[Review] Berpetualang di Pulau Harapan bersama ig.pulauharapan




Pertengahan bulan ini saya berkesempatan untuk berlibur ke pulau harapan bersama teman kantor. Berdasarkan pertimbangan yang ada, kami memilih untuk menggunakan open trip suatu tour agency dibandingkan dengan trip secara backpacker-an. Pertimbangan utama saat itu adalah banyak kemudahan yang di dapat jika menggunakan jasa tour agency. Kami tidak perlu lagi mencari homestay, menyewa kapal atau pusing dengan urusan perut karena semua hal tersebut sudah diatur oleh pihak tour agency. Selain itu, trip kali ini juga merupakan trip pertama kali nya kami ke Pulau Harapan, makanya dengan memakai tour agency tentu saja akan membantu kami dalam urusan logistik dan lain lain di tempat wisata kali ini.

Kami pun browsing kesana-kemari. Kami menemukan fakta bahwa banyak sekali tour agency yang mengadakan open trip ke pulau seribu, termasuk Pulau Harapan. Kami pun mulai menyeleksi satu persatu tour agency tersebut. Ada berbagai hal yang kami jadikan acuan untuk seleksi yaitu, harga, fasilitas, destinasi wisatanya, pelayanannya dan tentu saja harus trusted.

Setelah browsing di berbagai situs dan sosial media, akhirnya kami menemukan sebuah tour agency atau Local Trip Planner yang cocok dengan semua kriteria kami diatas. Local Trip Planner tersebut adalah ig.pulauharapan

Ig.pulauharapan merupakan sebuah Local Trip Planner yang khusus menerima trip wisata ke pulau harapan, kepulauan seribu. Mereka menerima orderan untuk trip kesana baik secara private trip maupun open trip di Pulau Harapan. Untuk private trip sendiri bisa dilakukan setiap hari, sedangkan open trip dilakukan setiap akhir pekan (weekend). Peserta open trip disini berjumlah 25 orang. Jika kamu ingin mendapatkan informasi tentang trip pulau harapan disini maupun ingin segera reservasi, kamu bisa menghubungi (WA) Mbak Diana di 087780378817. Selain itu kamu juga bisa menengok bagaimana keseruan trip disana di official Instagram mereka yaitu di ig.pulauharapan

Baiklah, mari kita bedah trip kali ini..

Harga
Ig.pulau harapan menawarkan harga 360ribu/pax nya untuk sekali open trip. Harga ini meliputi semua fasilitas yang ada dan tidak termasuk tip untuk guide. Harga ini merupakan harga rata-rata untuk open trip Pulau Harapan yang berkisar antara 350ribu – 400ribu. Jika mengecek di internet saat ini agak sulit menemukan harga trip yang berada di bawah 360ribu/pax nya, tapi jika diatas harga tersebut ada banyak sekali.  Makanya dengan fasilitas yang mirip-mirip dan tidak beda jauh, kenapa mengambil yang lebih mahal?
Oiya untuk tip buat guide di ig.pulauharapan tidak dipatok berapa angkanya.  Jadi dikembalikan lagi kepada para traveller ingin memberi berapa. Btw, guide di ig.pulau harapan orangnya asik banget loh. Dia penduduk asli Pulau Harapan.

