10 Bulan Lamanya



Dalam suatu peperangan, ada kalanya kamu menyerang, ada kalanya kamu bertahan, dan ada kalanya kamu hanya diam sama sekali. Bukan diam sekedar berpangku tangan, tapi menganalisis dan mengkonsep pola strategi berikutnya.

Sudah 10 bulan lamanya gue gak nulis-nulis lagi. Kalau diingat-ingat, terakhir kali gue nulis itu pas desember 2014, yang ironisnya tulisan gue tersebut justru dibukukan. Iya dibukukan. Padahal sepanjang gue kuliah gue sering banget nulis, nulis buat blog gue, buat notes fb gue, buat bulletin/majalah organisasi gue bahkan buat media massa nasional.

Sibuk. Itulah alasan klasik yang gue gunakan ketika gue vakum nulis begini. Dalam 24 jam hari gue, 12 jam gue gunakan buat kerja, 8 jam buat tidur dan 4 jam untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Kalo pas libur kerja pasti gue banyakan pergi main sama temen2 gue, mudik dan istirahat di rumah atau bersih-bersih kosan.

Beda emang. Kalau zaman-zaman kuliah, gue gampang banget dapet inspirasi, dari ruang lingkup kuliah yang emang bener-bener luas. Banyaknya orang-orang yang gue kenal pas kuliah pun juga membantu gue dalam menambah wawasan dan pengetahuan baru.

Nah, kalau zaman-zaman kerja begini, jujur deh, susah banget dapat inspirasi buat nulis. Buat dapetin materi tulisan aja otak gue kadang gak mampu. Pulang kerja, kalo gue dapet shift siang, bawaannya pasti capek dan pengen tidur. Kalo gue dapet shift pagi, nyampe kosan ya paling menjelang maghrib. Setelah maghrib ya paling makan dan nonton TV sampe tidur.

Selain faktor diri sendiri tersebut, faktor lingkungan juga turut mempengaruhi. Ya bisa dibilang dunia kerja itu gak seluas dunia kuliah. Orang-orangnya pun ga sebanyak anak-anak kuliah. Dunia kerja itu keras bro. kita dituntut untuk bener-bener berkontribusi maksimal dan berlaku professional. Batasan inilah yang kadang membuat gue sulit untuk keluar dari batasan tersebut. Maksudanya, keluar untuk mengambil hal kreatif yang ada di dalamnya.

Sebenernya, banyak materi yang bisa diambil dari kisah dunia kerja, akan tetapi gue masih ngerasa sulit untuk membuka keran tersebut.

Tapi, lagi-lagi kembali ke diri sendiri sih. Kalo memang niat, pasti ada jalan..

Karena hasil tidak akan mengkhianati prosesnya..

Vakum nulis selama 10 bulan begini pasti udah banyak hal yang gue lakuin dan harusnya udah bisa gue ceritain. Nah, berangkat dari hal tersebut, mulai sekarang gue udah mau nulis lagi nih. Karena materi-materi tulisan udah banyak. Mungkin tulisan gue selanjutnya bakal lebih banyak seriusnya. gue juga tertantang untuk bikin cerita serial lagi. Kayak Pejuang Skriptis. Semoga aja bisa deh ya.
Untuk media nya mungkin gue bakal lebih banyak naro di blog ini deh, soalnya facebook udah mulai ditinggal oleh penggunanya nih (termasuk gue). Yah harapannya semoga bisa cetar membahana lagi deh kayak dulu.

Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya.

PS: Saking jarangnya gue buka laptop, masak laptop gue sampe jadi sarang semut -__________-


Share:

No comments:

Post a Comment

Disable Adblock