Chapter 27 - Catatan Akhir Tahun 2011







Hmmm 2011. tahun yang menurut gue luar biasa.. di tahun inilah proses pendewasaan gw banyak berlangsung dan berkembang, baik dalam pikiran, hati, tingkah laku, kegantengan, maupun cinta. Tapi ada satu proses pendewasaan yang tahun ini bener bener gag berjalan sesuai yang di harapkan, yaitu pendewasaan pertumbuhan badan.. ahhh lebih baik gag usah ngebahas hal itu aja deh.. tapi mungkin hal itu udah terbales dengan meningkatnya nilai nilai kegantengan dalam diri gue, yang makin lama tu makin absurb.. yang makin gag wajar (bilang aja makin jelek ahaha). Di catetan gue kali ini gue pengen cerita nih aapa apa aja yang terjadi di tahun 2011, okee deh langsung aja.. check this out..
Kalo gag salah di bulan bulan awal diadakannya rapat rapat perdana organisasi. PH sendiri ngadain kumpul bareng di sudarto. Inget banget saat itu yang gue kenal Cuma temen sekelas gue aja, bahkan mbak atiq senior yang gue temuin pertama pas gue dateng, gue kira temen seangkatan gue! Trus gue juga belum tau akan kebenaran tentang yuyun dan warsih adalah orang yang berbeda. Namun akhirnya gue mengetahui kebenaran itu di saat rapat perdana BSO Mentoring. Di rapat itu gue jadi cowok paling ganteng, soalnya gue doang cowok sendiri disitu. Pas lagi perkenalan diri, si yuyun  ngomong kalo dia dari R-1a. jelas aja gue kaget bukan kepalang. Gue langsung berpikir, kalo dia anak R-1a, trus siapa doong orang yang selama ini gue kira yuyun di kelas gue?  Trus pas perkenalan dia juga gag bilang kalo punya sodara kembar. Entah kenapa gue jadi deg degan. Jangan jangan orang mirip dia yang sering gue liat di kelas itu Cuma gue yang bisa ngeliat dia. Trus orang yang gue kira yuyun juga gag pernah gue liat ngomong dan Cuma tersenyum aja. Melihat kejanggalan kejanggalan itu gue jadi berpikir kalo dia itu adalah….
HANTU!!!!!
….
Tapi untungnya besoknya kejadian ini selesai, setelah gue ngeliat yuyun dan warsih (orang yang gue kira yuyun)  berjalan berdampingan dan ternyata mereka 1 wisma juga loh. Gue jadi mikir, pasti orang wisma pada kelabakan menentukan yang mana warsih yang mana yuyun..
Selanjutnya ada pelatihan internal di PH yang kalo gag salah ada 4 kali.. gue pun mulai desain mendesian lagi setelah vakum setahunan lebih. Disini jug ague mulai mengenal anak anak ph maupun sesepuh ph, meski Cuma mengenal wajahnya aja.
Gue juga ikut pembekalan Mentoring dari BPMAIU di fakultas ekonomi. BSO diwakilin am ague, laila arti dan yuyun.. di pembekalan ini gue yang awalnya gag tau apa dan gag tau ngapain2 aja di BSO Mentoring akhirnya dape titik cerah dimana gue mulai mengetahui apa apa saja yang berhubungan dengan BSO Mentoring. Di pembekalan ini gue dapet hal hal baru termasuk tentang si antum. Disana gue ditanyain “antum angkatan berapa?” sebelum gue jawab gue mikir dalem hati “siapa sih antum?  Gag ada yang namanya antum deh kayaknya di bso. Apa jangan2 ada 1 anak bso kakak kelas yang gag guetau. Akhirnya gue ngomong,
“gag tau mas, kayaknya 2009 deh”
Mas mas nya itu herang ngeliain gue..
Trus ada lagi yang bertanya, “fakultas antum diwakilin berapa orang?”
Trus ada yang jawab “3 orang akh”
Gue akhirnya tau kalo si antum itu dari fakultas dia..
Trus mas  mas yang di depan bertanya lagi..
“ayo antum, silakan absen di depan”
Ada 2 orang yang maju trus absen. Akhirnya gue kenal siapa orang yang namanya antum.
….
….