Fasilitas
Dengan harga 360ribu/pax nya maka satu orang traveler akan mendapatkan fasilitas
1.         Tiket kapal (PP) Pelabuhan – Pulau Harapan
Kapal yang saya naiki waktu itu adalah Kapal Raja Mas. Kapal ini bisa memuat cukup banyak orang. Terdiri dari dek atas dan bawah. Di dek atas tidak ada tempat duduk, jadi jika ingin disana ya harus siap untuk duduk lesehan. Di dek bawah ini khusus untuk penumpang. Disediakan banyak kursi dan toilet. Ada juga kipas angin di berbagai sudut. Selain itu tiap kursi juga dibekali satu life jacket. Waktu perjalanan kapal ini jika naik dari Kali Adem Muara Angke adalah 3 jam.
2.         Asuransi Laut
3.         Homestasy AC + TV
Nah ini nih salah satu fasilitas yang wajib banget kamu perhatikan baik-baik. Homestay yang kami tempati waktu itu adalah sebuah rumah yang cukup besar dengan dua lantai. Lantai satu diperuntukan untuk penghuni rumah, lantai dua untuk homestay kami para peserta open trip. Ada 4 kamar tidur dan dua kamar mandi di homestay yang kami tempati. Ada tiga kamar yang dilengkapi AC dan ada satu yang memakai kipas angin. Di homestay tersebut juga ada dua ruang tengah. Satu untuk makan dan menonton TV dan satu lagi untuk sholat berjamaah. Selain itu ada pula beranda yang cukup luas di depan dan di belakang. Beranda di belakang difungsikan sebagai tempat jemuran maupun bersantai, karena langsung menghadap ke laut.
Untuk pembagian kamar, Satu kamar berisi 4 orang. Di tiap kamar dilengkapi oleh kasur yang besar dan 3 bantal. Homestay yang kami tempati berupa rumah penduduk. Jadi kesannya ya sama seperti rumah biasanya. Feel like home bro.
4.         Makan 3 kali (Siang, Malam dan Pagi)
Kami mendapatkan makan tiga kali, yaitu siang hari sesaat samapi di Pulau Harapan, malam hari dan Pagi di keeseokkan harinya. Untuk menunya sendiri cukup dan rasanya gak beda jauh dengan masakan di rumah. Enak kok. Siang hari menu makan kami adalah gulai ikan, malam harinya adalah semur ayam, dan sarapannya nasi uduk komplit. Untuk makanan saya kira sudah worth it. Karena baik rasa dan menunya sudah sesuai dengan yang selera kami.
5.         Air Mineral (Untuk di Homestay dan Jelajah Pulau)
Di homestay disediakan satu galon aqua beserta dispensernya. Jadi jangan khawatir untuk kekurangan air, karena untuk 2 hari, air sebanyak itu sudah cukup untuk kebutuhan 16 orang di homestay. Selain itu saat jelajah pulau, kami disediakan aqua gelas beberapa dus di kapal. Hal ini sangat membantu untuk mengurangi barang bawaan ketika jelajah pulau.
6.         BBQ
Selain makan malam, kami juga mendapatkan BBQ ikan bakar. Ikan nya besar-besar. Sepertinya ikan kakap merah yang kami santap waktu itu. Rasanya pun enak. Gurih gurih sedap gitu.
7.         Kapal Tradisional (2 hari)
Kapal tradisional ini digunakan ketika jelajah pulau di hari pertama dan hari kedua. Jadi untuk ke lokasi snorkling, lokasi pantai lain, dan lokasi sunset kami menggunakan kapal tradisional. Kapalnya mirip-mirip kapal yang ada di Ancol. Bermuatan sekitar 20 orang. Kapal ini sudah menggunakan mesin, dan geraknya juga cepat. Di kapal juga disediakan life jacket.
8.         Perlengkapan alat snorkeling
Perlengkapan yang kami dapat waktu itu adalah 1 set alat snorkling berupa Google dan selang pernapasan untuk di mulut serta Jaket Pelampung. Alat ini sudah bisa dikatakan standar untuk melakukan snorkling.
9.         Local Guide
Local guide yang menemani kami waktu itu bernama Ari dan kakaknya yang saya lupa namanya. Ari adalah penduduk asli pulau harapan. Ia menyukai snorkling dan laut sejak kecil. Pengetahuan dia tentang pulau-pulau disana pun sangat luas. Selain itu karakternya ramah dan bersahabat. Tipe-tipe orang yang mudah bergaul dengan siapa aja. Saya kira, guide di ig.pulauharapan adalah salah satu keunggulan yang mereka miliki.
10.     Camera Underwater
Tidak lengkap jika berwisata di laut tanpa adanya foto di bawah laut. Foto underwater dilakukan saat peserta melakukan snorkeling. Semua peserta open trip akan mendapatkan kesempatan berfoto masing-masing. Hasil fotonya cukup bagus dan begitu instagrammable banget. Bagi yang hobi foto underwater silakan puas-puasin foto disini, karena spot snorkeling yang ditawarkan ig.pulauharapan sangat indah sekali.
11.     CD hasil Dokumentasi
Hasil dokumentasi langsung dibagikan saat perjalanan pulang menuju Jakarta, Kami juga diberikan link google drive untuk kamu yang kepengen langsung mendapatkan fotonya
12.     Giant Floaties

Destinasi Wisata
Destinasi wisata yang ditawarkan tour agency ini ada banyak. Makanya selama open trip jadwal teman-teman akan begitu padat. Tapi tidak padat-padat banget kok. Selama open trip kami berhasil jelajah lima pulau yang ada di gugusan Pulau Harapan. Ah, kelima pulau tersebut benar-benar terbaik di bidangnya masing-masing. Mbak Diana benar-benar tau bagaimana menyenangkan peserta trip ini. Didukung oleh cuaca yang sangat cerah kami mengnjungi pulau-pulau terbaik di gugusan pulau harapan. Kelima pulau tersebut adalah
1. Snorkeling di perairan Pulau Macan
2. Main pasir dan air di Pulau Gosong. Pulau yang timbul jika cuaca sangat cerah saja.
3. Menikmati sunset yang menggelora di Pulau Bulat.
4. Menjelajahi kecantikan Pulau Sepa yang tiada tara, dan
5. Bermain ayunan ditemani pasir putih dan toscanya lautan di Pulau Perak
Kelimat pulau tersebut benar-benar luar biasa indahnya. Saya tidak menyangka kalau Jakarta punya tempat secantik ini. Mau tau bagaimana lebih lanjut tentang kelima pulau diatas, silakan baca tulisan saya disini : Finding Nemo di Gugusan Pulau Harapan

Pelayanan
Dalam bisnis jasa, pelayanan adalah harga mati yang harus dipenuhi. Banyak perusahaan bidang jasa yang bangkrut akibat ia tidak bisa memberikan service yang maksimal. Persaingan usaha dalam bidang jasa adalah menyoal tentang bagaimana kita memuaskan klien dengan service yang diberikan. Tentu saja, banyak sudut pandang yang mesti diperhatikan dalam memberikan service excellent. Tapi dua hal yang paling penting dalam service itu sendiri adalah kepercayaan dan integritas. Dan ya, dua hal itu ada di open trip bersama ig.pulauharapan. Apa yang mereka tawarkan dalam promosinya benar-benar dilakukan di lapangan, benar-benar diimplementasikan di lapangan dan benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Keramahan dan Kejelasan yang diberikan oleh Mbak Diana dan Mas Ari juga semakin membuktikan betapa kerennya trip bersama ig.pulauharapan. Semua hal ini lah yang meyakinkan saya bahwa trip bersama ig.pulauharapan adalah pengalaman terbaik saya dalam berwisata menggunakan tour agency.


Share:

3 comments:

Disable Adblock