Kepemimpinan dalam Sebuah Konsepsi (Part 1)



Beberapa hari yang lalu, Jawa Barat merayakan pesta demokrasi untuk menentukan Pemimpin baru selama 5 tahun kedepan. Ada yang unik di pesta demokrasi edisi kali ini, yaitu dengan diwarnainya calon calon pemimpin dari kalangan selebriti. Siapa yang menyangka si oneng yang dulu terkenal dengan “keonengannya” maju mencalonkan menjadi pemimpin. Siapa juga yang akan menyangka si actor laga  ingin terus menjadi pemimpin, dan siapa pun tak akan menyangka, actor favorit saya, sang nagabonar pun ingin menjadi pemimpin. Sebenarnya apa sih pemimpin itu? Kenapa banyak orang yang berburu jabatan pemimpin? Dan kenapa harus menjadi pemimpin?

Melihat fenomena diatas (saat ini), model kepemimpinan di Indonesia seringkali hanya mengandalkan pencitraan, kesantunan dan popularitas. Jauh sebelum pemilihan dilakukan, oknum oknum yang berkepentingan hampir selalu mencitrakan “orang-orang” nya ke publik, mempertontonkan kesantunan organisasinya di muka umum dan mengandalkan orang-orang populer (artis) untuk meraup banyak suara. Apakah hal diatas salah? Tentu saja tidak. Hal-hal tersebut adalah bagian dari strategi politik. Fenomena model kepemimpinan ini pun jadi berkembang dan menjamur karena akibat dari dampak sistemik suatu strategi politik yang kerap dilakukan oleh actor actor perpolitikan. Fenomena tersebut bukanlah merupakan suatu degradasi kepemimpinan, tapi fenomena ini mungkin lebih baik dikatakan sebagai warna dari suatu kepemimpinan..

Setiap pemimpin pasti punya tujuannya masing-masing. Seseorang tidak akan mau jadi pemimpin jika dia tidak punya tujuan apa-apa. Kalaupun memang seseorang pemimpin tersebut tidak punya tujuan, biasanya oknum yang mencalonkan pemimpin tersebut lah yang mempunyai tujuan. Oknum tersebut bisa berupa keluarganya, sahabatnya, organisasinya, sukunya ataupun negaranya. Kenapa untuk mencapai tujuan tersebut kita harus jadi pemimpin? Bukannya dengan jadi “rakyat biasa” juga bisa mencapai tujuan tersebut? Tentu saja jawabannya bisa. Tapi kalo dilogika-kan akan begini hasilnya, “kalo rakyat biasa saja bisa memenuhi tujuannya, berarti seorang pemimpin akan jauh lebih bisa, jauh lebih mudah dan jauh lebih cepat untuk memenuhinya, karena sederhananya Pemimpin adalah pemegang kekuasaan tertinggi di tempat yang dipimpinnya. Lalu saat konteks ini dikaitkan dengan pertanyaan, kenapa banyak orang berburu jabatan pemimpin, bisa kita simpulkan jawabannya adalah, agar tujuan orang atau oknum tersebut bisa tercapai dengan sukses. Intinya, kepemimpinan sangat berkaitan dengan suatu tujuan.

Kalau berbicara soal tujuan, sebagian besar pemimpin rata-rata mempunyai tujuan sebagai berikut. Pertama, revolusi atau perubahan, yang pasti (menurutnya) perubahan kearah yang lebih baik. Tujuan ini muncul akibat ketidakpuasan terhadap kepemimpinan sebelumnya. Tujuan inilah yang paling diminati calon calon pemimpin. Kedua, sustainability (keberlanjutan), Tujuan ini lebih mengedepankan kepada keberlanjutan, baik keberlanjutan dalam hal pemimpin, organisasi, system kepemimpinan ataupun program-program kepempimpinannya. Yang ketiga ada ekspedisi. Dalam tujuan ekspedisi, pemimpin lebih mengutamakan kepada bagaimana dia atau organisasinya menjadi “terpandang”.

