibu kalian malah berkata “burung itu kalo udah malem bakal berubah jadi hantu!! Kamu mau melihara hantu??!!” pucuk di cinta ulam pun tiba, kalian pasti merasakan perasaan itu kan? Perasaan diharuskan untuk segera memilih. Perasaan yang sangat sangat  menyebalkan itu.. perasaan yang saat ini dinamakan.. galau…

Sebulan terakhir ini gue lagi dirundung ama yang namanya patah hati.. ini patah hati pertama gue setelah 2 tahun lamanya gue gag patah hati patah hati lagi.. rasanya tu masih sama kyak dulu.. nyut nyutan kayak sakit gigi.. tapi patah hati gue kali ini bukan karena diakibatkan oleh sesuatu yang dinamakan pacar.. tapi ini lebih kompleks daripada itu.. emm di cerita kali ini gue bukan mau certain tentang patah hati gue, karena itu bakal nambah patah hati gue, tapi disini gue pengen sedikit cerita tentang a little thing called love..

Beberapa hari yang lalu gue dapet sms, “aslmkm. Arif ko kemarin gag dateng ke nikahanku? Kan undangannya udah ku kasih” .. orang yang sms gue ini, orang dulu pernah tergila gila ama gue. Gue jadi inget dulu, pas gue ngelewatin rumah dia, dia langsung ke depan rumah buat ngeliatin gue doang. Hal itu selalu dilakukan tiap gue lewat rumah dia. Trus juga kalo malem malem gue ngeliatin rumah dia, dia ngeliatin gue dari lantai 2 rumahnya, sambil sembunyi sembunyi gitu. Kadang dia ngajak adek adeknya. Pas gue lewat, biasanya adek adeknya itu yang manggil2 nama gue. Terus orang ini juga suka ngirim surat ke gue, yang isinya kadang suka aneh dan gag gue ngerti maksudnya. Kadang juga dia nitip salam ke gue lewat nyokap atau adek gue.. hidup gue kayak diteror waktu itu..

Pas gue SMP, gue mulai ngebayangin hidup gue yang aman nyaman dan sentosa. Tapi ternyata kenyataan berkata lain. Ada temen smp gue yang rumahnya deket ama tu cewek. Dan alhasil, kiriman salam dari dia pun sering gue dapatkan dari temen smp gue itu. Hidup gue masih diteror oleh sesuatu yang harusnya gag meneror.

Waktu di SMA, gue agak kepedean pas tiba tiba ketua osis yang lumayan cakep itu kenal ama gue. Gue ngerasa gue ganteng awalnya, tapi nasib kembali gag berpihak ama gue (lagi), setelah ketua osis gue itu nyampein salam dari cewek itu ke gue!, ternyata ketua osis SMA gue itu tetangganya cewek itu juga!  Asli. Sumpah. Gue gag ngerti.. !!

Ku Tanya malam.. dapatkah kau lihatnya perbedaan.. yang tak terungkapkan tapi mengapa.. kau tak berubah.. ada apa denganmu???

Yeah akhirnya sekarang dia udah nikah.. dan dia nikah bukan ama orang yang dia harapkan selama ini.. bukannya sangat mubazir yak? Cintanya selama ini terbuang percuma.. justru bukan kepada orang yang halal baginya saat ini..

Menjaga hati itu, ibarat menjaga sebuah berlian milik orang lain. kudu hati-hati, jangan sampai tercuri. hingga si pemilik yang mengambilnya (Mila Annisa)

oleh karena itu, untuk yang lagi pada jatuh cinta, entah itu kepada manusia, benda, pekerjaan, atau apapunn, selalu inget.. cinta itu kayak api. Kalo kecil tidak ada gunanya, kalo besar bisa menghancurkan semuanya.. tapi kalo sesuai porsinya, akan sangat manis rasanya.. *galau mode on*
Berbicara soal cinta, gue jadi inget, status FB seseorang yang identitasnya minta dirahasiakan, jadi kita sebut aja dia mbak triya kurnia. Gini statusnya ngutip kata adik dan bulikq, " jaman gini gk puny pacar? gk gaul kali" huhft , ckckckck “

Ajegile tu status..  cukup menusuk di hati jomblo jomblo kayak gue.. eh tapi kalo dipikir piker gue bukan jomblo.. gue single.. jomblo ama single itu beda.. kalo single itu yaa kayak gue lah.. kalian bisa pada liat kan gue kayak gimana.. yak kayak gitulah single.. nah kalo jomblo.. jomblo itu yaa kayak.. kayak siapa ye?.. kayak gue juga sih sebenernya.. tapi gue kan single.. okeh lupakan.. tapi yang penting.. single ama jomblo itu beda..

Ngeliat status itu gue jadi pengen ketemu ama buliq dan adik nya mbak triya seketika itu juga.. jelas aja.. menohok banget deh.. gue yang single (jomblo) ini jelas merasa tersindir banget.. apakah dengan kita single (jomblo) itu berarti kita gag gaul? Salah besar. Gue pengen cerita sedikit nih. Pas waktu smp dan awal awal sma. Waktu itu lagi gaul gaul nya tulisan sms yang kayak gini nih, “YiP kM Lg ApA cKrNg? LeH nTa ToLoNg GgGgGaAaAaAaXXxXxX?” orang yang sms kayak gitu, g4uL abis deh pas zaman itu.. terus pas sma  gue lagi kumpul kumpul ama temen temen gue.. terus tiba tiba ada mobil jazz dating.. dan keluarlah cowok yang nyetir itu jazz.. dia Cuma pke kaos biasa ama boxer.. temen temen gue )yang cewek) pada bilang itu orang gaul abissss.. intinya kita naik mobil (entah angkot, bis, taksi) dengan pake kaos ama boxer aja itu udah GAUL.. mantap ! .. ada lagi nih.. jadi ada temen gue dengerin lagu pake headset gitu.. ada temen gue yang nanya lagi denger lagu apa.. temen gue yang pake headset itu bilang, “gue lagi denger lagunya RAN nih”.. seketika itu juga temen gue lansung bilang.. “gile gaul banget lo”

Ngeliat cerita cerita diatas, gue jadi nyimpulin bahwa salah kalo single (jomblo) itu gag gaul..karena gaul itu banyak..  bisa kita dapetin dimana aja.. di toko Koran apalagi.. harganya juga gag mahal mahal amat.. lengkap pula gossip gosipnya.. *loh ko jadi majalah gaul* .. tenang aja gaul itu bisa dalam bentuk apapun.. dimanapun.. dan kapanpun..  karena gaul itu.. sederhana..

