(R16X01) NOSTALGI(L)A



Kalo udah masuk bulan puasa entah kenapa ingatan gue suka bernostalgia dengan sendirinya. Contoh. Kalo gue lagi shalat berjamaah, saat dimana sang imam lagi melantunkan bacaan-bacaan shalat, gue kadang bukannya khusyuk dengerin tapi malah keinget-keinget kejadian  memeroble yang pernah terjadi. Contoh pas gue lagi sholat taraweh semalem. Biasanya mesjid di rumah gue kalo taraweh-taraweh awal, bacaannya surat-suratnya pasti panjang panjang. Nah pas rakaat pertama dan kedua gue masih khusyuk dengerin. Pas rakaat ketiga gue mulai gak fokus. Setengah diri gue dengerin, tapi setengah diri gue yang lain entah kenapa berkeliaran kemana-mana. Pas rakaat keempat dan selanjutnya gue berkeliaran di ingatan gue sepenuhnya.

*nge-fly*

Nah pas udah mau rakaat-rakaat terakhir gue baru tersadarkan kembali. Diri gue yang ilang serasa balik lagi. Gue kembali jadi diri gue yang sebenernya. Gue pun kembali dengerin sang imam. Akan tetapi, pas lagi khusuk kayak gitu, gue malah kebingungan sendiri, dan bertanya-tanya dalam diri,

“ini udah rakaat keberapa yak?”

“pas orang-orang tadi sujud, gue ikutan sujud juga gak ya?”

“jangan-jangan gue tadi kelewat 1 rakaat lagi?”

“ini shalat isya, sholat taraweh apa witir sih?

“utang gue ke dia udah lunas apa belum ya”

“kira-kira sekarang doi lagi ngapain ya”

“……….”

…….

*minta ditimpuk*

Jujur aja, khusyuk dalam sholat itu emang susah banget. Ada aja godaannya. Tapi kalo bulan puasa gini emang godaan ada dimana-mana. Aneh ya. padahal katanya setan dikurung semua di bulan ini. Tapi kok malah makin menjadi jadi ya. Ya mungkin karena setan berwujud manusianya ga dikurung juga kali ya. makanya godaan masih merajalela. Contohnya tuh sederhana aja. Entah kenapa pas mau bulan puasa gini, gue kegoda untuk ngechat minta maaf sama mantan atau orang-orang yang dulu pernah tersakiti. Asem. Gile aja. Padahal kemaren-kemaren gue gak ada niat sama sekali bahkan udah lupa lho sama doi-doi. Tapi tiba-tiba sekarang malah keinget lagi.

Gue pun spik spik ngechat sekaligus minta maaf. Sekaligus modus. Sekaligus bikin gagal move on juga.

Anjay. Kampret.

Dasar Setan !

……..

Contoh nostalgia yang sering terjadi pas bulan puasa tuh kalo lagi siang-siang dan kondisinya panas. Gue suka keinget sama es teh. Iya es teh. Yang ada manis manisnya gitu. Gue suka kebayang dahsyatnya es teh es teh yang dulu pernah gue minum. Kadang suka nyesel sendiri kok waktu itu gue gak abisin es teh gue. Kok waktu itu kenapa gue gak pesen es teh nya dua aja. Atau kok gue gak bawa pulang es tehnya, terus gue simpen di rumah dan gue minum kalo lagi pengen.

*Anjir. Jadi pengen es teh*

Padahal kalo hari hari biasa, kayaknya tiap gue minum es teh ya rasanya begitu begitu aja. Biasa-biasa aja lah. Gak enak enak banget. Tapi entah kenapa pas bulan puasa, justru es teh adalah menu minuman impian yang most wanted banget. That’s so amazing. Its fantastic !

*langsung pesen es teh di warkop sebelah kantor*

……..

Semalem, gue keinget sama kejadian beberapa tahun yang lalu, saat gue Pengalaman Belajar Lapangan (PBL-1) di demak, di sebuah desa yang agak terpencil. Sebagai tamu yang baik, gue sering-sering berbaur dengan warga desa sana. Salah satunya di moment shalat taraweh. Iya kebetulan gue ngerasain lima hari puasa pertama di desa tersebut.

Begitu adzan isya, gue dateng ke mesjid. Pake baju koko-nya uje. Bersarung ala ala anak pesantren. Langsung menuju shaft pertama. Gue udah kayak putri Indonesia begitu masuk itu mesjid dan melakukan hal tersebut. Kenapa kayak putri Indonesia? Karena semua mata tertuju pada gue.

Gue cuek aja pas orang-orang pada ngeliatin gue. Gue juga sedikit penasaran sih. Tapi gue mencoba untuk positif thinking aja. Mungkin mereka kaget karena ada orang asing yang dateng ke mesjid mereka. Gue senyumin sebentar dan pura-pura komat kamit. Biar keliatan kayak lagi zikir.

Setelah sholat isya, akhirnya sholat taraweh dimulai.

Sang imam, yang notabene adalah pak lurah sendiri yang notabene lagi adalah kepala keluarga di rumah yang gue tempatin mulai membaca takbir dan diam sejenak. Lalu dalam satu tarikan napas dia mengucapkan,

“bismillahirahmanirrohimalhamdulillahirobbilaalaminarrohmanirrohimmalikiaumiddiniyakanakbuduwaiyakanastaimihdinassirotolmustaqimsirotollazinaanamtaalalahimgoirimagdubialaihimwaladdollliimmmmm…………………”

……..

GILA !

PARAH !

GILA PARAH !

Doi baca alfatihah cepet banget. Dalam satu napas. Gak nyampe 30 detik kayaknya. Gue baru baca “bis….” Dia udah “dolliiimmmmmm” aja.

Gue shock. Kaget. Jantungan. Demam. Sariawan dan susah buang air besar.

Tapi the nightmare gak Cuma sampe disitu kawan…

Belum selesai shock gue tadi, gue langsung di kasih shock lagi dalam itungan detik.

Setelah sang imam, mengucapkan “waladdholliiiimmmmm….”

Semua jamaah disana. Baik itu anak-anak maupun remaja. Baik itu bapak-bapak atau ibu-ibu. Baik itu aki aki apa nenek-nenek. Semuanya deh pokoknya.

Semua dari mereka berteriak dengan dahsyatnya, bener-bener teriak, gak tanggung-tanggung, membuat gue shock tiada tara, gak habis pikir dan segala macem perasaan yang teraduk aduk saking gak ngertinya..

Mereka berteriak,

“AAAAAAAMMMMMMMIIIIIIINNNNNNNNNNNNNNNN”

Membuat seisi mesjid, bahkan satu desa, bergemuruh karenanya..

…..

“What the hell?”

Ya..


Selamat datang di belahan Indonesia lainnya kawan !
Share:

Disable Adblock