Salah satu indicator dalam kepemimpinan adalah kemampuan untuk membuat mimpi menjadi kenyataan. Dikatakan sebagai kemampuan adalah karena kepemimpinan merupakan pembelajaran berkelanjutan. Tahap pertama dalam kepemimpinan adalah bagaiman ia bisa memimpin dirinya sendiri (self leadership). Setelah lulus pada tahap ini, maka ia akan dihadapkan ke tahap kedua yaitu bagaimana ia bisa mengabdi kepada masyarakatnya (society leadership) dan setelah lulus pada tahap ini dia akan kembali melanjutkan ke tahap terkahir, tahap yang sangat sukar untuk dilalui, yaitu tahapan dimana ia mengabdi kepada Tuhan (Spritual Leadership). Setiap pemimpin pasti akan menjalani ketiga tahapan diatas dan seringkali pemimpin pemimpin tersebut gagal melewatinya. Hanya orang-orang yang terus belajarlah yang mampu melewati ketiga tahap tersebut. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa, Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang mau belajar. Jadi bisa disimpulkan bahwa kepemimpinan adalah suatu pembelajaran.

To be continued..


Share:

7 Cewek FKM yang pernah digosipin ama gue



Hidup di FKM itu susah susah gampang.. gimana sih rasanya tinggal di suatu wilayah yang mayoritas wanita? Sejauh mata memandang kebanyakan wanita.. Ada yang bilang asik, ada yang bilang gag asik.. untuk yang jomblo pasti bahagia banget tuh.. dan untuk yang punya pasangan, perjuangan banget pastinya.. untuk yang playboy, semakin playboy lah iya.. dan untuk yang alim, semakin besar pahalanya haha .. dan untuk kalangan ikhpil nan single kayak gue.. nano nano deh rasanya wkwkwk.. yak kali ini gue pengen sedikit cerita tentang cewek cewek FKM yang pernah digosipin ama gue.. karena gue suka angka 7, jadi gue ceritan 7 cewek aja yak :D .. selamat membaca J

1.       Tika
Gue inget dulu pas semester satu, ini cewek yang suka bantuin gue. Baik dalam ngerjain tugas LKMMPD, tugas kuliah, nanya2 soal kuliah, maupun nanya nanya soal bahasa jawa. Intinya ini cewek sumber informasi gue haha. Gue gag tau gossip gue ama dia mulai nya dari mana, tapi kalo gag salah dari si marshal sih. Dan gara gara marshal, satu kelas pada ngira kalo gue suka ama tika haha. Sebenernya gue gag ada apa apa sih ama dia, Cuma karena dia emang orangnya baik banget banget (suka muji gambar gue juga) plus ramah dan murah senyum, makanya gue jadi deket ama dia. Yang pasti dia orangnya agak manja dan cantiknya gag wajar. Dulu kalo kita lagi jalannya bareng, biasanya dia megang samping tas gue atau baju gue, kalo orang liat dari depan pasti kayak gandengan haha. Kalo lagi ngobrol ama dia, gue sih biasanya ngomongnya dikit dikit, kayak salting dan malu gitu.. gue juga gag ngerti kenapa.. hmm aneh aneh aja yak haha




2.       Patria
Pat Pat Patria.. dulu gue suka manggil dia gitu.. biasa nama FB.. dulu Profil Picture FB nya itu adeknya, asli mirip banget ama dia.. emm gossip gue ama dia bermula dari gue yang nanya ke ellyta siapa nama si pat pat..  ellyta langsung heboh saat itu dan bilang dengan mantapnya.. “patria, kata ayip kamu cantik” .. gue langsung di ciee cieee in dan gue Cuma bisa bengong.. jadi beberapa hari sebelumnya itu, pas olahraga, gue ngobrol ama pat pat, Cuma waktu itu dia kenal gue, tapi gue gag kenal dia.. asli gue gag tau namanya siapa haha..  makanya gue Tanya deh ke ellyta yang kebetulan di kelas duduk di samping gue.. dan kayaknya gue nanya ke orang yang salah.. gossip gue ama pat pat ini pun ampe sekarang masih belum ilang ilang.. dibalik itu, gue sebenernya ama pat pat juga gag ada apa apa, gue ama dia emang deket, karena waktu itu gue deket ama risma, temen deketnya, terus juga di PH kita bareng2, makanya kita deket.. ampe sekarang sih..