Cinta itu identik dengan hati.. hati biasa dideskrisikan dengan lambang love.. sedangkan lambang love itu biasanya warnanya pink.. dan pink.. udah pasti identik dengan cewek.. ngomongin soal cewek, itu udah kayak ngomongin prinsip.. sangat kompleks.. yang pasti dari dulu gue selalu berpikiran kalo cewek itu susah dimengerti.. cewek emang  susah dimengerti.. okeh gue contohin nih..  jadi pas SMA gue pernah janjian ama cewek buat pergi nemenin doi beli kado gitu.. gue dateng telat.. lima menit lah.. tapi temen gue itu langsung marah marah, dia bilang kalo cowok itu harus tepat waktu.. okeh iya.. gue terima.. pas janjian pergi ama dia selanjutnya, gue dateng tepat waktu.. dan dia telat 1,5 jam ! asli.. serius.. beneran.. 1,5 jam.. gue nungguin dia ampe lumutan, berdebu dan bersarang laba laba.. begitu dia dateng, dengan gampangnya dia ngomong “maaf yak telat.. maklum yip cewek” .. APAAAAAA!!!! KENAPAAAAA????  Gue Cuma bisa manggut manggut..pasrah…

Terus pernah juga gue, pas bilang ke cewek kalo dia cantik,, justru gue dibilang genit dan gombal.. tapi giliran gue bilang dia elek.. eh malah dia bilang “huu aku gag tau deh kamu bilang gitu serius apa gag” .. gue Cuma bisa beristighfar…

 Dan ada lagi nih contoh cewek emang susah dimengerti. jadi ada cewek yang cerita ama gue tentang peminatan. Dia bilang kalo dia pengen masuk peminatan gizi.. pas gue Tanya, kenapa gag masuk yang lain aja? Epid gitu atau akk.. dia jawab dengan histeris “aku tuh kalo akk gag tau apa apaan yip, aku  tuh gag suka politik, kalo bu ayun nerangin di kelas aku tuh gag mudeng ama yang dia omongin” .. tapi beberapa hari kemudian, gag sengaja gue liat di status FB nya, kalo dia pengen masuk AKK.. bahkan dia nulis status, “kuLiah AKK, kok selaLu GAK ngantuuk ... ^^ kenapa cobaa.??” .. bukan main.. baru beberapa hari yang lalu dia bilang gag bisa masuk AKK, tapi tiba tiba bisa langsung suka gitu.. yeah.. wanita memang sulit dimengerti kawan.. *lari* *takut digebukin*

Ngomongin cewek itu gag bakal ada habisnya, cewek aja banyak tipenya.. ada cewek TK, cewek SD, cewek SMP, cewek SMa dan cewek Kuliah.. bukan bukan.. maksud gue bukan tipe sekolahnya, tapi tipe cewek itu sendiri.. kebetulan si hasna dulu pernah request buat bikin cerita tentang akhwat.. okelah.. di cerita selanjutnya gue bakal cerita tentang wanita, cewek dan AKHWAT.. hahhhaha.. jadi tungguin yeee. di Mimpi mimpi si patah hati part 2 :D

Sebelum gue tutup chapter ini, gue pengen kasih pepatah yang agak patah patah dikit nih..

“Untuk yang belum nikah dan lagi jatuh cinta , Cukup letakkan cintamu di tangan, jangan di hati. karena ketika cintamu lepas tidak akan ada yg berbekas di hatimu"

To be continued..

Share:

Untitled by Maliq D'essential



Ketika kurasakan sudah ada
ruang di hatiku yang kau sentuh...oh
dan ketika kusadari sudah
tak selalu indah cinta yang ada..uwo..o..o
mungkin memang ku yang harus mengerti
bilaku bukan yang ingin kau miliki
salahkah ku bila
kaulah yang ada di hatiku
oh...

adakah ku singgah di hatimu
mungkinkah kau rindukan adaku
adakah ku sedikit di hatimu ?
bilakah ku mengganggu harimu
mungkinkah tak inginkan adaku
akankah ku sedikit di hatimu ?

bila memang ku yang harus mengerti
mengapa cintamu tak dapat kumuliki
salahkah ku bila
kaulah yang ada di hatiku
kau yang ada di hatiku X2

bila cinta kita tak kan tercipta
ku hanya sekedar ingin tuk mengerti
adakah diriku oh singgah di hatimu
dan bilakah kau tau
kaulah yang ada di hatiku
kau yang ada di hatiku
adakah ku di hatimu ?
Share:

Akankah Kejayaan itu Bisa Kembali?




Mahasiswa takut sama dosen
Dosen takut sama dekan
Dekan takut sama rektor
Rektor takut sama menteri
Menteri takut sama presiden
Presiden takut sama mahasiswa

Cuplikan puisi diatas cukup menggambarkan bagaimana hebatnya kredibilitas suatu mahasiswa.  Jumlahnya bisa dikatakan sedikit, namun dinamika maupun sejarah sejarah bangsa ini tak lepas dari peran mahasiswa di dalamnya. Meski zaman terus berganti, generasi terus bermetamorfosis, roda pemerintahan terus berputar dan kepemimpinan berubah rubah sesuai pemimpinnya namun karakter mahasiswa tetap tidak berubah hingga sekarang, yakni semangat juang dan idealismenya. Semangat juang untuk melakukan perubahan perubahan atas kesemrawutan maupun ketidakadilan yang terjadi dan idealis serta kritis dalam hal pemikiran pemikirannya.

Mahasiswa juga mempunyai gelar sebagai agent of change, agent of social control maupun iron block. Mahasiswa merupakan bagian rakyat. Rakyat itu sendiri. Dan pihak yang menjadi tumpuan rakyat. Yang akan menjadi harapan rakyat pula untuk mengharumkan bangsa dan negeri kita tercinta ini. oleh karena itu gerakan dan perjuangan mahasiswa seringkali dikatakan sebagai pilar demokrasi yang kelima.

Namun seiring berputarnya waktu, peran mahasiswa kini mulai kalah dengan partai politik. Dengan pola kaderisasinya yang menyeluruh dan koalisinya dengan penguasa negeri ini , partai politik kini sudah hampir bisa menggeser peran mahasiswa dalam pergerakan menyangkut persoalan persoalan di negeri ini. ditambah kader kader dari parpol itu sendiri adalah mahasiswa atau alumni mahasiswa itu sendiri, maka semangat dan idealisme mahasiswa bisa luntur semakin hari, karena kader parpol itu akan terus “manggut” terhadap atasannya.

Hal ini lah yang membuat mahasiswa bagaikan kehilangan taji di dalam percaturan pemerintahan, ditambah dengan aksi aksi mahasiwa yang kini sering  diwarnai dengan anarkis dan “ke kiri-kirian”.  Bisa dilihat dari aksi menolak kenaikan BBM pada april lalu yang memakan korban dan berakhir dengan ricuh. Revolusi yang dilakukan mahasiswa tersebut seperti kaum yang tidak mempunyai intelektualitas dan nilai nilai akademis. Justru gerakan kemarin lebih seperti gerakan golongan “kiri” yang biasanya “rusuh”. Justru mahasiswa yang tergabung dalam parpol yang sebagaimana kita ketahui sebagai golongan “kanan” tak terdengar taringnya. Kemanakah mereka? Apa yang terjadi?

Harusnya problem kenaikan BBM tersebut bisa menjadi jurus jitu untuk mengembalikan kejayaan mahasiswa, namun kenyataannya, provokasi maupun perang perang pemikiran yang ada justru membuat mahasiswa menjadi seperti anak ayam yang kehilangan induk. Tak tau harus kemana. bergerak tanpa pemikiran panjang. Dan beginilah hasilnya. Bahkan saya pernah mendengar tukang angkot berkata “ah mahasiswa kerjaannya Cuma bikin rusuh, gag ada artinya”. Cukup miris dan sakit hati saya mendengarnya. Saya yang berposisi sebagai mahasiswa ini.

