Salah Kaprah



Minggu yang lalu, gue jogging di CFD-an sekitaran monas. Lagi lari lari kecil gitu gue ngeliat suatu gedung kantor milik kementerian yang namanya kementerian desa tertinggal. Ternyata Kita punya suatu kementerian yang namanya kementerian desa tertinggal. Iya desa tertinggal. Dari namanya aja udah ketahuan kalo ini kementerian fungsingnya ngurusin desa desa yang tertinggal. Cuma ya mbok piye carane kok kantornya malah di Jakarta? Di pusat kota ngono pula letaknya. Emang Jakarta apanya yang tertinggal po masseeee? Ada juga Pegawai pegawai disana tiap buka pintu atau nengok jendela juga isinya gedung gedung pencakar langit semuaa keleeessss. Gak ada tertinggal tertinggalnya..

Bagusnya kantor kantor kementerian macem gini kan ditaro di tempat yang seharusnya. Ya kayak di desa desa terpencil gitu. Yang akses masuk kesana aja harus ngelewatin pematang sawah yang jalannya isinya batu campur tanah. Yang tiap abis maghrib ada pemadaman listrik sehingga gelap-gelapan. Atau Yang mau ke indomaret aja harus berkendara sejauh 40 km.

Kan kalo kantornya di desa-desa kayak gitu lebih tepat sasaran dan lebih dapet feelnya gitu. Pegawai-pegawainya kalo buka jendela pasti bakal terenyuh ngelihat keadaan sekitarnya yang jalan aja belum diaspal. Rumah warga masih ada yang belantai tanah atauh bahkan ngeliat anak anak pergi sekolah tanpa sepatu, bukan karena emang dia seneng nyeker, tapi emang karena gak punya.

Pegawai-pegawainya juga bakal ngerasain tuh bagaimana kalo dia lembur dan pulang kerja malem-malem. Udah lingkungan sepi, jalanan gelap, gak ada GOJEK pula. Lengkap deh ya. ini baru yang namanya tertinggal.

Lah ini. Kantor Desa tertinggal letaknya di Jakarta. Ya salah kaprah.

Kan ini sama aja kayak, orang nebar jala/jaring ikan di sawah. Atau orang naro boneka orang-orangan sawah di lautan. Ya secara prinsip maupun tujuannya udah salah. Eman eman ndes.

Kejadian kejadian salah kaprah gini gak Cuma gue temuin di dunia nyata. Dunia maya atau social media juga baaaannnyaaakk ternyata kesalahkaprahannya.

Share:

Disable Adblock