Komisi Perlindungan Mahasiswa Indonesia




Apa yang netizen katakan di komen catetan gue sebelumnya emang bener adanya. Nulis tulisan beginian entah kenapa bagi gue gampang dan nyaman banget. Beda 180 derajat sama nulis skripsi. Tiap nulis skripsi, buat mulai aja berat sob. Adaaa aja hal hal yang bisa ngerusakin mood atau bikin gagal fokus. Selain itu entah kenapa kadar kemalasan seakan melonjak drastis ketika mau ngerjain skripsi. Makanya kita harus bisa memaklumi  dan memahami orang-orang yang lagi nyekripsi, karena emang banyak banget godaannya. Setan setan seolah udah paham betul kalo mahasiswa nyekrip sangat rentan terhadap godaan-godaannya. Untuk mengusir setan-setan tersebut,  makanya banyak orang yang menggunakan motivasi tiap mau ngerjain skripsi. Bahkan terkadang kita harus menggunakan segenap pemaksaan pada diri sendiri. Biar ngerjain skripsinya bisa fokus sefokus fokusnya.

Pemaksaan-pemaksaan dalam berskripsi seringkali menimbulkan KDRT-DS (kekerasan dalam rumah tangga diri sendiri). Ada yang tdalam semalam Cuma tidur dua jam lah. Ada yang matanya minus gara-gara natap laptop terus. Ada yang sampe gak keluar rumah sampe dibilang un-sos. Bahkan ada yang sampe mutusin pacar gara-gara pengen focus ke skripsi.

Gokil.

Kamu emang terlalu baik buat aku.

Anjir.

Banyak temen gue yang menggunakan motivasi dalam ngerjain skripsi. alo yang udah punya pacar atau istri sih enak ya, selalu ada yang nyemangatin. Lah kalo kayak gue yang gak punya……. ahh gak usah disebut, pasti susah banget kan ngumpulin semangatnya.

Ada banyak orang menggunakan motivasi orang tua dalam ngerjain skripsi. Motivasi tersebut bisa dalam bentuk foto orang tua dipajang di kamar, dijadiin wallpaper leptop, dijadiin DP BBM ketika mau ngerjain (tapi begitu selesai langsung ganti DP), terus selain foto ada juga yang pake tulisan tulisan yang memotivasi, kayak gini

“Ayo lulus. Harus banggain papa mama”

“Semangat skripsi. Demi papa mama”

“Mama I love you. Papa I miss you. Skripsi I hate you !!! (loh ko malah gini)

“Wisuda Agustus !!! Lanjut kerja... Terus NIKAHIN DIAAAAAAAA !!!

Masih banyak kalimat-kalimat motivasi lainnya, pasti setiap pejuang skriptis memilikinya. Gue sendiri pun punya. Sebenernya kalimatnya simple, tapi menurut gue, banyak banget makna yang terkandung didalamnya. Gue dapet kalimat ini dari jalan raya ketika gue lagi jalan jalan sore. Begini kalimatnya..

“Utamakan keselamatan dalam berskripsi. INGAT !!! Keluarga anda menanti di rumah !!!”

Ajegileeeeee.. Saiikkkk.. keren amat deh yak. Kalo kalian tau, kalimat ini bahkan digunakan oleh pendiri Microsoft om bill gates ketika dia ngerjain skripsi dulu. Bisa liat efeknya? Dia jadi orang terkaya didunia sekarang.

Baydewayaniwayhuawei bukannya Om Bill Gates dulu keluar dari Harvard sebelum dia nyekripsi ya?