Harapannya, mahasiswa kembali menemukan arah dan jalannya kembali. Kembali menjadi agen agen perubahan, agen pengontrol sosial dan kembali menemukan kejayaannya kembali. Aku percaya harapan itu bisa tercapai. Karena harapan itu masih ada !

Hidup mahasiswa !

Hidup rakyat indonesia !

Share:

7 cewek yang cantiknya kebangetan..


Kadang gue suka bingung ama cewek yang cakepnya kebangetan.. gue gag ngerti kenapa ada cewek cewek yang kayak gitu.. yang cakepnya gag wajar.. dan cewek cewek kayak gitu entah kenapa menjadi pemandangan yang gue liat sehari hari di kampus gue.. FKM.. fakultas kebanyakan mbak mbak.. ckck.. entahlah gue harus bersyukur atau bersabar..
Kali ini gue pengen ngepost soal  7 cewek yang cakepnya paling gag wajar menurut gue. Cewek cewek ini gue kenal dan ada juga yang akrab ama gue.. okeh check this out..

1.       Tika
Dia nih salah satu temen pertama gue di FKM.. orangnya baik.. baik banget sumpah.. dulu waktu zaman LKMM dia sering bantuin gue.. gue juga inget gue dulu suka duduk deket dia, sambil mamer mamerin gambar gambar gue dan dia juga suka ama gambar gambar gue.. pas makrab gue nyebut dia, untuk cewek paling cakep.. menurut gue dia emang cantik sih yaa begitulah hoho


























2.       Balqis
Bohong kalo orang bilang dia gag cantik. Gue jadi inget pas makrab dulu, banyak banget yang nyebut nama dia pas ditanyain siapa cewek yang paling cantik. Waktu itu gue belum kenal dia. Dan baru kenal pas mudik ke Jakarta bareng.. dia waPU gue di PH,, dan bisa dibilang dia salah satu temen deket gue sekarang..


3.       Widya
Waktu semester  1 gue ditanyain ama anak fakultas lain, kenal  ama widya gag, yang dari purwokerto.dia cantik. Katanya.  Gue bilang gue gag kenal. Yaiyalah, gue baru kenal ini orang pas semester 3. Yup mbak dan ade gue ini bisa dibilang cakep luar dalem.. gue pun baru menyadarinya pas lkmmd.. selain itu cewek ini selalu diselimuti oleh rasa semangat nya yang kereeennn..


4.       Kiki
Tingkatan selanjutnya ada kiki. Dia anak 2012. Mahasiswa baru. 1 ruangan ama gue pas pendidikan karakter di PMB waktu itu. Wajahnya, muka orang Jakarta banget. Yeah muka cewek cewek Jakarta gitu.. gue jadi inget muka muka and penampilan penampilan temen temen gue dulu pas sd smp dan sma yang mirip mirip dia.



5.       Mbak ilma
Tingkatan kelima ada mbak ilma.. dia KP gue pas PMB dulu.. kata anwar dia kayak cincau. Haha. Sama kayak mbak wid, mbak ini cakepnya juga luar dalem. Terus pemikiran nya juga luar biasa dan cerdas juga soal organisasi.


6.       Dara
Tingkatan selanjutnya ada dara. Gue kenal ama bocah ini pas pethasan. Pas kita rapat, dia selalu hadir dari pas rapat perdana ampe rapat evaluasi. Orang ini cakepnya gag wajar banget. Asli. Gue jadi inget pas rapat pethasan, gue  susah banget jaga pandangan dari cewek ini. Hmmm.. cewek Jakarta ini sekarang udah berjilbab lhooo…


7.       Mbak ani
Tingkatan paling atas atau tertinggi itu menurut gue pas disanding ama mbak gue yang satu ini. Mbak sri anani. Mbak ini sering terlihat memukau di pandangan gue. Entah kenapa. Dia cantik luar dalem. Dan dia berbeda. Yeah gag bakal cukup deh untuk menggambarkan bagaimana mbak ini. Tapi dia memang cewek tercantik yang pernah gue lihat selama ini..

Share:

Chapter 31 - Lika Liku Laki Laki Penuh Luka: Gag gampang jadi ikhwan (Part 2)


Beberapa bulan yang lalu gue ngepost catetan tentang gag gampang jadi ikhwan. Yup betul. Kali ini gue pengen melanjutkan cerita tentang ketidakgampangan jadi ikhwan itu lagi. Gue yang notabane ini masih ikhpil alias ikhwan seupil kembali mendapatkan cobaan cobaan spritualis, fisikis maupun psikologis dalam menjalani hari hari yang indah ini. oke kita liat aja langsung ceritanya.

Gue banyak banget mendapatkan cobaan spritualis, fisikis maupun psikologis pas PBL di Demak kemarin. Dari pas pertama banget. Pas pengumuman kelompok PBL. Gue mendapat cobaan psikologis dinamis. Gue dapet kelompok yang gag gue kenal sebelumnya, kecuali anak2 R-2 yang ada 3 orang + satu orang anak PH. Lima yang lainnya gue gag kenal. Gue gag tau mereka. Gue gag tau bagaimana wujud mereka, apakah padat, cair atau gas.. gue juga gag tau bagaimana rupa mereka, apakah berupa pocong, kuntilanak atau genderuwo (lohh itukan hantu???).. gue juga gag tau, apakah mereka hidup dia, air, darat, atau udara (ko kayak hewan yaaa???).. dan gue gag tau apakah mereka pengendali air, tanah, api atau udara.. (lohh ko jadi avatar?????).. yang pasti.. gue tau kalo mereka itu bukan superman.. karena mereka juga bisa nangis..

3 orang yang gue kenal itu ada pigo, fira ama sarah dan yang anak PH itu si rosi. Sedangkan  5 orang yang gag gue kenal itu ada inang, selfri, santed, kusno dan oos. Untuk oos sebenernya gue udah pernah liat dan tau sebelumnya, tapi gue belum tau dia sepenuhnya.. dan seutuhnya..

Dan Pas pertama kali kelompok gue muncul gue langsung dapet cobaan fisikis.. cobaan fisikis itu cobaan fisik. Kenapa gue sebut itu fisikis, soalnya biar keliatan serasi aja kalo digabungin ama spritualis dan psikologis. Yup betul. Lanjut. Jadi pas kita lagi kumpul perdana itu, di bunderan taman, gue nyari posisi duduk yang bareng cowok, yaitu pigo. Tiba tiba ada satu anggota kelompok gue yang dateng telat. Kalo orang orang yang kenal gue, biasanya dia bakal memposisikan dirinya gag sebangku atau setempat duduk ama gue. Tapi lain dari pada yang lain nih orang. Orang yang telah diketahui namanya kusno ini Tiba tiba dia dateng dan dengan santainya dia duduk disamping gue. Sekali lagi, di samping gue.. DI SAMPING gue.. *agak histeris* dan dia melakukan itu dengan wajah tanpa dosa. TANPA DOSA.. *histeris*.  Jelas aja gue jadi risih. Duduk dempetan ama cewek. Gue geser sedikit duduk gue. Tapi dia justru malah geser juga.. GESER JUGA.. gue diem.. kalut.. gue Cuma bisa berdoa agar gag ada yang ngeliat keadaan gue yang seperti ini.. setelah berdoa gitu, gue merasa tenang.. hati gue seolah hangat.. pikirang gue jernih.. mata gue sungguh terang.. sampai sampai saat gue ngeliat ke belakang.. ternyata ARTI lagi ngeliat ke arah gue.. seketika itu juga pandangan gue gelap.. gelap gulita..