Sekitar bulan april diadakan upgrading. Di gamais ada. Di PH juga ada. Gue ikut keduanya.  Dua upgrading ini punya konsep yang berbeda. Kalo di upgrading PH bersifat kekeluargaan lain halnya dengan upgrading gamais yang menganut konsep semi militer.
Di upgrading PH ini ibarat gerbang pembuka dan perkenalan bagi kita semua. Seolah ini adalah langkah pertama untuk mengupgrade diri kita. Gue sendiri dapet banyak pengalaman disini. Dan ini semua rata rata gara gara mas fikri. Dia seolah olah pengen ngerjain gue disini. Yak tapi selalu ada hikmah di setiap kegiatan. Di upgrading PH ini gue jadi mengerti pentingnya kekeluargaan dan kerja sama. Banyak hal unik yg terjadi di sini.
Pertama gue berhasil dengan sukses membuka tabir kebeneran di depan orang banyak. Jadi pas diskusi malem2, abis gue ngutarain pendapat gue, gue disuruh nunjuk orang untuk membalas argument gue. Ngeliat peluang itu gue pun langsung memamfaatkan moment ini dengan sebaik baiknya. Dengan cool dan gantengnya gue menunjuk warsih sambil berkata dengan lantang, YUNIVA!!!”
Yak bener.. gue akhirnya menjelaskan pada dunia bahwa Yuniva dan Warsih adalah orang yang berbeda.. sekali lagi, ORANG YANG BERBEDA.. ORANG YANG BERBEDA TAU.. entah kenapa darah gue seakan bergelora waktu nulis tulisan ini..
Kedua, waktu outbond. Inilah salah satu outbond yang gue suka. Jelas aja pertama kalinya gue turun langsung ke sawah dan maen di sawah. Cuma ada yang bikin gue dilemma. Kalo gag salah yang pas yang kedua, yang kita satu tim disuruh berdirih diatas kardus yang besarnya kira kira se kertas A3. Tim gue waktu itu, ada gue, mbak amel, ike, patria ama yuniva. Bisa dipastikan gue yang paling ganteng disitu. Dan gue yg paling tersiksa di game kali itu. jelas aja, dengan game yg seperti itu, pasti membuat kita terpaksa untuk saling berpelukan.. kayak teletubies.. gue pun dilemma.. apa yang harus gue lakukan? Memeluknya dan kena gampar atau tidak memeluknya dan kalah?
Sungguh pilihan yang sulit kawan..
Gue pun akhirnya mensiasatinya dengan memegang kaos temen setim gue bagian lengannya. Bukan memegang sih, tapi mencapit dengan 2 jari gue, yaitu jari telunjuk ama jempol. Dan temen setim gue itu, si ike ama mbak amel, jelas aja, kalo yuyun kena bisa di gampar bolak balik gue.. ahaha
Di akhir acara ini pun gue jadi kenal banyak anak ph, kayak, mbak yayuk, mabak ute, hanaa, ina, juju, mbak amel, atun, anggi, mas rian dengan gaya bookletnya.. dll
Hari berlanjut ke LKMM Dasar.. awalnya sih gue gag begitu minat, Cuma karena ada dorongan, jadi ngikut deh. Disini gue sekelompok ama orang orang yg rata rata baru gue kenal, kecuali temen sekelas gue. Orang orang baru itu, mas adit dari tek industry, mbak dewi, hasna, defani ama mbak widya, trus dari kelas gue ada dwiyanto ama frida. Cuma di saat terakhir hasna keluar soalnya dia lebih memilih DM..
Gajah disebrang jalan tak tampak tapi semut diujung lautan tampak. Peribahasa yang bermakna kita mesti segera periksa mata tersebut pas banget buat ngebuka cerita tentang LKMMD. Kenapa pas banget? Soalnya disini saya akan cerita tentang kejadian kejadian ganjil, genap, prima, asli, (udah kya nama bilangan aja)  yang terjadi pas LKMM Dasar 2011. Pasti kalian merasa gag ada pas pas nya peribahasa tersebut, yak tenang aja kamu gag sendirian karena saya yang menulis ini pun merasa seperti itu juga. Tapi hidup itu pilihan kawan. pilihanmu menentukan masa depanmu. Dan jika masa depanmu cerah artinya keberuntungan bagiku hihihi #ketawalicik. Jadi ini adalah sebuah kisah yang gue buat sewaktu rambut gue basah dan perasaan gue yang lagi keluh kesah yang dibumbui rasa resah serta hati gue yang juga lagi terpisah-pisah. (apa sih lebay banget)
Di LKMM ini gue sekelompok ama orang orang yang luar biasa, bukan karena mereka dulu sekolah di sekolah luar biasa tapi karena mereka ngeluarin biisa yang bisanya itu bisa bisanya membisai bisa bisa di sekelilingnya dan bisa merubahnya menjadi bisa yang bisa berbusa. (hebat klo kalian bisa mengerti kalimat disamping dalam sekali baca :p). yak orang orang itu adalah,
  1. Mas adit, teknik industry, 2009. Ketua kelompok gue.
  2. Mbak dewi, angkatan 2009.
  3. Dwiyan cinta allah
  4. Frida
  5. Defani
  6. Widya
  7. Hasna