#okesip #abaikan

Kalimat motivasi inspirtif dan konspiratif itu punya berbagai makna yang sangat indah. Dalam berskripsi kita harus mengutamakan yang namanya keselamatan berskripsi. Baik itu keselamatan diri sendiri, keselamatan dosen pembimbing, dan keselamatan orang sekitar. Slogan “keep safety zero accident” harus kita upayakan dengan maksimal. Ketiga elemen tersebut harus kita jaga dengan sebaik-baiknya. Jangan sampe ketika proposal proposal kita gag di acc acc ama dosbing kita malah nyekek nyekek dosbing kita. Itu gak safety kawan. Jangan sampe ketika kita dapet revisian terus, saking frustasinya kita turun ke jalan trus tusuk-tusikin orang. Itu gag safety kawan. Dan jangan sampe ketika temen-temen kita udah pada sempro/semhas/lulus tapi kita masih di bab satu bab satu aja, saking keselnya kita bakar bakarin skripsi orang. Itu juga gak safety kawan…

 Ingat.. kita harus menjaga keselamatan kita dan orang-orang disekitar kita. Karena kejahatan datang bukan karena niat pelakunya saja, tapi juga karena KESEMPATAN… maka WISUDALAH WISUDALAH WISUDALAH !!!!

…….

Bung karno dalam orasinya pernah mengatakan. “Mahasiswa akhir dan skripsi ibarat dua sayap dari seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; jika patah satu daripada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali…”

Jika kita sebagai mahasiswa udah keren, ganteng, pinter, jago main bola terus ngerjain skripsi dengan sebaik-baiknya, maka akan sampailah kita jenjang kelulusan dan mengangkat toga. Akan tetapi jika kita sebagai mahasiswa udah keren, ganteng, pinter, jago main bola, tapi kita sering ngeyel sama dosen pembimbing maka terhambatlah kelulusan kita. Selalu ingat kawan, Mahasiswa cuma bisa berharap.. Dosen yang menentukan..

Oleh karena itu jika kita kesel sama dosen pembimbing karena 1-2 hari susah banget dihubungin apalagi ditemuin, maka bersabarlah…

Jika kita kesel sama dosen pembimbing karena satu – dua minggu masih susah dihubungin apalagi ditemuin, maka bersabarlah...

Jika kita kesel sama dosen pembimbing karena sebulan-dua bulan masih susah dihubungin apalagi ditemuin, maka tetap bersabarlah…

Dan Jika kita kesel sama dosen pembimbing karena setahun-dua tahun masih susah juga dihubungin apalagi ditemuin, maka… MENGAMUKLAHHHHH !!! MENGAMUKLAH SEBESAR-BESARNYA!!!! INGAT KELUARGA ANDA PASTI MENDUKUNGNYA DI RUMAHHHHHHH !!!!

…..

Santai santai… Selow…

…..

Kehidupan mahasiswa akhir itu banyak dinamika dan tinggi sensitifitasnya. Untuk mahasiswa tua, mahasiswa abadi, mahasiswa tingkat akhir pasti udah pada ngerasain bagaimana sedihnya ketika temen-temen sebaya kita, adek adek kita, junior kita, bahkan mahasiswa baru sekalipun banyak nanya ke kita soal bagaimana skripsi kita. kenapa mereka tidak pernah paham bahwa menanyakan skripsi ke mahasiswa tingkat akhir adalah haram hukumnya. sekali lagi HARAM !!! Bahkan lebih haram dari menanyakan IPK seorang mahasiswa.

Kita semua tau bahwa menyebutkan IPK adalah hal terlarang bagi mahasiswa. Tanyakan kepada setiap mahasiswa, mereka pasti akan mikir seribu kali ketika ada orang yang nanyain berapa IPK dia. Apalagi kalo ditanya didepan publik dan IPK nya dia kisaran 2 koma. Pasti dia lebih memilih pura-pura kesambet deh daripada menyebutkan berapa IPK dia.

Ada juga sebagian mahasiswa tingkat akhir yang menyebutkan bahwa nanyain skripsi ke dia sama aja ngomong jorok ke dia. Gue pun merasakan hal itu. Skripsi bener bener kata kata yang sungguh nista untuk diucapkan. Mendengar kata skripsi, udah kayak dengerin orang ngomong jorok. Serius deh.

