“Bro, Makan yuk” (Bagian ke-2)



Akibat seringnya intensitas bersama si Elawati, gue jadi tau beberapa detail detail kecil kebiasaan dia. contohnya simpelnya itu yaa soal belanja. Dia punya jadwal sendiri untuk belanja kebutuhan sehari-harinya. Kalo gak salah tiap seminggu sekali. Waktu awal awal dia gapernah ngajakin gue, tapi akhir akhir ini justru dia sering minta temenin gue kesana kemari untuk berbelanja.

Pernah suatu kali pas abis makan, dia minta ditemenin ke supermarket buat belanja makanan mingguan di tempat favoritnya,supermarket bernama superindo.

Tentu aja gue nolak.

Dari dulu gue paling males belanja ke supermarket. Gak tau juga sih kenapa. Mungkin karena persepsi gue yang mengatakan kalo belanja di supermarket itu gak laki banget. Mungkin sih. Makanya pas si elawati ngajak gue ke superindo gue banyak berkilahnya.

“ih neng, beli di indomaret deket kosan kamu aja atuh, kan disana juga ada” kata gue

“kamu mah gak ngerti cewek yip” kata dia

Gue langsung diem

Pas udah sampe di parkiran lagi lagi gue berkilah

“aku tunggu di parkiran motor aja ya” pinta gue

“ih udah ikut aja ke dalem atuh, temenin aku geh” jawab dia

“nggak, aku disini aja neng” balas gue

“udah ikut aja” sambil narik narik

Gue liat ekspresinya langsung beda begitu masuk superindo. Ekspresinya kayak bahagia bener. Sambil celingak celinguk dia senyum senyum sendiri ngeliat papan harga bertuliskan, “PROMO”

“Harga disini tuh lebih murah dari indomaret yip. Promonya juga bagus bagus” kata dia sambil ngingat ngingat apa yang lagi dia butuhin.

Gue berdiri belakangnya . diem aja. Sambil megangin keranjang belanjanya.

Jujur aja. Itu pertama kalinya gue belanja di supermarket. Makanya rasanya aneh. Linglung. Tapi lucu juga sih. Waktu itu gue gak pernah mikir sama sekali, kalo beberapa bulan kemudian gue malah bekerja di supermarket ini.

Iya enggak ada yang tau, kalo nemenin si elawati belanja disini justru jadi kunci gue diterima kerja waktu gue ngelamar pekerjaan.

………

Detil kecil berikutnya yang gue tau, dia itu suka jogging.

Dia suka jogging sore sore. Biasanya di stadion undip. Dia suka ngajakin gue. Cuma karena sore hari, biasanya gue udah punya agenda sendiri, entah itu rapat, kumpul atau nyekripsi makanya gue jarang ikutan. Seinget gue, Cuma dua kali gue jogging bareng sama dia. Waktu pulang jogging biasanya pas maghrib. Abis itu itu mandi,sholat, baru deh nge bbm, “bro, makan yok”

Obrolan pertama kita pas dimotor ya pasti soal jogging itu. Dia cerita dengan bangganya kalo dia abis jogging muterin stadion 8 kali. Kadang 10 kali. Kadang kalo lagi males Cuma 6 kali.

Tanggepan gue ya paling, “kenapa gak sekalian 7 kali aja neng, biar kayak tawaf di mekkah”

Gue digebuk

Waktu itu dia pernah cerita dengan bangganya lagi. Kalo dia berhasil jogging 8 puteran tanpa berhenti sama sekali. Tanpa berhenti loh. Pokoknya pas makan waktu itu, tema obrolan kita tentang jogging dia deh. Dia keliatan seneng bener. Udeh kayak lebaran. Kayaknya dia punya rekor rekor pribadi yang harus dia pecahkan sendiri. Dan dia berhasil melakukannya hari itu.

Gue Cuma nanggepin, “jangan dipaksain, nanti sakit loh”

Dan bener besoknya dia sakit.

Gue ketawa ngakak begitu malem malem ke kosannya buat nganterin makan karena dia lagi gak enak badan.

“Kamu lebay banget deh” kata dia

………

Dia suka masak. Katanya sih. Katanya juga dia bisa bikin beberapa masakan. Kalo pagi menjelang siang katanya dia suka dapet ilham buat masak. Untuk makan siang dia. Biasanya dia suka pamerin ke gue kalo abis masak sesuatu. Apalagi kalo dia abis bereksperimen dengan masakan. Dia pasti suka pemerin banget. Apalagi lagi yah, kalo dia berhasil bikin masakan yang kata dia susah. Beehh pastinya deh sombongnya bukan main.

Gue jarang keluar sama dia pagi atau siang. Jadwal gue sama dia ya pasti malem. Soalnya, pagi sampe sore biasanya gue udah ada agenda harian tersendiri. Baik itu sama temen, dosen atau organisasi. Makanya, dia sering bilang, “kamu sih sibuk terus” ke gue.

Enggak sibuk sibuk juga sih sebenernya, toh hampir tiap malem juga ketemu sama dia. makanya kadang suka bingung sama “sibuk” yang dimaksudnya.

Pas gue malem ke kosannya, biasanya gue nagih tuh masakan masakan yang dia pamerin waktu siang tadi. Pengen gue cicipin. Tapi pasti selalu gak kebagian. Soalnya dia suka bagi-in masakannya ke anak-anak kosannya. Gue suka ngeledek dia dengan bilang, “masakannya keasinan yak makanya gak disisain buat aku”

Dia Cuma bilang, “masakannya enak dong makanya langsung abis”

..