3.       Ines
Gossip gue ama ines timbul gara gara matkul dasar promkes di semester 3.. asli.. jadi ada tugas matkul bikin media promosi gitu.. kelompok gue bikin film tentang seks bebas.. dan runyamnya gue ama ines jadi tokoh utamanya.. kita pacaran..  nah disinilah semua berawal.. pas syuting itu kita berdua diledekin terus.. di ciee ciieee in tiada hentinya.. gue yang waktu itu lagi perintisan menjadi seorang ikhpil mengalami perjuangan yang luara biasa.. tapi kerennya gue di film itu, gue sama sekali gag sentuhan ama ines maupun cewek cewek di kelompok gue dalam proses pembuatan film itu hahahah.. gossip gue ama dia semakin mateng kayak sekuteng, pas pemutaran film nya di kelas.. kelas gue jadi rame banget.. dan ciee ciieee menjadi kata yang paling diucapkan saat itu.. dan adegan yang paling controversial dan memicu gossip ini adalah adegan adegan terkahir.. ceritanya gini, jadi si ines lagi sedih karena masalah keluarga, terus gue bawa deh ke kosan, nah disitu gue bilang gini sambil nutup pintu kamar “yaudah kamu gag usah sedih lagi, ayolah kita lupakan sejenak malam ini” wkwkwk  .. abis film selesai, berkembang pesat lah gossip dan film gue itu haha



4.       Keke
Gue ama keke dulu sempet pernah digosipin.. tapi Cuma sebentar dan gag booming.. gue juga gag tau gossip darimana dan yang gosipin siapa.. tapi gossip gue ama dia ini lebih kearah kabar burung.. jadi waktu semester 1 dulu, keke suka tuh nyuruh gue duduk di samping dia.. dia pernah gue gambarin gambar dia yang kurus, eh dia seneng banget.. gue gag ngerti.. yahh cewek emang susah di mengerti yak.. diantar 6 cewek lainnya, gossip gue ama keke sih yang paling gag keliatan kayak gossip.. yaa karena emang kita gag pernah ngelakuin sesuatu yang bikin gossip..  gue ama keke emang deket, temen cerita dan temen belajar.. dia bilang kalo gue itu guru spiritual dia hahaha



5.       Santy Kusno
Gue ama kusno tuh sebenernya gag ada apa2.. jadi gossip gue ini gara gara si oos.. mulainya gini, jadi kita ini satu kelompok PBL.. nah kalian tau sendiri kan gue orangnya kayak gimana, slengeean, begajulan, nyebelin, ngeselin dan sebagainya.. di PBL gue suka ngelawak tuh.. dan si kusno orangnya itu rada rada perfeksionis gitu.. blek blek blek deh orangnya.. pas pembagian tugas rumah tangga, jadi tugasnya itu dirumah doing, jagain barang, masak, nyuci piring, bersihijn rumah, nyicil laporan, gue gag sengaja (atau disengaja) dapet pasangan si kusno.. alhasil 2 orang bersebrangan ini pun bersatu dan hasilnya.. kita debat mulu wkwkwk .. baik soal laporan, soal pembagian tugasa, pembagian job dll.. nah dari sini nih si oos memanfaatkan celah kita itu untuk menyembunyikan sesuatu di diri dia dan satu temen pbl kita.. jadi si oos kayaknya terlibat cinlok tuh ama si pigo.. nah untuk menyembunyikannya, si oos ngebesar besarin deh status gue ama kusno.. biar cinlok dia gag ketauan.. dahsyat kan si oos.. hahaha.. sebenernya gue ama kusno sih gag ada apa apa.. yang jelas kita hanyalah korban.. hahaha




6.       Jasmin
Walah walah.. ni gossip yang agak keterlaluan nih.. masa anak ama papinya di gosipin haha.. jasmine atau yang biasa dipanggil mimin ini anak gue di artho PH.. gue emang ama anak2 gue terkenal dengan kedekatannya.. deket kayak abang dan adek.. gue gag tau gossip gue ama dia ini darimana dan dari siapa.. tapi factor pemicunya sih udah pasti karena gue suka banggai banggain dia haha.. yeah gue ama dia gag ada apa apa sebenernya selain ade kakak, tapi dia emang salah satu ade kesayangan gue hehehe