Pernah gak ngalamin ada orang yang ngomong jorok ke elo? Kalo pernah, pasti rasanya kesel kan? Gak enak dengernya. Terus juga bikin emosi dan sakit hati. Ya itulah yang gue rasakan ketika ada yang nanyain skripsi. Piyeee perasaanmu ketika begitu banyak orang yang ngomong JOROK ke kita. Dan dia juniormu. Tiap ketemu pasti mereka ngomong jorok. Kita disapa dengan ngomong jorok. Tiap lagi ngobrol asik asik, tiba tiba dia ngomong jorok. Tiap lagi ngedate gitu sama gebetan tiba tiba gebetan kita ngomong jorok kita. Bahkan ketika kita cuma ngupdate status atau ngetweet doang, ada yang ngemention pake ngomong jorok juga. Gue tau maksud mereka baik. Mereka perhatian sama gue (cih), tapi adek adek, inget ya dulu kata mama papa waktu kecil. Lalo ngomong ama orang apalagi yang lebih tua gak boleh pake omongan jelek yaaa J

Dengar kawan… Sebagai mahasiswa yang dulu pernah ngospek mereka, Gue merasa gagal...

Selamat datang di dunia mahasiswa tingkat akhir kawan…

……

Melihat banyaknya ketidakperadilan yang sering terjadi pada mahasiswa tingkat akhir, seperti seringnya ditolaknya judul skripsi, seringnya ditolaknya proposal penelitian, seringnya dosbing yang menghilang seketika, seringnya kita dihina-hina, ketika gue udah wisuda nanti gue pengen bikin suatu lembaga independen yang menaungi masalah – masalah mahasiswa tingkat akhir tersebut. Lembaga ini agak mirip mirip sama KPK yang kerjaannya membrantas korupsi, terus juga mirip sama lembaganya kak seto, KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia), mirip juga sama Komnas Perempuan yang ngurusin cewek-cewek gitu. Lembaga yang pengen gue bikin ini bernama Komisi Perlindungan Mahasiswa Indonesia atau disingkat KPMI…

Kalo nanti ada mahasiswa yang terdeskriminasi, maka laporkan KPMI. Kalo ada mahasiswa yang telat lulusnya laporkan KPMI. Kalo ada mahasiswa yang susah skripsinya, laporkan KPMI. Kalo ada dosbing yang sengaja nelatin mahasiswanya lulus laporkan KPMI. Begitu juga dengan masalah-masalah mahasiswa lainnya, silakan laporkan langsung ke KPMI.

Dengan KPMI masa depan mahasiswa akan seindah bintang di angkasa…

KPMI pun memiliki visi misi yang jelas, yaitu melindungi segenap mahasiswa indonesia dan seluruh tumpah darah mahasiswa dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan mahasiswa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Maka disusunlah kemerdekaan mahasiswa Indonesia itu dalam suatu lembaga independen Komisi Perlindungan Mahasiswa Indonesia, yang terbentuk dalam suatu pemikiran mahasiswa tingkat akhir indonesia  yang berkedaulatan mahasiswa dengan berdasar kepada :
Ketuhanan Yang Maha Esa
Kemahasiswaan yang adil dan beradab, 
Persatuan mahasiswa Indonesia, dan kemahasiswaan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, 
serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh mahasiswa Indonesia…
HIDUP KPMI !!!!! HIDUP MAHASISWA !!!! HIDUP RAKYAT INDONESIAAAA !!!!! MERDEKAAAAAAAAAAAA !!!!

……….

Gue yakin darah kalian pasti bergelora saat ini juga..

