Memandang Lebih Luas Fungsi Pers Sebagai The Fourth Estate (Bagian Satu)



Oleh : Arief Satiawan, Yuniva Tri Lestari, Anindita Azzahra

Ringkasan:

Kedudukan pers tidak terbatas pada fungsi legislatif, eksekutif maupun yudikatif saja. Fungsi yang lebih utama selain media informasi dan hiburan, tentu harus mengedepankan fungsi kontrol sosial. Artinya bahwa pers, dalam bahasan ini persma (pers mahasiswa), memiliki kewajiban melakukan pengawasan yang seharusnya dijalankan. Tidak lagi memandang persma adalah anak yang selalu patuh pada orangtua, namun juga berani mengatakan tidak untuk hal yang memberi keberpihakan pada salah satu kepentingan pihak tertentu.

Menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan kebenaran tentu saja harus selalu mengingat nilai-nilai luhur negara yang terkandung dalam Pancasila. Dengan demikian, tidak ada lagi waktu untuk mencari alasan lain demi pemberitaan yang mengedepankan kebenaran. Pengawasan kepada pemerintah diserahkan sepenuhnya oleh pilar ke empat yang kita sebut media pers. Lalu pengawasan terhadap pers itu sendiri dilakukan oleh masyarakat sebagai segmentasi pasar atau badan hukum jika memang tidak mampu diselesaikan secara kekeluargaan. Eksekusi pengawasan terhadap pemerintah, dalam hal ini birokrasi kampus, dilakukan semata-mata demi seimbangnya tatanan demokrasi negara. Apalagi sebuah persma yang digawangi oleh kelompok mahasiswa memiliki kekuatan besar untuk mengatur jalannya pembangunan negara. Suara mahasiswa akan sangat didengar oleh telinga pemegang kekuasaan, tentu didukung pula oleh semangat muda yang menggelora.

Harapan yang diimpikan jika fungsi pengawasan berjalan baik adalah berupa terangkatnya kepentingan masyarakat melalui kebijakan yang diterapkan. Melalui peranan pers tersebut, maka pemberitaan yang disampaikan akan lebih berimbang, independen dan tentunya maksimal dalam kontrol sosial walau ada ancaman akan di”bredel”. Mental yang kuat terus dibutuhkan demi kokohnya komponen pilar ke empat ini.

Bersambung..

#Onedayonepost #ODOPbatch5 #tantangan

Share:

No comments:

Post a Comment

Disable Adblock