Memandang Lebih Luas Sektor Pertanian di Indonesia




Perekonomian Indonesia tergolong cukup stabil pada tahun 2017. Kondisi ini dapat dibilang sebagai sebuah “keajaiban” dimana saat ini dunia sedang mengalami fluktuasi perekonomian global. Tentu saja potensi untuk mempertahankan dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di tahun 2018 sangat besar, apalagi jika Indonesia mampu mengoptimalkan sektor pertanian yang telah lama menjadi ciri khas bangsa di kancah internasional sebagai negara agraris terbesar di dunia.

Potensi Indonesia di sektor pertanian tergolong tinggi karena Indonesia didukung iklim tropis dan sebagian besar penduduknya yang bermatapencaharian sebagai petani. Sejarah juga pernah mencatat bahwa Indoneia pernah mencapai swasembada pangan di zaman orde baru. Hal itu membuktikan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu sektor unggulan dalam struktur perekonomian bangsa.

Memajukan sektor pertanian di Indonesia bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan, melihat potensi besar yang dimilikinya. Peningkatan daya saing kualitas dan kuantitas komoditas pertanian merupakan hal pertama yang wajib dilakukan disamping ekspansi pasar yang massive dan komprehensif. Kedua tantangan tersebut merupakan “pekerjaan rumah” bangsa  Indonesia apabila ingin memajukan sector pertanian yang selama ini masih dipandang sebelah mata. Namun, jika melihat realita yang ada saat ini, Indonesia masih kalah dari Negara maju dalam hal kesejahteraan petani. di Negara maju, pemerintah sangat menjaga petani-petani mereka, bisa dilihat dari kebijakan pemerintahannya yang mendukung dan melindungi petani. Tentu saja hal tersebut berdampak pada kesejahteraan petani dan mendongkrak produktivitas kerja mereka. Kondisi ini agar berkebalikan di Indonesia. Akan tetapi dalam beberapa tahun terakhir, komitmen pemerintah dalam memajukan sektor pertanian sudah besar jika melihat kondisi alokasi dan relokasi dana APBN yang terbatas.

Sektor pertanian sebenarnya mampu mengatasi permasalahan bangsa seperti pengangguran, jika benar-benar dimamfaatkan secara optimal. Namun lagi-lagi kenyataannya saat ini, pertanian justru mengalami pemorosotan dan kalah bersaing dengan negara asing. Hal ini ditandai dengan menjamurnya produk-produk asing di Indonesia dan masyarakat yang lebih tertarik dengan produk asing dibandingkan dengan produk dalam negeri. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka produk nasional akan semakin tersisihkan dan mengakibatkan pengangguran, karena petani-petani mengalami kebangkrutan.

Pertanian sebagai potensi penting dalam struktur perekonomian bangsa diharapkan mampu menunjukan tajinya sebagai solusi pembangunan perekonomian bangsa. Orang bilang tanah Indonesia adalah tanah surga, karena apapun yang ditanam disana bisa tumbuh dengan subur. Oleh karena itu, Indonesia “hanya” tinggal merumuskan kebijakan yang tepat untuk petani, peningkatan kualitas dan kuantitas produk olahan pertanian yang mempunyai daya saing dan menciptakan brand agar  memudahkan ekspansi pasar yang luas. Namun, terlepas dari permasalahan-permasalahan  yang ada saat ini, Indonesia sebenarnya sudah menjadi surga dibidang pertanian.

#Onedayonepost #ODOPbatch5

Share:

No comments:

Post a Comment

Disable Adblock