7.       Balqis
Yang gosipin gue ama balqis pertama kali itu si keke.. jadi waktu itu kita lagi duduk sebelahan, nah si keke liat hape gue tuh yang di inbox paling atas ada sms dari balqis.. tapi bukan disitu awal mulanya.. beberapa hari setelah hari itu, jadi kalo gag salah gue lagi diledekin ama dosen soal cinta cinta gitu kalo gag salah, dan keke, pas itu nyebut nama balqis dengan suara nyaring.. alhasil gue di ciee ciee in deh.. dan dimulailah gossip gue ama balqis.. by the way anyway busway, gue ama balqis emang lagi deket sih waktu itu (sekarang juga sih).. dia temen smsan gue .. tapi sebenernya kita emang gag ada apa apa.. gue suka cerita ama balqis.. dan balqis juga suka cerita am ague.. dan itu ampe sekarang.. gue jadi inget dulu pas pethasan, kan dia sekretaris gue yak, awalnya sih kita ketemu buat ngomongin proposal, eh ternyata malah banyakan cerita ceritanya, ampe mbak sri mergokin waktu itu.. kalo gag ada mbak sri, pasti kita masih lama tuh cerita ceritanya.. ngomong ngomong, beberapa hari yang lalu gue juga abis ketemuan ama di lho, temanya sih diskusi soal organisasi, tapi kenyataannya, di 2 jam itu kita malah banyakan ceritanya hahaha






*NB: Nantikan 7 akhwat yang pernah digosipin ama gue :p
Share:

Sms dari Cucu cucu

Beberapa hari yang lalu iseng iseng gue sms semua cucu cucu gue di PH.. jadi cucu cucu di PH itu angkatan 2012.. dan di PH kira kira jumlahnya 30an orang.. sms nya singkat sih, cuma nanya gimana liburanny.. eh ternyata banyak yang bales dan balesannya lucu lucu..

by the way anyway busway, rata rata cucu cucu di PH ini belum gue kenal seutuhnya dan seluruhnya, gue masih belum tau wajah wajah mereka yang mana, jadi gue cuma taunya nama dan nomer hp mereka.. kebayangkan gimana lucunya, smsan ama orang yang gag tau wajahnya kayak gimana hahahah

mau tau kayak gimana balesan sms sms mereka, nih gue share sedikit..




ini sms dari rochmah, anak mading, gue belum tau orangnya yang mana, (maaf yaa nduk hihi)





Nah kalo ini dari prajna, anak buletin.. ni cucu tengah malem belum tidur.. sama kayak rochmah, gue juga belum tau orangnya ini yang mana hahaha maafin eyangmu ini yaa nduk..







Salestin ini anak buletin.. lagi lagi gue juga gag tau orangnya itu yang mana.. hihi maaf nduk..






ini Dayu, anak artho, kalo doi sih, gue udah tau orangnya yang mana, maklum artho domisioner haha






sama kayak dayu, gue juga udah tau dan kenala ama cucu yang satu ini, jadi doi ini sekbend 2, adenya si ratih heheh






Harusnya sih gue udah tau dia ini yang mana, tapi karena faktor daya ingat, gue lupa doi yang mana, soalnya gue masih belum bisa membedakan antara hana dan anggi di litbang.. hehe maaf nduk n.n







lagi lagi gue lupa ini orangnya yang mana, padahal dulu gue udah sempet tau, tapi yahh namanya juga eyang eyang,, hihi,, maaf nduk n.n .. ditunggu angpaonya :D'







hmm gue juga belum tau afina ini yang mana orangnya.. awalnya gue kira dia yang jadi model iklan oreo.. eh ternyata bukan.. (itu afikaaaaaaaa) maaf yaa nduk hehe







gue kira yang namanya rochmah di PH cuma satu, eh ternyata ada dua, dan gue baru tau itu.. hade hadeh.. yang ini rochmah anak majalah.. gue lupa yang mana orangnya hmm.. maaf nduk :p








nah dia annisa maulidea, anak nya si adi, disprohum.. katanya nilai nilainya bagus bagus lho heheh selamat ya dek, :D .. tapi masalahnya lagi lagi sama, gue belum tau anaknya yang mana :p hihi maaf nduk :)





 nah ini nih yang paling unik dari sekian sms sms dari cucu cucu.. sms dari neni anaknya diana buletin..
dia bales sms gue kayak gini awalnya..

 

busett, sejak kapan gue jadi mbak mbak? haha dan kayaknya gue nanya liburan deh, eh malah dibalesnya gag nyambung gitu.. akhirnya gue kasih tau kalo gue ini ayip.. cowok.. dan alhamdulillah dia bisa mengerti..
jadi neni ini lagi sibuk dan banyak pikiran gitu, gara gara dia bikin soal Try OUT buat SMA nya.. selamat berjuang dek :D



ini jawaban neni pas gue tanya ulang gimana liburannya hihi
lagi lagi, gue gag tau lagi si neni ini yang mana orangnya haha maaf yaa nduk :D

lucu lucu kan sms sms dari cucu cucu PH.. hehe

Share:

Disable Adblock