Waktu itu gue pernah dimasakin sama dia. lupa gue apa. Rasanya ya lumayan sih. Sedeng sedeng aja sebenernya. Cuma biar gue gak digebok makanya gue bilang lumayan.

Sering juga abis nganterin dia pulang ke kosan, gue dikasih buah buahan hasil eksperimennya. Kadang jeruk, kadang salak, kadang papaya, kadang juga duku. Kadang juga kalo gue lagi bokek buah buahan dari dia gue jual lagi ke anak kos lain..

*dasar kampret*

………

Dia suka ngemil. Iya ngemil.

“ngemilikin hati aku selamanya ~* *eaaaa

Ngarep..

Dasar gombal..

Bener. Dia suka ngemil. Ngemil snack ringan gitu. Kayak kuping gajah, chiki, keripik. Pokoknya makanan makanan kayak gitu deh. Dia sering minta temenin gue buat beli snack ringan itu. Biasanya di daerah ngesrep. Tiap abis pulang makan. Gara gara sering nganterin dia kesana, gue jadi suka ngemil juga. Ikut-ikutan gitu deh. Kadang dia beli cemilan di superindo juga. Lucu juga sih. Snack ringan yang dulu sering dia beli, justru jadi bahan assesment ketika gue kerja di Superindo.

Waktu gue kerja di superindo, sebelum promosi jabatan, jadi ada tugas dulu. namanya assessment. Kita diminta untuk cari permasalahan dan temukan solusinya. Hampir hampir mirip skripsi. Nah topic yang gue ambil buat bahan assessment gue itu tentang snack ringan. Bagaimana menaikkan margin (profit) dengan pengoptimalisasikan penjualan snack ringan di store.

Back to topic

Dia suka ngemil malem malem. Katanya suka laper gitu kalo malem pas di kos. Gue suka ngeledek kebiasaan ngemil dia.

“kamu tiap sore jogging, buat diet, terus abis itu makan malem, abis itu ngemil lagi, terus besoknya kamu jogging lagi, makan malem lagi, ngemil lagi.. ya sampe coldplay bikin album religi di bulan puasa juga gak bakal kurus-kurus atuh neng” kata gue

*Gue langsung dicekek cekek*

Pernah waktu gue lagi nemenin dia belanja di superindo, waktu itu antrian kasir lagi panjang. Kalo lagi belanja disini biasanya gue Cuma megangin keranjang belanjanya aja. Pas udah mau bayar ke kasir biasanya gue tinggal dia. Gue tunggu langsung di depan kasir. Soalnya ngantri di kasir itu membosankan. Apalagi kalo antriannya panjang dan depan belakang kita emak emak. Duh. Ngeri coy. Gatau sih ngeri dimananya. Tapi ya ngeri aja rasanya.

Nah saat itu dia minta gue jangan kabur duluan. Pokoknya temenin dia sampe di kasir. Buseeett. Mendengar itu, Gue berkilah lagi

“ih banyak emak emak nih disini, gak enak neng” kata gue

“nggak, kamu disini aja” kata dia galak

“aku mau beli eskrim di depan” kata gue ngarang

“ntar aja di deket kosan aku, eh ada barang yang kelupaan nih. Kamu antri disini dulu ya, aku cari barangnya dulu” kata dia

Mampus gue.

Gue terjebak diantrian panjang kasir.dengan barang2 cewek di keranjang belanja gue !

Emak emak di sebelah gue yang baru masuk antrian bingung ngeliat keranjang belanja gue isinya softex, ponds, tissue, dan barang cewek lainnya.

“buat siapa nih mas?” kata emak emak

“oh ini buat saya jual lagi bu, kebetulan saya mahasiswa, buat danusan” kata gue ngarang bebas

“kirain buat dipake mas nya” kata emak emak itu sambil ketawa

Gue denger mbak mbak disebelahnya ikutan ketawa juga.

“hahahaha” gue ikutan ketawa juga sok akrab

“neng, cepetan. PING !!!” gue bbm doi langsung

“ah mas nya kayak ngerti aja kegunaan barang2nya?” ledek si emak emak

“iya bu, ini bagus, kan ada sayapnya” kata gue dengan polos

Emak emaknya makin ketawa aja. Si mbak mbak juga ketawa juga.

Gue gak ngerti kenapa gue bisa ngomong gitu. Korban iklan banget yak.

Untungnya abis itu giliran gue di kasir tiba. Jadi gue ga perlu ngadepin keisengan emak emak tadi lagi. gue bayar dan gue langsung diri ke depan menjauh dari kasir. Gue liat si elawati baru aja ngantri. 

Ternyata barang lupa yang dia katakana tadi ya snack snack ringan kesukaan dia.

Kalo lagi di motor sama dia, kaca spion kiri, suka gue puter agak keatas. Biar pas ngobrol di motor, gue bisa sambil ngeliat dia, via kaca spion. Nah pulang belanja, gue ceritain kisah emak emak tadi ke dia. Begitu gue ceritain, Doi langsung ketawa seneng banget. Udeh kayak lebaran haji. Lagi lagi dia nanggepin dengan ciri khasnya, “kamu lebay banget deh ceritainnya” sambil ketawa


Share:

No comments:

Post a Comment

Disable Adblock