Gue bingung.. gue mumed.. gue kacau.. dan gue.. galau.. begitu tau ternyata arti ngeliat kondisi gue saat itu.. saat lagi kacau kacaunya gue saat itu.. tiba tiba ada cewek, temen sekelompok gue juga.. namanya santed.. nama fb nya santednya ontong..  yang genggam salah satu tangan orang yang ada di situ.. yup betul.. tangan orang yang ada di situ.. dan itu terasa banget genggamannya di tangan gue.. itu berarti yang digenggam itu tangan gue.. TANGAN GUE???? .. DIA GENGGAM TANGAN GUE.. dan dia melakukannya dengan wajah tanpa dosa juga.. justru dia melakukannya dengan tertawa tawa.. gue langsung narik tangan gue perlahan.. untungnya gue pake baju lengan panjang.. jadi masih ada kain yang membatasi genggaman tangannya tadi.. gue makin bingung.. gue makin mumed.. gue makin kacau.. dan gue makin.. galau..

Gue syok.. memang jangan salahkan bunda mengandung.. dan apa daya bunda mengandung.. tapi gue tetep gag ngerti.. baru pertemuan perdana ini aja gue udah dapet cobaan fisikis dan psikologis aja.. gimana nanti.. 10 hari nanti.. sejak saat itu tidur gue gelisah..

Gue emang kalo diliat dari sudut manapun, entah itu sudut lancip, sudut siku siku maupun sudut sahwi (itu sujud -_____-) emang gag keliatan keikhwanannya.. yahh meski saat ini level gue masih ikhpil alias ikhwan seupil, tapi tetep aja gue gag keliatan ikhwan ikhwannya..  tapi meskipun begitu, adaaaaa aja orang yang ngeliat gue itu ikhwan.. padahal udah jelas jelas kan gue ama ikhwan tuh beda.. ikhwan tuh gede, gue kecil.. ikhwan nocturnal, gue dikturnal.. ikhwan punya ade yang namanya yudi sedangkan gue punya ade yang namanya rahma, ikhwan suka tidur pagi, gue suka tidur malem.. yaahhh meski ikhwan suka sholat subuh dan gue juga suka sholat subuh tapi tetep aja gue ama ikhwan itu beda.. BEDA… (ini ngomongin ikhwan apa ikhwanus sobah sih? -_____________-)

Yup betul.. bagai anak panah yang melesat dari bujurnya.. tetep ada aja orang yang ngeliat gue itu ikhwan.. jadi waktu itu malem malem yak.. tiba tiba gue dapet chat dari seorang cewek.. “mas ayip sejak kapan jadi ikhwan?” gue bingung.. gue mumet.. gue kacau.. dan gue.. galau.. untuk membalas chat itu.. kalo gue jawab, sejak gue di kandungan,, pasti orang itu gag percaya.. terus kalo gue jawab,, baru kemarin.. pasti gag percaya juga.. trus trus kalo gue jawab,, “oh tahun 2014 yang lalu dek”.. pasti orang itu langsung mikir gue aneh.. (yaiyalah..)… akhirnya dengan penuh bijaksana gue bales dengan mantapnya.. “oh aku baru ko dek hehe” namun bukan sulap bukan sihir justru jawaban gue yang singkat padat berisi dan jelas itu justru bikin dia nanya pertanyaan yang lebih ngeri lagi.. lalu dia bertanya.. “mas,, nasehatin aku doong kalo jadi pementor nanti.. biar jadi pementor yang baik” bukan main.. gue bengong ngebaca chat itu.. terus gue bingung.. gue mumet.. gue kacau.. dan gue.. galau… gue berpikir sejenak.. gue harus menjawab pertanyaan ini dengan sebenar benarnya dan dalam tempo yang sesingkat singkatnya.. MERDEKA!!!.. benar.. gue harus ekstra hati hati dalam menjawab pertanyaan ini.. teringat mentoring gue yang biasanya 5 menit materi dan bercanda selamanya.. SELAMANYA.. masa iya gue nyuruh dia kayak gitu juga.. bisa jadi dia bukan jadi pementor yang baik tapi justru jadi pementor yang…. Ah gag usah dilanjutkan.. okeh.. akhirnya gue ngejawab dengan lemah lembut dan penuh keindahan.. “emm jadi pementor itu sama kayak pemimpin dek.. bagaimana kamu bisa mempengaruhi orang2 disekitar kamu.. yaitu mentee kamu.. mempengaruhi dalam hal kebaikan.. dan tetep lurus di jalan-NYA” kata gue bijak.. gue yakin dia klepek klepek denger jawaban gue itu.. tapi dia justru biasa biasa aja dan malah gue sendiri yang klepek klepek.. aneh..

Yak kembali ke topic cobaan cobaan gue pas PBL.. di hari pertama, gue mulai mendapat cobaan fisikis bertubi tubi.. dan ini rata rata dari si santed yang kayaknya waktu kecil itu hiperaktif.. dia sering banget nyentuh gue.. meski gue udah agak menjaga jarak.. tetep aja dia bisa nyentuh gue.. seketika itu juga gue pengen jadi invisible man.. namun di hari ketiga akhirnya identitas gue terbongkar! Akhirnya.. MERDEKA.. akhirnya temen temen gue tau akan keikhpilan gue.. gue gag tau mereka tau darimana.. tapi itu gag penting.. yang penting pas saat itu gue melihat masa depan cerah dihadapan gue.. bayangan bayangan kegelapan yang selama ini gue hadapi seakan sirna saat itu juga.. gue bagaikan burung yang baru aja lepas dari sangkarnya.. bagaikan hangatnya mentari di pagi hari.. dan bagaikan angin di musim dingin.. dan sejak saat itu mereka memanggil gue.. NON-ANDROID …

Namun kenyataannya ternyata berkata lain.. justru setelah mereka tau identitas gue ini, cobaan yang gue hadapi justru makin berat.. gue seakan dapet jackpot.. kalo biasanya gue dapet salah satu dari cobaan fisikis atau psikologis..  justru sekarang gue dapet tiga cobaan itu sekaligus.. cobaan fisikis + Psikologis + spritualis !!!

Cobaan cobaan itu dateng kalo gue udah mulai nyebelin atau ngeselin.. jadi kalo gue udah ngeselin,, pasti anggota kelompok gue dengan riangnya berkata.. “ayip.. mau disentuh nih?” kalo udah denger kata kata itu gue Cuma bisa diem.. tapi gue justru bakal makin diem kalo “ancemannya” udah kayak gini.. “ayipp jadi mau disentuh santed nih?” .. yak itulah kalimat penangkal dan pengusir gue di PBL kemarin.. bagi gue santed itu sosok yang mengerikan. Karena dia itu orangnya tanpa kompromi. Pernah waktu identitas gue belum kebongkar saking gue nyebelinnya kali ya, dia dengan beringasnya ngejambak rambut gue.. NGEJAMBAK.. dan kembali dia ngelakukannya dengan ketawa ketawa..

