Punya Dua Nama




Walah udah hari senen lagi aja. Bingung. Kenapa diantara begitu banyak hari, hari minggu selalu cepet berlalu ya? Ya gak berasa tiba-tiba udah senen lagi aja.  Happy Monster Day Kawan... Hari dimana orang-orang pada males malesan masuk kerja dan sekolah, terus samnil mengumpat dalam hati, “senen lagi senen lagi”

Dasar hari senen !

…..

Banyak yang bilang kalo sebuah nama menceritakan sebuah cerita. Sebuah nama sebuah cerita. Contohnya mungkin kayak band peterpan sama noah yee. Meskipun dua band tersebut punya personil yang agak sama, tapi baik peterpan maupun noah punya kisah yang beda.

Nama juga terkadang doa yang diharapkan sang pemberi nama agar terjadi kepada kita. Dulu gue punya temen namanya, Muhammad Akbar Annas. Pasti orangtua nya pengen ni anak jadi orang besar dengan kepribadian seperti nabi Muhammad. Gue juga dulu pernah punya temen namanya, Rindu Cantika Mangunkusumo. Gue yakin orang tuanya pengen ini anak cantik, terus ngangenin juga. Mangunkusumo gue gak ngerti artinya apa soalnya itu bahasa jawa. Mungkin ada yang mau kasih tau?

Ada juga temen gue yang namanya tri sutrisno. Tri itu artinya anak ketiga, sutrisno itu artinya cinta yang baik. Mungkin doa yang terucapkan oleh orang tuanya itu pengen nantinya si anak ini punya kisah cinta yang baik-baik. Ada juga bapaknya temen gue yang namanya suparman. Nah kalo yang ini mungkin dulu berharap pengen jadi supermen kali ya. Cuma biar beda dan kekinian, dibikin beda deh seikit. Bukannya superman, tapi suparman. Mantaps.

Nah yang gue bingungin, gue pernah liat nama orang yang bernama Sukonto Legowo (jangan dibaca disambung). Ajegile. Nama ini penuh dengan berbagai makna di dalamnya. Gue jadi sering menerka-nerka doa apa yang disemat di dalam nama yang keren ini. Sungguh saya sangat amat penasaran !

Ada sekitar 7 milyar orang di bumi ini. Berarti ada sekitar 7 milyar nama yang masih eksis sampe sekarang. Seringkali kita nemuin nama nama yang sama. Se aneh apapun nama yang orang lain punya, pasti ada orang lain yang punya nama-nama yang mirip dengan nama tersebut. Di Indonesia sendiri banyak nama-nama yang jadi trendsetter tersendiri bagi orang-orang tua. nama-nama macam dwi/dewi, Muhammad/ahmad jadi nama yang cukup dominan ada di masyarakat. Bahasa gaulnya. Nama pasaran.

Gue sendiri punya nama pasaran. 25 tahun gue hidup, gue udeh nemuin puluhan orang yang namanya mirip ama gue. Ya nama mereka, Arief Setiawan. Nama asli gue sendiri sebenernya, Arief Satiawan Parinduri. Satiawan ya. bukan Setiawan. Apalagi sariawan. Satiawan itu nama kakek gue. Sedangkan Parinduri itu nama dari bokap. Nah, saking tipisnya perbedaan antara Satiawan dengan setiawan, banyak banget orang yang suka salah sama nama gue.

Waktu gue Sd, nama gue masih normal normal aja. Arief Satiawan Parinduri. Namun semua berubah, saat Negara api menyerang. Oke fix. Lupakan. Pas mau masuk kelas 6 SD, karena waktu itu ada pembukuan ulang kalo gak salah, jadi kita nginput lagi data diri kita. Gue sendiri kaget, begitu selesai itu pembukuan kok gue gak liat nama gue ada di absen. Kemana gue pergi? Si Arief Satiawan? Diantara semua murid Cuma nama gue doang yang gak ada. Justru gue malah nemuin nama baru disitu. Kayaknya sih dia anak baru. Yang gue bingungin kenapa nama dia mirip nama gue yak. Jadi namanya tuh Arief Setiawan. Akhirnya gue ngomong ke wali kelas gue.

Bu kenapa nama saya gak ada di absen?” Tanya gue

Loh ini nama kamu ada rip” kata guru gue

Tapi ini bukan nama saya bu” jawab gue

Kamu ini aneh-aneh aja. Masa lupa sama nama sendiri. Udah sana lanjut kerjain tugasnya”

Gue bingung. Gue galau. Sama nama gue sendiri. Seinget gue nama gue Arief Satiawan P. Tapi kok kata guru gue nama gue malah Arief Setiawan. Akhirnya daripada gue makin keder, gue percaya aja ama guru gue. Kalo nama gue Arief Setiawan.

Begitu hari ambil rapot tiba, nyokap gue marah-marah kenapa nama gue bisa berubah. “Nama kamu Arief Satiawan. Besok urus ya perubahan nama kamu. Soalnya kalo gak di ubah, di ijazah namanya bisa salah”.

Loh kata bu guru nama ku Arief Setiawan ma” kata gue

Kata siapa, nama kamu Arief Satiawan. Jangan suka ubah-ubah nama ya.” jawab nyokap

Kata bu guru ma

“Masa iya nama kamu berubah. Gak mungkin lah. Guru kamu salah itu”

“Oke ma”

……

Besoknya gue ngadep guru lagi. Gue bilang kalo nama gue Arief Satiawan. Tapi guru gue tetep keukeuh kalo nama gue Arief Setiawan.

Akhirnya di pengambilan rapot selanjutnya nama di rapot gue tetep gak berubah.

Tetep Arief Setiawan. Lucunya, nama itu juga tertera di Ijazah SD gue.

Huffftttt.

#Onedayonepost #ODOPbatch5
#Day36

Share:

3 comments:

  1. Hiii ... Kok saya malah ketawa ya bacanya? #Maaf.
    Emang bener sih, nama di Indonesia tuh banyak banget yang pasaran.
    Oh iya, jadi keinget, pas BW juga saya salah loh, harusnya ke blog ini, tapi saya malah mengunjungi blognya ariefsetiawan dan pedenya lagi kasih komentar pula :D #duhmalunya

    ReplyDelete
  2. Jadi, apa arti namaku menurutmu?

    ReplyDelete

Disable Adblock