Kelompok gue namanya Abraham Lincoln kelompok 4. Awalnya sih namanya hitler, tapi entah kenapa waktu itu ada yang minta ganti gitu, katanya gag bagus. Tapi setelah gue selidiki lebih lanjut ternyata ada maksud tersembunyi dibalik pemberian nama tersebut! Tau gag Abraham Lincoln itu singkatan dari apa?
A:  Negara
Braham: islam
Lincoln: Indonesia.
Parah banget kaaaaannnnnn????  Ternyata ada udang dibalik batu. Gag nyangka gue. Tapi mau gimana lagi nasi udah jadi bubur..  Pasti pada penasaran kan siapa orang itu, untuk jaga nama baiknya gue kasih taunya pake inisialnya aja ya. Gag enak juga gue ngomongnya disini. Jadi inisial nama tu orang Widya Ratna Wulan R1-A 2010, asal purwokerto, ngekos di ngesrep, aktif di PSDM BEM FKM UNDIP ama Racana Undip….

LKMM ini berlangsung di ungaran, kita semua kesana naik bis. Pas di perjalanan entah kenapa bis yang gue naikin mengalami suatu tragedy. Tragedy dahsyat yang bikin jantungan orang. tapi Gue gag bisa nyeritain tragedy itu. Tragedy yang gag disangka sangaka itu.  Maaf. Tapi gue emang mau ngelupain tragedy itu. Sekali lagi maaf banget karena gue gag bisa nyeritain tragedy pas lagi tanjakan bis gue ga kuat buat jalan tanjakan trus akhirnya merosot turun, lucunya pas bis merosot si desta langsung terjun, dan pas dia nginjek tanah dia langsung jatuh, seolah alam tidak menerimanya. wkwkwkwkwk
Saat perjalanan ke TKP LKMM Dasar ada sedikit “kecelakaan”, dan itu terjadi di bus gue. Akhirnya orang orang yg di bus gue pun berjalan kaki ke TKP, dan di perjalanan ke TKP gue mendapat “kecelakaan” lagi. Jadi anak anak pada beristirahat. Gue pun begitu. Gue duduk ama kira kira 4 orang. Nah di samping gue itu cewek. Gue lupa dia siapa. Tiba tiba itu cewek pingsan dan lebih anehnya lagi dia jatuhnya ke pelukan gue. Sekilas orang pasti liat kita lagi PELUKAN.
“APA INI? NGAPAIN INI ORANG? KOK MAEN PELUK AJA? GUE TAU GUE GANTENG.. TAPI GAG GINI JUGA KALI” batin gue dalem hati
“eh ada yang pingsan tu ada yang pingsan, ayo tolongin” kata seseorang
Akhirnya ada beberapa orang nolongin, dan anehnya lagi, mereka bukannya menggotong, justru malah memutar si cewek yang pingsan itu dan meluruskan kakinya. Dan kalo sekilas orang melihatnya sekarang jadi, GUE MELUK DIA DARI BELAKANG!!
Gue bener bener bingung. Bingung bener bener gue, bener bener bingung gue. Kalo gue lepas dia bakal jatoh, gag gue lepas batin gue murka, apalagi gue baru lulus jadi pementor 3 hari yang lalu.. gue Cuma bisa beristigfar..
Akhirnya itu cewek sadar, setelah dikasih bau bau an gitu.
..
Tengah malem kita ngelakuin outbond dan yang paling gue suka tu walking on the fire.. sebelumnya gue udah bertanya tanye tentang walking on the fire
“panas gag sih mbak?”
“Engga panas ko, seruuuuu!”
Setelah gue ngelakuin walking on the fire, emang bener gag panas..
Cuma melepuh..
Tapi walking on the fire ini memberikan gue inspirasi untuk menciptakan games outbond yang baru di masa depan, kayak
Sleep on the fire.. hampir sama kayak walking on the fire. Cuma disini kita akan lama lamaan dan nyenyak nyenyakan tidur diatas api..
 Walking on the sea.. jadi kita berjalan sepanjang 10 meter dia atas laut. Gag sakit ko. Paling Cuma tenggelam.
Flying in the sky.. kita seperti  burung. Jadi kita lompat dari suatu tebing dan mengepak ngepakkan tangan kita. Siapa yang bertahan 10 detik itulah juaranya.. gag sakit juga ko, paling jatuh ke bawah..
Dan jumping to the land.. hampir sama kayak flying in the sky, jadi kita ke tebing, terus melompat ke tanah. siapa yang dentuman nya paling keras dia yg menang.. diperlukan pengorbanan disini..

