Kisah si Ayam Potong Bagian Tiga Belas




Apr

“Kau sungguh tanpa kompromi” Kata Jan

“Habisnya, kau terlalu lama bermain main dengannya” Jawab ayam betina

“Lalu untuk apa bulu ekor itu?”

“Aku akan menunjukan pada Tor ketika ia sadar nanti”

“Kenapa tidak bawa sekalian aja mayat Ter kesana langsung. Itu jauh lebih mengerikan”

“Tidak, kita harus mengubur ayam itu. Bisa bisa ia menyebabkan penyakit gila”

“well, okay. Aku akan mengurusnya” jawab Jan

Jan berhenti. Ia berbalik arah untuk kembali ke tempat pertarungan tadi. Ia tersenyum kepada ayam betina tersebut. Kepada kekasihnya itu.

Apr. Itulah namanya. Meskipun betina, ia hebat dalam bertarung. Ia hebat dalam menyusun strategi. Dan ia juga hebat dalam pengintaian maupun jaringan informasi. Konon katanya, ia adalah ayam ayam pertama yang menghuni kavling C. Ya. Kavling C termasuk kavling baru disini. Sebelumnya pemilik hanya mempunyai Kavling A dan B. Tapi semenjak, peternakannya mulai dikenal oleh banyak orang, ia membuka lahan baru untuk lahan bisnis barunya. Bisinis ayam potong. Bisnis yang cukup menggiurkan di zaman itu. Saat ini jumlah ayam potong di kavl;ing C sudah mencapai 600 ekor ayam. Padahal ketika dulu Apr, memulainya, hanya ada 12 ekor ayam.

Dulu tidak ada yang namanya ayam potong. Ayam potong sebenernya adalah ayam dengan ras tertentu. Apr sendiri  adalah hasil persilangan antara ayam kampung dan ayam negeri. Ayam hasil Persilangan ini merupakan ayam terbaik untuk dikonsumsi manusia, dikarenakan tubuh yang gemuk dan daging yang lembut. Ayam silang ini sangat disukai manusia. Makanya ketika pemilik peternakan membuka bisnis baru ayam potong, dengan memakai ayam persilangan jenis ini, maka bisnis nya benar-benar berhasil dan cepat sekali membesar. Bisa dilihat sekarang, dua tahun semenjak pemilik merintis Kavling C, dari 12 ayam, kini sudah berkembang menjadi 600 ayam.

Apr merupakan salah satu ayam kesayangan pemilik. Itulah yang membuatnya selamat sampai sekarang. Ia adalah ayam yang sangat bagus dalam bertelur, mengeram dan merawat anak. Sekali bertelur ia bisa sampai 30 butir. Dan sekali mengeram ia bisa menetaskan semua telur-telur yang dieraminya. Paling hanya satu telur saja yang gagal. Ketika merawat anaknya, ia juga sangat sukses. Misal, ia menetaskan 10 ayam, maka 10 ayam tersebut pasti sehat-sehat dan panjang umur. Ia benar-benar ayam yang cerdas.

Bisa dibilang, ayam di kavling C adalah kerabatnya semua.


to be continued

#Onedayonepost #ODOPbatch5 #tantangan
#Day53
Share:

No comments:

Post a Comment

Disable Adblock