Sederhana tapi Efektif Mengurangi Sampah



Aksi peduli terhadap bumi tidak harus dilakukan secara bersama-sama dan dalam skala yang besar, tapi bisa juga dimulai dari diri sendiri, dari hal kecil dan dari sekarang. Contohnya adalah pengurangan pemakaian plastik di kehidupan sehari-hari. Sampah plastik termasuk sampah anorganik yaitu, sampah yang tidak mudah membusuk. Sampah plastik bisa dihancurkan dengan cara dibakar, namun pembakaran sampah sendiri akan menghasilkan pencemaran udara. Aktivitas pengurangan pemakaian plastik bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Pertama, penggunaan tumblr (botol air minum) sebagai pengganti botol plastik air mineral. Botol plastik air mineral kini menjadi “gadget” baru di kehidupan sehari-hari. Lengket sekali dalam berbagai aktivitas manusia. Mulai dari berpergian, seminar, kulineran dan berolahraga. Banyak orang lebih memilih membeli air mineral kemasan dibanding dengan membawa sendiri. Alasannya simpel, mulai dari lebih praktis, ekonomis maupun efisien. Padahal ada banyak dampak negatif dari limbah air mineral tersebut. Botol kemasan air mineral merupakan produk sekali pakai, sehingga sangat banyak menghasilkan sampah ketika digunakan oleh orang dalam jumlah besar. Oleh karena itu, dengan memakai botol tumblr, maka sampah botol plastik air mineral dapat berkurang.

Cara kedua adalah penggunaan goodybag sebagai kantong plastik alternatif. Kantong plastik adalah barang yang selalu didapat ketika berbelanja. Bila dalam sehari rata-rata satu orang berbelanja tiga kali, maka dia akan menghasilkan sampah plastik sebanyak 3 buah, dan dalam setahun dia dapat menghasilkan kurang lebih 1000 buah sampah plastik. Penggunaan goodybag ketika berbelanja tentu saja akan efektif dalam mengurangi sampah plastik karena dapat dipakai berulang kali.

#Onedayonepost #ODOPbatch5 #1minggu1cerita #Berbagi

#Day20
Share:

1 comment:

  1. Tumbrl dan goodiebag juga sudah jadi kebiasaan saya bawa2, thanks for sharing👍👍

    ReplyDelete

Disable Adblock