Hari kedua LKMMD ialah aksi. Bagian yang paling gue seneng nih. Bener bener rusuh,, ada yang gue suka saat aksi ini. Jadi pas lagi demonstrasi, ada dari kita yang bikin teater, jadi ada yang jadi anak terlantar gitu. Dan gue jadi orang penting. Jadi di teater gitu, si anak terlantar itu kayak mohon mohon, dan si orang penting itu justru berlaku jahannam ke dia. Tau gag siapa orang terlantar itu? dia itu WaPU gue di PH, Mbak aul.. wkwkwk.. jelas aja gue seneng. Jadi gue kayak nginjek2 dia, mukul2 dia, nyeret2 dia di depan umum.. hoho.. kapan lagi gue bisa berlaku gini ama WaPU gue? Wkwkwk *piss mbak*
Yang jelas aksi waktu itu bisa dibilang anarkis..
Semester baru udah tiba, itu tandanya para mahasiswa baru akan “hinggap” di FKM dan itu berarti kita sudah tidak menjadi “adik” lagi melainkan sudah menjadi “kakak”. Di semester baru ini, kegiatan gue bener bener menumpuk. Acara pertama itu ialah, study banding PH ke LPM Balairung UGM Yogya. Study banding nya sih kira kira Cuma 2 jam, Cuma main mainnya yang banyak, dari ke pantai pangandaran dan berlanjut ke molioboro. Di pantai pangandaran ada acara yg dinamakan PH Awards. Jadi kayak penghargaan gitu ke anak anak PH. Dari semua nominasi yang ada nama gue hampir ada di setiap nominasi. Kalo nominasi nya kayak, terganteng, tercool, terkeren, terpopuler dkk sih gag kenapa kenapa. Ini nama gue ampe masuk ke nominasi terkeibuan.. buset dah.. haha.. mimpi apa gue semalem.  Gue jadi mikir sefeminim apa sih gue ampe masuk nominasi itu.. untung aja gag ada nominasi, tergadisan atau terancam punah. Bisa bisa nama gue ada di situ juga.. anyway gue mendapat 1 award lohh.. yaitu, TERGALAU.. Entah gue mesti sedih apa senang..
Emang Beberapa hari yang lalu gue dicap mr. galau mulu. Ini bermula dari gw yang suka ngeledekin orang galau di twitter ama fb dengan masang status “Cuma jomblo……..”. niat awal gue tu buat ngeledekin orang galau dan menyadarkan mereka bahwa galau itu engga baik. Tapi emang tak ada gading yang tak retak dan tak ada jomblo yang tak resah yak, justru gue yang dianggep ngegalau. Ini kayak gue ngelempar boomerang, tapi sasarannya gag kena dan boomerang itu berbalik mengenai gue. Mungkin ini lah yang dinamakan musuh dalam selimut.. eh salah maksudanya senjata makan tuan..
Setelah hari gue mendapat award itu, hari hari gue seperi mimpi buruk. Di kelas, tiap ada yang berbau galau, temen2  gue pasti langsung nyorakin gue, dif b tiap gue update status pasti dikatain galau dan di twitter hampir semua mention yg masuk  ada kata galaunya. Trus ada yang bilang gue raja galau juga. Kalo gue lagi diem gue dibilang galau. Kalo gue hiperaktif dibilang galau juga. Gue bener bener  galau mau ngapain jadinya kalo begini.. saat itu lah gue menciptakan sebuah puisi..
ingin ku terbang saja
 Melompat lompat di awan senja
Tak peduli ku dibilang manja
Yang penting aku bersahaja
Tak pandai aku berkata kata
Juga menghapus suatu derita
Tapi ingin ku sedikit  bercerita
Kalo aku masih punya cinta
Terombang ambing aku di lautan
Terhempas ombak yang bertabrakan
Banyak air yang termakankan
Lalu aku pun mulai tersadarkan
Tolong.. tolong.. aku tenggelam.. #puisigagal
….
Setelah stuband ke UGM acara gue berlanjut di HAri JIlbab Sedunia dan Publik Speaking. Di HJS inilah yang menurut gue kepanitiaan tercapek. Jelas aja panitia di acara ini rata rata wanita dan cowoknya pun bisa di itung jari. Dan Alhamdulillah yaahhh, acara yang mengundang the ninih ini berjalan lancer dan sukses. Besoknya ada Publik Speaking, di acara ini gue gag begitu banyak bekerja, karena gue masih capek dari HJS kemarin, jadi gue mengkordinir staff2 gue aja yang bner bener bersemangat., sedangkan gue di luar duduk..  sama kayak HJS, acara ini sukses dan hebatnya lagi SURPLUS..

