Selangkah Menuju Impian



*Ramadhan 3*

Beberapa bulan yang lalu, gue pernah iseng-iseng buka facebook. Jadi di facebook sekarang ada fitur yang namanya “view memory”. Sesuai namanya, fitur ini bisa dibilang membuka kenangan-kenangan lama si empunya facebook.  Tiap orang pasti punya kenangan yang berbeda beda. Tapi ada satu kenangan yang hampir pasti semua orang memilikinya. Kalo gak percaya Coba cek kenangan-kenangan di facebook di bawah tahun 2010. Terus bandingin sama kenangan facebook temen lo. Isinya pasti sama.

Pasti deh Isinya alay semua njir.

Gilak.

Gue nyesel bener tiap ngelihat postingan-postingan gue sendiri pas di tahun 2009an. Alay abis. Nyesek. Parah. Sumpah dah. Saking keselnya tiap abis baca yang alay alay gitu biasanya langsung gue close aja. gue banting hape gue. Gue langsung ke balkon rumah terus teriak teriak.

“MAAFKAN DIRIKU YANG DULU TUHAAAAANNNNNN”

…..

Dalam beberapa kenangan yang gue lihat, ada aja yang bikin gue tertarik. Salah satunya kenangan tentang ini..



Iyaps. Tentang Blog nya PH.

Kalo yang gak tau itu apa, jadi itu adalah Web Organisasi gue zaman kuliah dulu namanya PH.

Gue jadi pengen sedikit bernostalgia.

Waktu gue masih mahasiswa baru ada operec (Open recruitment) untuk masuk ke sebuah Organisasi. Kalo zaman gue dulu sistemnya Cuma isi selebaran aja, yang disebar di kelas. Waktu itu sih awalnya gue gak tertarik untuk berorganisasi, makanya begitu ada selebaran-selebaran operec ngelewati meja gue, gue lewatin aja. Gue yang dari dulu hobi nulis yah sebenernya pengen masuk ke organisasi tulis menulis, salah satunya PH ini. Tapi berhubung gue gak mau repot, akhirnya gue tetep lewatin aja operecnya PH.

Di hari yang sama, setelah mata kuliah berakhir, sebelum pulang gue coba cek selebaran-selebaran operec itu. Ajegile. Banyak bener yang daftar. Hampir semua operec organisasi penuh semua. Diantara puluhan nama yang daftar itu, ada nama yang bikin gue tertarik. Dengan polosnya, gue tulis nama gue di selebaran operec organisasi-organisasi yang didaftar oleh si punya nama yang bikin gue tertarik tadi. Sama persis bray. Alasannya? Biar gue bisa kenal dengan dia. simpel banget yah.

Salah satu organisasi itu adalah PH.

Kalo gue mau keterima masuk PH, gue harus bikin web PH yang bagus. Itulah salah satu syarat yang diajukan oleh anggota PH kepada gue yang harus gue penuhi. Gampang coy. Gue sendiri waktu SMA pernah bikin website SMA gue, jadi kalo Cuma bikin gini-ginian sih menurut gue gak sulit. Dalam semalam akhirnya Blognya PH jadi. Begitu gue tunjukan kepada anggota PH tadi, akhirnya gue diterima.

Sebuah blog /website tanpa adanya konten di dalamnya itu ibarat risoles yang gak ada isinya. Hambar sob. Bikin seret juga. Begitu pula dengan nasib blog PH ini di tahun pertama. Udah tampilan gak bagus-bagus amat, eh gak ada isinya juga. Eh ralat. Ada isinya tapi Cuma sedikit. Makanya blog Ph di tahun pertama itu bagaikan kamar di sebuah rumah yang gak ada penghuninya.

Di tahun 2011, media online belum sebooming sekarang. Di tahun tersebut media online di Indonesia bisa dihitung jari deh. Bandingkan dengan sekarang. Ebuset dah. Banyak bener. Bejibun sob. Saking banyaknya, banyak oknum oknum yang memanfaatkannya. Media penyebar hoax contohnya. Begitu halnya dengan media online di level kampus, khususnya di ranah jurnalis atau pers. Gue gak yakin organisasi-organisasi pers kampus saat itu udah pada punya web apa belum. Soalnya sebagian besar masih mengandalkan media cetak sebagai produk unggulannya. Berkaca dari hal itu, gue pengen PH melalui web nya ini bisa menjadi media alternative ke depannya.