Kalo pas ujian ujian gitu gue biasa memakai mantra “going extramiles” tapi beda dengan kali ini,. waktu PBL kemarin untuk menghadapi cobaaan cobaan berat nan mengerikan itu gue pake mantra “istiqomah”.. yup betul.. istiqomah.. tapi bukan si istiqomah istrinya bang udin yee.. ini beneran ISTIQOMAH..mengutip kata seseorang yang gag mau disebut identitasnya, jadi kita sebut aja dia mila annisa.. “ istiqomah bukan hanya sekedar konsisten.. bakal sulit banget untuk istiqomah kalo kita memahaminya sesempit itu.. padahal kita cenderung untuk lalai.. untuk lupa.. istiqomah juga mencakup konsekuen, berani bertanggung jawab atas lalai dan lupanya.. istiqomah juga harus mencakup persisten, melakukan sesuatu dengan sebaik mungkin, bukan Cuma formalitas ibadah aja..” yak begitulah istiqomah.. memang sulit awalnya buat ngejalaninya,, tapi kalo kita udah berhasil melakukannya.. kita justru bakal menikmatinya senikmat mungkin.. kayak gue di PBL kemarin yah meski gue belum bener bener istiqomah..

Dani tentu aja istiqomah itu harus dijalani dengan konsekuen maupun persisiten seperti kata mbak mila diatas..  dan tentu aja harus disertai dengan keikhlasan.. Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun (bung karno). Rasulullah pun pernah bersabda bahwa Tiga sifat manusia yang merusak adalah, kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan. Oleh karena itu jika kita bisa menjauhi 3 hal diatas maka istiqomah pun bisa kita jalani..

Okeh segini dulu yak..

Gue.. arief satiawan P.. ayip.. dan keluarga.. memohon maaf yang sebesar besarnya..atas segala kesalahan dan kekhilafan yang gue lakukan.. trus juga  jika dalam tiap notes yang gue bikin.. tiap kata kata yang gue ucapkan.. tingkah laku yang gue perbuat.. banyak yang gag berkenan di hati antum dan antuna sekalian.. gue juga mohon maaf yang sebesar besarnya..  Tiada kemenangan tanpa zikrullah.. tiada amal tanpa keikhlasan.. dan tiada ampunan tanpa maaf dari sesama.. walau tangan tak dapat berjabat dan mata tak dapat bertatap.. melalui notes ini gue ingin mengucapkan.. ….. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H..

“Minal ‘aidin Wal Faidzin”

Mohon maaf lahir dan batin..

Semoga di Hari yang Fitri ini kita menjadi makhluk yang suci lagi.. … Mulai dari nol lagi yuk :D
Share:

Chapter 30 - Catatan mudik: 24 Jam-3 Kota-3 Provinsi



Kalo dipikir pikir udah lama juga gue gag nulis nulis lagi, terakhir gue lihat postingan terakhir gue itu bulan mei yang itu berarti gue udah vakum selama 3 bulan. Di kompasiana justru lebih parah, postingan terakhir itu bulan april.. udah kayak ariel peterpan aja gue, kalo dia vakum manggung, gue justru vakum nulis. Yak berhubung ini bulan ramadhan, tema tulisan gue ini yaa udah pasti berkisar tentang kambing/sapi yang di kurban. Gag jauh jauh lah dari situ. (lohh???)

Semalem gue baru aja menuntaskan mudik gue ke Jakarta. Gue nyampe jam 3 pagi ditemani dengan bulan yang seolah tertawa menyeringai ke gue di langit sana. Tapi bulan malam ini sungguh indah. Bentuknya sabit dan tepat diatasnya ada 1 bintang kecil. Baru pertama kali gue ngeliat bulan seperti itu. katanya sih itu petanda malam lailatul qodar. Tapi gag tau juga deh, yang pasti gue banyak berdoa saat itu haha  Gue naik kereta ekonomi tawang jaya. Dan mudik gue tahun ini gue mudik bareng mbak sri. Kalo di inget inget selama 3 kali gue ngerasain bulan puasa di semarang, gue kalo mudik naik kereta ini terus. Entah kenapa, seperti ada ikatan antara gue dengan kereta ini. Ikatan yang gag keliatan bentuknya tapi sangat terasa keberadaannya. Ikatan seperti gag mau kehilangan. Ikatan yang gag bisa dilepaskan. Ikatan yang membuat rindu berkali kali. Ikatan yang kalo tidak bertemu serasa ada kehilangan di dada ini. ikatan yang sangat merapikan dan bikin nyaman. Ikatan yang ada kalo gag digunakan akan membuat berantakan. Ikatan ini bukanlah di hati maupun pikiran.. tapi lebih daripada itu.. ikatan ini… ada di rambut.. (lohhh ko jadi ikat rambut) -___________-

Yang pasti, banyak pengalaman unik yang gue alamin selama naik kereta ini. gue biasa menyebutnya KS. Singkatan dari, kereta setan.. kereta sampah.. tapi gue lebih mengartikannya sebagai.. kereta dari surga…

Mudik pertama gue, saat gue di semester 1, KS bener bener amburadul. Saat itu masih zaman zamannya tiket berdiri bagi yang keabisan tiket duduk. Masih zamannya kantin keliling. Jadi kalo di kereta eksekutif kita mendengar lentingan lagu lagu merdu dan di kereta bisnis kita mendengar suara deru kipas angin, kalo di KS kita mendengar suara para pedagang menjajakan makanannya. Selama 9 jam tiap detik sekali, suara pedagang gag akan berhenti meneriakkan jajanannya sambil berlalu lalang. Hingga kita sampe ke TEMPAT TUJUAN !!! Kebayang kan bagaimana dahsyatnya orang yang dapet tiket berdiri? 9 jam berdiri + berdesak desakan dengan pedagang yang lalu lalang itu gag capek ko *menghibur diri sendiri*.  Kerasnya hidup di KS ini yak.. ada yang bilang, proses pendewasaan hidup seseorang akan bener bener kita dapatkan di KS ini.. liat aja orang orang hebat kayak anwar, marshal, contohnya. Merekalah alumni KS lulusan pertama dengan IPK comluade!!! Makanya kalo kalian pengen jadi orang orang hebat kayak mereka naiklah KS !!!

Trus KS zaman itu juga masih memberlakukan tiket tanpa nomor tempat duduk kalo hari lebaran tiba, yakni sekitar H-10 dan H+10. Maksud dari tanpa nomer tempat duduk ini, jadi kereta ini bebas. Bebas menampung sebanyak banyaknya orang. Mau di berdiri ataupun duduk. Hukum yang berlaku saat itu, siapa yang datang cepat, dia dapat tempat duduk. Jadi kalo kita datang telat, mau gag mau, rela gag rela, suka gag suka, kita harus menerima nasib kita untuk berdiri selama 9 jam!. Dahsyat.

Kembali ke mudik pertama gue dengan KS, gue dateng ke stasiun jam 5an, sendirian, walau masih jam segitu, ternyata udah rame aja di dalam kereta. Gerbong demi gerbong gue lewati untuk mencari tempat duduk kosong yang terbaik dan senyaman mungkin. Akhirnya gue nemuin. Kalo gag salah gerbong 4. Gue pilih yang bangku dua dua. Biar lega. Soalnya kalo bangku yang tiga-tiga pasti bakal sempit sempitan nanti. Sekitar jam 6an, ada 3 anak muda duduk di bangku gue. Mereka anak rusun dan asalnya dari medan. Dan diseberang tempat duduk gue ada 2 cewek, si A dan si B. Cantik. Dan ketiga anak rusun tadi ngeliatin 2 cewek ini terus.