Acara berlanjut di GOM, gom kali ini kita bekerja sama dengan FPIK dan FH. Acara ini cukup semrawut, karena persiapannya agak kurang dan personilnya sedikit. Yah masalah klasik sih. Cuma dari acara GOM ini gue jadi punya kenalan dari fakultas lain..
Setelah GOM ada PJTD, LKMM Pra Dasar, TR2, TR1 buat maba dan TR3..




Di PJTD para calon anak PH diajarkan tentang dasar dasar jurnalistik, di LKMMPD kita menyiapkankader kader baru, Di TR2 gue mulai belajar tentang dakwah, dan TR1 untuk maba gue mulai mengerti akan satu hal, mungkin pas terakhir aja gue sebutin..
Di TR3 lah, mata hati pikiran dan telinga gue kebuka lebar lebar. Banyak ilmu yang gue dapet disini. TR3 ini bisa dibilang sebagai klimaks dari semua pelatihan pelatihan yang gue ikuti..
Kegiatan gue gag berhenti disitu aja, memasuki Desember, BSO Mentoring ngadain acara ujian Mentoring dan  Mentoring cup. gue juga jadi tim sukses calon ketua BEM yang alhamdulilah berhasil menang, trus gue pun ikut menyeleksi maba maba yang daftar di GAMAIS, khususnya BSO Mentoring, dan di agenda terakhir gamais yaitu Pemilihan Mas’ul periode 2012, gue jadi salah satu calonnya..



Dalam pemilihan mas’ul yang berlangsung secara dramatis dan teaterikal ini bener bener mengharukan. Disinilah pemandangan yang mungkin hanya kita bisa lihat satu kali seumur hidup.. hampir semua menitikkan air mata, ada yang menunduk, tersedu sedu, bahkan agak keras. Hampir semua menangis.. dari ketua BEM yang Lama dan Ketua BEM yang baru, dari Ketua RC yang Lama hingga ketua RC yang baru, Pimpinan Umum PH yang baru, ketua senat yang lama pun tak ketinggalan menangis jua.. para kadept yang lama dan kadept yang baru pun menangis, bahkan maba maba yang datang pun ikut menitikkan air mata.. gue sendiri pun mengangis..
Menangis..
Yaa menangis..
Mereka menangis karena cintaa.. karena cinta kepada keberlangsungan dakwah di kampus tercinta ini..
Memang.. bukan cantik lah yang membuat cinta.. tapi cinta lah yang membuat cantik..
Satu hal gue mengerti sekarang ialah, saat ini gue bukanlah orang yang dibimbing lagi.. inilah saatnya gue mulai membimbing adik adik gue yang baru.. saatnya membuka lembaran baru dalam kehidupan yang semakin lama bakal semakin seru ini.. dan nama zaman ini adalah.. new world..
Share:

No comments:

Post a Comment

Disable Adblock