PH pun begitu. Internal organisasi belum ada rencana nyata untuk mengembangkan web PH nya ini. Memang faktor zaman juga sih masih belum pada melek digital. Waktu itu android belum muncul. Begitu pula dengan path, instagram dkk. Facebook dan twitter lah yang lagi di puncak kejayaannya. Pada saat itu di bidang digital, PH lebih mengedepankan pembuatan majalah digital.

Daripada ini anak (Web PH)  gak diurus, dan Cuma jadi pemanis belaka, tiap ada waktu luang gue coba sedikit memberikan perhatian kepadanya. Gue acak-acak tampilannya. Gue isi kontennya dengan tulisan gue sendiri. Kadang, gue gunain untuk mempromosikan sebuah acara dimana di dalamnya gue sebagai panitia. Gue juga minta tulisan anak-anak lain biar gue copy-paste ke web ini. Pikir gue saat itu, seenggaknya web ini ada isinya lah. Kalo pun gak ada berita, minimal ada informasi-informasi.

Bener-bener gak sesuai faedah kejurnalistikan yah.

Pada akhirnya dalam setahun, web PH Cuma punya berita tujuh (7) biji doang.

Aduh mama sayangeeee..

Tahun 2012, gue gak pengen nasib ini web sama kayak sebelumnya. Di rapat kerja tahunan organisasi, gue minta agar web ini dihidupkan kembali dan bener-bener difungsikan. Akhirnya disepakati, tiap anggota organisasi akan punya kewajiban untuk bikin tulisan di web ini. Tentu aja tulisan yang berfaedah kejurnalistikan.

Selama 2012 berlangsung, Gue banyak berkordinasi dan berkomunikasi dengan pimpinan-pimpinan PH. Mereka pun dengan seneng hati bikin tulisan disana. Gue juga sering langsung minta tolong ke anak-anak redaksi yang baru khususnya anak bulletin dan majalah untuk bikin semacam press release dari tiap acara kampus yang ada. Selain itu isu-isu kampus maupun public yang gak ke cover di bulletin dan majalah, banyak yang di tampung di web PH. Bisa dibilang, web PH mulai terlihat sebagai media online saat itu.

Sebagai admin nya web PH, gue mulai keteteran. Saat ngurus web PH gue bekerja multitasking. Ngurus tampilan iya, bikin berita juga iya, menyebarkan beritanya juga iya, bahkan terkadang gue jadi editor tulisan yang masuk juga. Di tahun 2012, PH juga lagi membangun sebuah proyek fotografi. Sebagai leadernya disana, gue harus terus konsentrasi ke proyek itu. Makanya, karena terbatasnya sumber daya, web PH belum bener-bener difokuskan lagi. memang sudah berjalan, tapi belum maksimal, karena masih banyak kekurangan disana sini yang mesti banget diperbaiki. Berkaca hal itu gue mulai puny aide untuk bikin divisi sendiri yang khusu untuk me manage web PH ini.

Tapi, secara keseluruhan, proyek web PH ini punya perkembangan yang lumayan bagus.

Selama tahun 2012, berita yang ditampilkan disana ada sekitar 28 berita. Naik 4 kali lipat dari tahun sebelumnya. Mantap jiwa.

Gue inget banget, Di akhir tahun itu, gue iseng bikin sebuah polling di web PH. Kayaknya waktu itu gue belum minta izin juga sama pimpinan organisasi buat bikin itu polling. Tapi emang dasarnya ue bandel, jadi tetep gue bikin pollingnya. Jadi, Polling nya berisi tentang  siapa yang pantas jadi Ketua BEM FKM di tahun 2013. Gak ada yang nyangka, ternyata pollingnya meledak. Banyak warga-warga FKM yang mengisi polling di web PH. Bahkan sempat jadi trending topic di kelas-kelas. Jujur aja gue seneng ngelihat hal ini. Web PH akhirnya mulai dilihat oleh public. Dari hal itu gue makin yakin kalo udah saatnya web PH berdiri sendiri.