Kereta berjalan di atas rel sambil meliuk liuk. Suasana kereta saat itu penuh. Agak banyak orang yang berdiri dan tentu aja ada pedagang yang hilir mudik tanpa henti. Sejam pertama di KS lo pasti bakal ngerasain gerah. Kalo udah 2 jam, tubuh lo tanpa lo sadari akan mencari cari posisi duduk senyaman mungkin. 3 jam, tempat duduk lo bakal terasa panas. 4 jam lo udah mulai ngerasain pegal pegal terutama di bagian punggung dan lo mendadak insomnia. 5-6 jam lo mulai merasa muak. Biasanya orang akan berdiri, berteriak sekencang mungkin, menangis, ada yang sumpah serapah, ada juga yang mulutnya keluar busa (bukan main udah kayak keracunan wkwkwk), badan udah pegel, muka udah penuh minyak. Kalo pun bisa tidur dalam fase ini, biasanya tidur dengan mulut menganga. Kereta sudah mulai dipenuhi dengan bau bau harum pengikutnya. Yang pasti emosi tingkat tinggi di fase ini. 7 jam, pasti akan merasakan komplikasi, wajah dipenuhi minyak, mata gag bisa merem, kuping pengeng karena denger suar suara, hidung lelah karena banyak bau bau bertebaran, badan pegel pegel, tempat duduk terasa sangat panas. Lingkungan pun biasa udah mulai berserakan sampah sampah. Dahsyat. 8 jam, lo mulai tertidur karena capeknya tubuh, hati dan pikiran lo menghadapi kerasnya hidup itu dan 9 jam, lo akan terbangun setelah kereta sampai di stasiun.

Itulah sedikit rincian yang bakal lo alamin pas naik KS di zaman itu.

Yak back to topic. Gue mengalami rasa muak yang sangat sangat di 5 jam itu. segala posisi tidur gue coba, mulai dari kayang, tengkurep, melintang, gaya kupu kupu, gaya batu dan telenTANG, tetep gag bisa bikin gue tidur. Padahal 3 temen gue yang anak rusun itu berhasil tidur, yah meski dengan keadaan yang mengenaskan. Mengenaskan disini, berarti kayak tidur dengan mulut menganga, tidur dengan mulut gunung meletus, jadi keluar iler dengan volume cukup banyak, bisa juga tidur sambil kepala jatuh bangun, ada juga tidur dipangkuan pahanya sendiri, ada pula tidur yang sambil ketawa ketawa dan nangis nangis.. gue jadi bingung itu tidur apa kesurupan.. karena gag bisa tidur, Akhirnya gue ngemil aja. Sesungguhnya ngemil adalah kegiatan positif yang sangat positif di saat kondisi seperti itu. lagi lagi ngemil gitu, gue ngeliat orang2 disekeliling gue. Ada yang tidur di bawah tempat duduk, ada ibu yang rela duduk di lantai demi kenyamanan tidur anaknya di bangku, ada juga mas mas yang tidur dengan mulut menganga cukup besar. Ada juga mbak mbak yang menelungkup tidurnya. Ada juga pasangan yang sama sama tidur, kepala si ceweknya ada di bahu cowoknya, bahkan di saat mengenaskan tersebut, bisa terselip momen momen romantis, hihi tapi entah kenapa justru didepan pasangan itu, duduk cowok ama cowok yang lagi tertidur juga dan dengan posisi yang sama kayak pasangan mereka. Kenapa mesti ada HOMO di dalam kereta??????? Lalu mata ku terlintas kepada 2 cewek yang duduk di seberang gue ini. si A dan Si B. gue liat sia A udah tertidur dengan gaya tidur gaya batu. Sedangkan si B, masih belum bisa tertidur, wajahnya semrawut dengan tubuh yg gelisah. Ngeliat kondisi kita yang hampir sama, gue pun mencoba bersimpati.

“mbak nih mau gag cemilan?” kata gue dia menggeleng, disertai senyuman, senyuman yang pahit. gue pun tersenyum balik. gue kembali makan cemilan gue sambil ngeliat ke luar jendela kereta. Gelap. Tapi tampak samar samar pepohonan seolah berlari lari mengejar kereta ini. beberapa menit kemudian, si B justru manggil gue.. “mas boleh minta makanannya?” bukan main, tadi ditawarin gag mau, eh justru sekarang malah minta. Kata gue dalam hati. Gue pun ngasih cemilan gue. “namanya siapa mas?” kata dia membuka percakapan “aku arief anak fkm 2010, mbaknya?” jawab gue “emm panggil aja tata, dari ekonomi 2010”

Di saat orang orang tertidur, kita malah asik ngobrol. Hingga fase ke 8jam, karena tubuh juga gag bisa diajak kompromi, akhirnya kita tidur juga. Di saat kondisi yang setengah sadar ini, gue ngeliat cowok yang duduk di belakang si B mencoba melakukan suatu “pelecehan” kepada si B yang lagi tertidur. Gue mencoba bangun, tapi kondisi yang capek dan pegel membuat gue gag bisa apa apa. Membuka mata menjadi hal yang paling susuah gue lakuin saat itu. akhirnya dengan penuh pemaksaan diri, gue bangunin diri gue dan gue pelototin si cowok itu. ngeliat ada orang yang ngeliat “aksi” dia, si cowok itu pun berpura pura kayak gag ada apa apa.. gue mencoba bertahan untuk gag tidur lagi.. tapi apa daya ibu mengandung, baru beberapa menit gue udah tidur lagi aja, dan ngeliat gue yang udah tinggal 5 watt itu, si cowok kembali melakukan aksinya.. di daya yang tinggal 5 watt lagi, gue gunain tenaga tenaga terakhir gue, gue pake cara lain, yaitu dengan sms si B, kebetulan pas ngobrol ngobrol tadi kita sempet tuker nomer handphone. Dalam keadaan diantara alam mimpi dan alamsyah (lohh??) itu gue sms si B.. “B.. bangun.. itu cowok di belakangmu bahaya.. bangun yak” …. and then tanpa disangka sangka, si B bangun begitu sms gue nyampe ke handphone nya, dan gue sukses tertidur saat itu pula, tapi di detik terakhir, si B ngeliatin gue dengan muka takut.. mungkin karena gue tidur dengan mengenaskan.. (lohh???)

Setelah itu gue gag tau apa2, yang gue tau si B ngebangunin gw pas kereta nyampe di stasiun bekasi. Dia pamit mau turun. Dan bilang makasih.. dengan muka penuh minyak gue pun bilang.. “ya.. sama sama” gue pun bersiap siap, karena setengah jam lagi gue nyampe. Im coming Jakarta.. saat itulah gue ngerasa diri gue ganteng.. (lohhhh???)