Kalo kalian tertarik untuk bergabung bersama gue dalam pembentukan KPMI ini maka sebarkan kan tulisan ini ke 10 temen kamu. Jangan berhenti di kamu, nanti kamu bisa kena imbasnya. Selain itu tolong isiin aku pulsa di nomer ku. Ini aku pake nomer temen.  50ribu aja cukup. Jangan telepon dulu. Aku lagi di kantor polisi. Nemenin ibuku. (kok jadi mama minta pulsa yak -__-)

Oke kembali ke KPMI. Gue sangat terbuka kepada elo elo yang katanya agen perubahan, iron stock, dan social control untuk bergabung bersama gue dalam pembentukan KPMI ini.  Ngeliat prospek kedepannya yang sangat mulus ditambah gue yang pola pikirnya visioner ini, pasti lembaga ini bakal sukses kedepannya. Dan dengan bergabungnya elo elo di KPMI maka elo akan menentukan arah bangsa selama lima tahun ke depan. Jadilah pemilih yang cerdas. Agar pemimpin yang dihasilkan pun berkualitas. Oleh karena itu jangan golput. Ayo sukseskan pilkada serentak nanti !!!
(lagi lagi gagal fockus). Kok jadi kampanye yaa...

….

Santai santai.. Selow..

….

Kalo dipikir-pikir, hidup itu kayak bola dalam permainan sepak bola. Bukan karena bola adalah teman yak. Bukan bukan.. Itukan pendapatnya tsubasa. Kalo pendapat gue pribadi sih hidup itu kayak bola di pertandingan sepak bola. Selalu berputar dan kita gak akan pernah tau bola itu bakal berhenti dimana. Sama halnya kayak kehidupan mahasiswa tingkat akhir ini, selalu berputar. Kadang diatas, kadang dibawah. Kadang pasti kadang gak pasti, kadang beneran kadang di PHP-in, kadang semangat naik kadang semangat turun, kadang kita ngerasa deket banget dengan wisuda kadang kita juga ngerasa jauh banget dari wisuda. Yaa memang begitulah hidup. Bumi yang kita pijak saat ini pun terus berputar tiap waktunya. Hal ini menunjukan bahwa hidup itu harus selalu bergerak. Gak peduli gimana keadaan kita, baik itu senang, sedih, susah, gagal, sukses, sakit hati. Kita harus tetep maju. Harus tetep bergerak. Harus tetep berjuang. Gimanapun keadaan kita, life must go on. Karena kalo kita diam aja. Berarti kita mati. Gue masih inget dulu waktu SD nyokap gue sering banget nyuruh gue belajar biar lulus UAN dan dapetin smp favorit. Kejadian itu terus berlanjut ketika gue mau dapetin SMA dan Universitas yang gue pengen. Nyokap nyuruh belajar biar anaknya sukses.

Abis sekolah, kita kuliah. Abis kuliah, kita bakal nyari kerja. Abis dapet kerja  kita bakal kepikiran nikah. Kalo udah nikah, kita pasti pengen punya anak. Ketika kita udah punya anak, kita pasti pengen anak kita sukses. Kita pun bakal nyuruh mereka belajar. Terus anak kita akan melanjutkan estafet kehidupan kita dengan siklus yang hampir sama di kehidupannya. Siklus tersebut akan terus berulang-ulang.

Mungkin inti dari paragraph terakhir bakal gue jelasin dari kisah yang gue juga kurang tau ini sumbernya dari mana. Begini ceritanya….

Seorang pria bijak masuk ke dalam café menceritakan sebuah lelucon. Semua orang tertawa. Lalu pria itu mengulangi lagi leluconnya, kali ini hanya beberapa orang saja yang tertawa. Lima menit kemudian pria itu menceritakan lagi lelucon itu dan gak ada yang ketawa sama sekali.

Sambil tersenyum pria ini berkata, “Bila kamu gak bisa tertawa berulang-ulang pada lelucon yang sama, mengapa kamu menangis berulang-ulang pada masalah yang sama???”
Be Strong and STRONGER KAWAN !!!


To be continued..

Baca cerita sebelumnya disini


#Onedayonepost #ODOPbatch5 #Tantangan
#Day25

Share:

No comments:

Post a Comment

Disable Adblock