Tuesday, 13 February 2018

Potensi Pariwisata Indonesia




Indonesia merupakan negara kepulauan dengan keberagaman potensi alamnya yang membentang dari sabang sampai merauke. Keberagaman ini tercipta karena Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau yang setiap pulau nya memiliki kebudayaan maupun ciri khasnya masing-masing. Kita bisa melihat banyaknya suku maupun bahasa yang dimiliki Indonesia. Kita juga bisa melihat bahwa setiap pulau atau bahkan provinsi di Indonesia memiliki kekayaan alamnya tersendiri. Sebagai contoh, Yogyakarta yang terkenal dengan kota kesultanannya, Bali dengan kekayaan budaya dan pariwisatanya, Irian yang terkenal dengan “pabrik” emas nya, sampai Kalimantan yang banyak menjadi pusat tambang dan gas. Namun, diantara sekian banyak potensi Indonesia, sektor pariwisata Indonesia  masih tertinggal jauh dari negara-negara lain. Menurut Dewan Pariwisata Indonesia  (Depari), pariwisata Indonesia berada di peringkat 5 se Negara ASEAN.

Sektor pariwisata di Indonesia sebenarnya mempunyai potensi yang besar, namun sayangnya masih kurang mendapat dukungan dan perhatian yang serius dari pemerintah. Padahal Indonesia mempunyai banyak sekali tempat-tempat wisata dan tempat yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Akan tetapi semua karunia tersebut seakan menjadi mubazir melihat sedikitnya pariwisata yang “diurusi” oleh pemerintah. Selain itu, Pariwisata Indonesia masih terkendala oleh buruknya infrastruktur yang mendukung serta kurangnya sumber daya manusia yang profesional untuk pengembangannya.

Pemerintah sebenarnya telah mencanangkan visi baru untuk pariwisata Indonesia, yaitu menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata internasional dan berdaya saing tinggi. Hal ini memang bisa membuktikan keseriusan pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata, Akan tetapi visi tersebut masih belum komprehensif karena pariwisata yang dikembangkan justru pariwisata yang “itu itu saja” yaitu pariwisata yang telah memiliki brand di mancanegara, sedangkan tempat pariwisata lain masih belum mendapat keseriusan yang berarti.

Sepanjang tahun 2010-2012 sektor pariwisata Indonesia telah mengalami peningkatan laju pertumbuhan yang tinggi , bahkan melewati sektor sektor lainnya. Sehingga diharapkan sektor ini dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk mewujudkan hal tersebut tentu saja membutuhkan dukungan dan kinerja nyata dari semua pihak. Seperti pemerintah , dengan menerapkan regulasi tentang pariwisata,  masyarakat sebagai konsumen untuk senantiasa menjaga dan memeilihara tempat wisata serta pihak ketiga selaku penanggung jawab tempat wisata tersebut untuk terus memonitoring dan mengevaluasi demi pengembangannya.

Indonesia memang mempunyai keberagaman potensi negerinya, keberagaman tersebut bahkan bisa kita lihat melalui keberagaman pariwisata Indonesia yang Beragam dari pariwisata darat, udara dan laut serta bawah laut. Sebaiknya Indonesia mulai memulai era baru dalam pariwisata mengingat dampak ekonominya yang meningkatkan laju pertumbuhan. Tentu saja harus dimulai terlebih dahulu melalui perbaikan tempat pariwisata yang mulai menua atau rusak, pembuatan infrastruktur yang baik serta promosi pariwisata yang massive sehingga memancing wisatawan mancanegara maupun domestic untuk datang ke pariwisata Indonesia.

#Onedayonepost #ODOPbatch5
#Day23



EmoticonEmoticon