Lain hal nya pas gue mudik di tahun ketiga ini.. sebelum mudik ke Jakarta gue ikut mudik dulu ke jogja bareng yuyun, mbak ute, tyas, ritana, ama karima. Jadi kita motoran ke jogja. Ngeliat orang orangnya, bisa dipastikan kan gue paling cantik disana. Kita motoran dengan formasi, Y-K-A-U.. yuyun paling depan sebagai penunjuk jalan, karima kedua sebagai penyeimbang, gue ketiga sebagai orang yang dilindungi dan mbak ute keempat sebagai penjaga. Gue ditaro di urutan ketiga soalnya gue anak baru, jadi gue harus dilindungi. Sebenernya asik sih di urutan tiga ini, jadi bisa santai bawa motornya. Namun dipertengahan jalan, formasi kita berubah menjadi Y-A-K-U.. Yuyun tetep paling depan sebagai penunjuk jalan, gue jadi kedua sebagai penyeimbang, karima ketiga sebagai orang yang dilindungi dan mbak ute tetep ke empat sebagai pem backup.

Ini nih yang bikin aneh. Sebenernya motoran ama cewek itu ada enaknya ama gag enaknya. Enaknya tuh kita bisa ngimbangin berapapun kecepatan tu cewek pas bawa motor, tapi gag enaknya, motoran ama cewek tuh sering bikin galau.. pas gue di posisi kedua dan didepan gue yuyun itu sering banget bikin gue bingung.. dia bawa motor kadang selow, tapi tiba tiba ngebut. Dan ngebutnya itu kalo gag langsung dikejar bisa bikin ketinggalan jauh.. Itu yang bikin gue was was.. makanya sempet pas di ambarawa, gara gara ngejar ngejar dia mulu, gue jadi gag ngeliat karima ama mbak ute di belakang gue selama beberapa saat... gue juga sempet beda aliran ama yuyun di jalan.. dia tuh kalo nyalip lebih sering lewat kiri, beda ama gue yang seringan nyalip lewat kanan.. gara gara itu juga gue jadi frustasi untuk memilih nyalip lewat kiri apa kanan.. you sick me uun.. hoho kita sampe di jogja setelah 3 jam motoran,, mbak ute ama tyas turun duluan di magelang.. begitu nyampe di rumah sodara gue, gue langsung tidur.. pegel rek.. karena 2 jam lagi gue mesti balik ke semarang lagi untuk menuntaskan mudik gue yang sebebernya.. mudik ke Jakarta..

……..

Mudik gue kemarin gue ditemenin ama mbak sri. Awalnya sih gue terancam mudik sendirian, tapi untunglah mbak ini mudik di tanggal yang sama ama gue. Kita ketemuan di stasiun, pas ketemu, gue ama dia lebih keliatan kayak anak ama ibunya dari pada kayak ade kakak.. kita kayak anak ama ibu yang ingin mudik untuk menemui suami dan keluarga tercinta nun jauh disana. Yeahh..

Gue ama mbak sri duduk di bangku yang berbeda. Kita duduk bersebrangan. Kita masuk ke kereta di saat kereta masih agak sepi, jadi kita makan terlebih dahulu sambil ngobrol ngobrol ringan. Di saat ngobrol ngobrol inilah mulai berdatangan temen sebangku kita di kereta nanti.. mbak sri duduk di bangku tiga-tiga.. sedangkan gue di bangku dua-dua.. temen sebangku mbak gue ini semuanya cewek tapi bangku didepannya diisi ama cowok semua.. lain halnya ama gue, gue duduk ama cewek berbaju pink, terus didepan gue juga cewek 2 orang.. jadi gue duduk dikelilingi cewek cewek!!! Sejak saat itu mbak sri ngawasin gue terus.. gue Cuma diem diem aja.. KS zaman sekarang udah jauh berbeda dari KS zaman pertama gue naikin.. sekarang KS udah gag ada lagi tiket berdiri maupun tiket bebas tempat duduk. Pedagang pun udah gag semena mena lagi mendagangkan dagangannya.. pedagang ramai kalo di distasiun aja.. tapi meski begitu tetep aja KS gerah dan bikin pegel.. sepanjang perjalanan, gue ama mbak sri keliatan banget kompaknya sebagai ade kakak.. di kereta mbak sri menjaga pandangannya, kalo gag ngeliatin gue, dia ngebaca quran atau tertidur,, hampir sama lah kayak gue yang mata gue jelalatan kesana kemari selama perjalanan.. trus mbak sri di kereta baca quran sambil mencoba menghapal ayat ayat, yeaaahhhh hampir sama lah kayak gue, yang dikereta pake headset gede sambil dengerin lagu lagu.. trus trus di kereta mbak sri suka komat kamit menghapal quran,, hampir sama lah kayak gue yang juga komat kamit nyanyiin lagu… yaahh begitulah kekompakan kita selama dikereta, sengaja gue kasih contoh segitu aja, soalnya kalo gue kasih contoh kekompakan kita lebih banyak lagi, pasti banyak yang iri.. *kompak dimananya ya?* *ngebela diri*

Mbak sri turun duluan di stasiun Cirebon. Ada yang gue bingung pas itu. KS nyampe di Cirebon sekitar jam setengah 12an, nah itu berarti udah fase ke 5 jam, fase dimana muka muka kita udah penuh dipenuhi minyak. Tapi lain ama mbak sri, disaat muka gue udah penuh penuhnya dengan minyak minyak, justru muka dia gag kenapa kenapa.. Cuma muka ngantuk aja.. aneh.. tapi gue berpikiran positif aja.. gue pikir inilah salah satu kekompakan kita sekali lagi.. yup bener.. inilah yang dinamakan kekompakan.. *lagi lagi ngebela diri* *itu sih bukan kompak*

Abis stasiun Cirebon, KS akan ngebut. Jadi dia gag akan berhenti selama kurang lebih 3 jam. KS baru berhenti lagi stasiun bekasi. Jadi saat inilah saat paling enak dan nyaman buat tidur. Setelah mbak sri turun, akhirnya gue tidur dan baru terbangun pas di bekasi..

Yak mudik tahun ini paling berkesan deh. Selama 24 jam gue berhasil melewati 3 kota.. semarang-jogja-semarang-jakarta.. dan tentu aja capeknya mudik tahun ini juga yang paling berkesan..
Share:

Chapter 29 - Lika Liku Laki Laki Penuh Luka: Gag gampang jadi ikhwan





Beberapa hari yang lalu, pas di suatu acara, sebut aja itu acara pethasan, acara yg gue jadi ketua panitia nya (norak dikit lah), gue dihadapkan oleh situasi yang sulit. Jadi gue mendatangi seorang panitia, sebut aja dia dara (padahal emang namanya dara wkwk) yang dia itu lagi makan es krim. Trus gue bilang “suapin doong suapin doong”. Pucuk dicinta ulam pun tiba , justru malah si dara bergerak seakan akan pengen nyuapin gue. “nih kak” kata dia. Gue bengong. Gue diem. Gue bingung.. dan.. gue galau..  akhirnya ada temen gue yang ngomong sambil ketawa cekikikan, “emang berani yip? Emang berani?” sok sokan.. kayak berani aja” gue Cuma bisa bengong sambil ketawa ganteng..