Gue sharing sama Yuniva mengenai ide untuk bikin divisi web PH sendiri. Gue ceritain alasannya, fenomenanya, kebutuhannya, tujuannya, fungsinya dan banyak hal lainnya. Gue agak lama ngobrolin ini sama dia. Gue udah kayak agen MLM yang lagi nemu calon downline potensialnya. Makanya selama ngobrol itu gue bener-bener ngeyakinin yuniva. Biar dia setuju dengan ide web PH berdiri sendiri. At least, ternyata dia setuju. Mantap jiwa.

Dia namain subdivisi ini dengan nama cyber.

Langkah selanjutnya, biar subdiv ini kuat, gue punya pemikiran kalo orang-orang didalamnya harus punya passion di dunia blog. Blogger nama bekennya. Gak mesti semua, tapi seenggaknya ada satu orang yang bener-bener blogger. Soalnya seorang blogger, pasti udah biasa banget, ngedit-ngedit tampilan blognya, bikin tulisan di blognya dan mempunyai ide-ide kreatif buat blognya. Harapannya dengan adanya blogger di divisi ini, urusan dasar seperti tulis-menulis atau edit-edit tampilan, udah bisa dijalankan langsung. Gue sempat nyari-nyari blogger di kampus gue. Gue juga sering kepo-kepo sosial media anak-anak di kampus gue. Akhirnya gue nemu anak yang sesuai kriteria diatas.

Namanya, Ryani. Anak R-1 A 2011. Dia punya blog dan sering nulis di sana. Selain itu juga punya skill dalam desain-mendesain.

Pengennya sih gue temuin langsung anaknya. Terus gue ajak masuk PH. Tapi gue gak berani. Soalnya gue gak kenal sama dia. Ntar dikira modus atau SKSD lagi. Berhubung penerimaan anggota organisasi makin deket, akhirnya Gue chat dia di facebook. Cupu bener deh ya. hahaha. Gue tawarin dia masuk PH langsung. Gue jelasin tentang proyek PH cyber ini ke dia. Senengnya, ternyata dia tertarik dan mau bergabung.

Akhirnya di tahun 2013, ada subDivisi baru di PH yang khusus ngurusin web nya PH yang bernama SubDiv Cyber. Pengurus pertama subdivisi ini ialah, Rizki Amel sebagai leadernya, dengan Rino, Ryani dan Sarah sebagai anggotanya. Sama halnya dengan subdivisi yang lain, subdivisi ini punya program dan targetannya sendiri. Sampai saat ini pun web PH masih berjalan dengan berita yang di update hampir tiap hari. Ada banyak banget perubahannya kalo dibanding dengan pas gue yang ngurus dulu. perubahan yang bener-bener jauh lebih baik, lebih keren dan lebih greget.

Dan begitulah semua berjalan.

Setelah menceritakan kisah diatas, Gue jadi inget pidato wisudanya mark zukerberg sang pendiri facebook.  Dia ngomong gini pas wisuda,

“Bagaimana dengan mata kuliah pertama di Harvard? Mata kuliah pertama saya adalah Computer Science 121 yang dibawakan oleh Harry Lewis, dosen yang luar biasa. Saya datang terlambat sehingga memakai baju kaos terbalik. Saya tidak tahu kenapa orang-orang tak mau bicara kepada saya --- kecuali satu orang, KX Jin, yang menganggap hal yang terjadi pada saya itu biasa saja. Akhirnya kami bekerja bersama, dan sekarang ia mengerjakan sebuah bagian besar di Facebook. Demikianlah, para angkatan 2017, alasan mengapa anda mesti berlaku baik kepada orang lain”

Iyaps bener.

Berlaku baik lah kepada orang. Karena gak ada yang tau bakal gimana orang itu nanti kedepannya.  Sayangilah pacar-pacar anda sekarang. Soalnya gak ada yang tau, kalo nanti putus, dia bakal sukses besar, dan anda hanya akan menyesal sesesal-sesalnya.

Kalo yang jomblo dan gak punya pacar, cepatlah cari pacar, siapa tau calon pacar anda akan sesukses zuck atau temennya zuck.

Okehsip.

Gue kira udah saatnya gue akhiri tulisan gue ini, karena emang makin lama makin ngawur. Kalo dibaca baik-baik kayaknya gak ada hubungannya deh cerita gue dengan inti kutipan pidato zuck diatas -_-

www.ph-cyber.com

Share:

1 comment:

Disable Adblock