Kejadian kejadian kayak gitu sering banget gue alamin belakangan ini. Entah kenapa. Gue juga gag ngerti. Dan kejadian kejadian tersebutlah yang membuat gue tergerak untuk membuat tulisan ini. Sesuai judulnya, emang gag gampang jadi ikhwan. Apalagi jadi ikhwan di FKM, fakultas kebanjiran  mbak mbak. Rasanya susah banget. Banyak banget pula tantangannya. Jadi ikhwan itu emang gag gampang dan bisa dikategorikan sulitnya minta ampun. Soalnya ikhwan itu kalo udah nemuin game yang dia suka, dia bakal susah banget buat berhentinya.. trus jadi ikhwan itu agak berat, soalnya ikhwan itu baru tidur kalo udah azan shubuh. Jadi ikhwan pun agak sedikit ribet, soalnya dia sedang belajar berubah dari yang dulunya lemah syahwat.  Trus yang paling miris jadi seorang ikhwan itu… gag ada yang mau gantiin dia jadi komting… *itu IKHWANus shobah* wkwkwkwk

Jadi secara bahasa itu, ikhwan dan akhwat berasal dari bahasa arab yaitu ikhwah yang berarti saudara. Penggunaan kata ikhwan itu sendiri biasa digunakan untuk laki-laki yang berarti saudara laki-laki. Nah mungkin pada bertanya Tanya ya apa sih bedanya ikhwan dengan laki laki? Emmm kalo ditanya gitu gue juga gag tau deh jawabannya apa. Cuma gue membedakan disini, ikhwan itu ikut organisasi rohis sedangkan laki laki itu minum extra joss  Dan pria.. udah pasti punya selera… *random abisss*

Bagi gue yang baru aja bertransformasi dari seorang anak g4uL menjadi seorang anak ajaib (lohh), emm maksud gue anak baik baik, itu bisa di bilang maha dahsyat susahnya. Apalagi gue juga sering dibilang ikhtong.. ikhwan sepotong.. yah meski masi lebih baik daripada ikhprit.. ikhwan se imprit.. entah bahasa apa itu.. tapi  gue ngerasa bahwa gue ini lebih pantes jadi ikhpil.. apa itu? ..yaitu.. ikhwan seupil..

Sekitar seminggu yang lalu, gue baca postingan seseorang yang namanya minta dirahasiakan, kita sebut aja dia arti.. postingannya tu makjleb banget.. membuat gue kepikiran lagi bahwa untuk kategori seorang ikhpil pun gue gag masuk kategorinya.. kalo gag percaya, gue tunjukin nih postingannya..
  1. Katanya ngaku ikhwan, kok masih suka sms ma akhwat yang kurang bermnafaat? 2. Katanya ngaku ikhwan, kok masih suka missed call akhwat? 3. Katanya ngaku ikhwan, kok berani-beraninya ngegodain akhwat?? nih ikhwan bukan ye..... 4. Katanya ngaku ikhwan, kok jarang keliatan shalat jamaah di masjid? 5. Katanya ngaku ikhwan, kok masih suka berkhlawat dengan akhwat? 6. katanya ngaku ikhwan, kok jarang baca Al Qur'an? 7. Katanya ngaku ikhwan, kok datang halaqah bolong- bolong?
Gilee kan? Ngeliat kategori kategori diatas dan berkaca pada realita yang ada, justru gue suka ngelakuin hal hal diatas, kayak sms akhwat, ngegodain akhwat, berkholwat.. tapi untungnya gue gag suka miscal akhwat, tapi sukanya nelpon *lohhhh malah lebih parah*

Kawan.. Sesungguhnya godaan paling dahsyat bagi seorang pria adalah wanita..

Layaknya peribahasa, sepandai pandainya tupai melompat, akhirnya jalan juga.. ehh salah maksudnya akhirnya jatuh juga.. seorang ikhwan pun juga begitu.. setahan tahannya ikhwan gag tidur di suatu malam, dia pasti akan tidur di siang harinya.. *bukan bukan bukan.. kalo itu ikhwanus sobah hahaha*

Peribahasa diatas itu berarti, seseorang itu gag akan selalu ada di atas, suatu ketika pasti dia akan jatuh ke bawah, entah itu karena di sengaja ataupun engga..  saat seseorang itu jatuh, janganlah langsung menjudgenya buruk, jangan langsung membencinya, dan jangan langsung menjauhinya.. karena sejatuh jatuhnya seekor tupai, dia akan terus mencoba melompat ke tempat yang lebih tinggi :)

‎entah ini perasaan gue doang apa kalian juga ngerasainnya yaa, ko gue ngerasa paragraph diatas ama paragraph diatasnya lagi ko rada gag nyambung yaa? Hmmm..

Ada kejadian lucu lagi, ketika gue secara reflex (engga sengaja) menyentuh bahu seorang cewek, yang gag mau disebutkan namanya, jadi kita sebut aja dia jasmine. Setelah kejadian gag sengaja itu, dia langsung bilang.. “mas udah gag ikhwan lagi sekarang”  bukan main.. udah kayak ngapain aja yaa gue haha.. gue jadi kepikiran yang aneh aneh (lagi) jadinya.. bagaimana kalo saat itu gue megang tangan dia.. pasti dia jadinya bilang gini “mas bukan laki laki lagi sekarang” wkwkwkwk, atau engga kalo dia ngeliat gue pake celana pendek dan kaos biasa, bisa jadi dia bilang gini “mas bukan manusia lagi sekarang” wkwkwkwk lebay mode on..

Kalo ngomongin manusia gue jadi keinget tentang seorang pemuda di daerah X yang bener bener pilu dan kayaknya pas banget buat menutup chapter gue kali ini.. semoga setelah membaca cerita ini, kalian jadi tergerak hatinya.. begini ceritanya..

Jadi ada seorang pemuda di daerah X, di kampungnya dia terkenal sebagai pemuda yang Bengal, jahat, kikir, pelit, begajulan dan sejenisnya. Hampir semua kejahatan telah dilakukannya.. mulai dari menabung, membantu orang tua, berbagi dengan sesama, suka menolong.. lohh?? Itu kan kebaikan??.. hemm salah salah, maksudnya kayak, pencurian, penodongan, pemalakan, pembakaran, penganiayaan, pembunuhan, dll, pokoknya hampir semua tindak kejahatan sudah dilakukannya deh. Pada suatu hari, di siang hari yang cerah banget dan disertai dengan hujan angin petir *itu sih bukan cerah namanya, tapi badai* dia ditemukan tak bernyawa di rumahnya. Penyebab kematiannya tidak diketahui dengan pasti. Akhirnya ia dimakamkan hari itu juga di tanah kosong dekat rumahnya yang sudah beralih fungsi menjadi tempat pemakaman, meski masih sedikit jumlah kuburan yang ada disana. Setelah pemuda itu dimakamkan ada hal aneh yang terjadi. Yaitu setiap hari saat maghrib dan shubuh. terdengar suara orang mengaji dari arah kuburan pemuda tersebut. Warga kampung sering mengeceknya namun tidak ada tanda tanda orang lagi mengaji di sekitar pemakaman tersebut. Justru yang lebih mencengangkan, suara orang mengaji itu terdengar jelas dari kuburan sang pemuda. Akhirnya warga pun bermusyawarah dan diputuskanlah bahwa besok kuburan sang pemuda itu akan dibongkar! Esoknya warga kampung berduyun duyun datang ke kuburan pemuda itu untuk melihat proses pembongkaran kuburan tersebut. Setelah kuburan pemuda itu dibongkar,, TERNYATA..
….
…..
……
…….
………
…………
Hape esia hidayah tukang gali kubur tertinggal di dalamnya…
Wkwkwkwkwkwkwkwkwk
….
….
*jangan tabok gw jangan tabok gw*
Share:

Disable Adblock