Review Film A Quite Place




Film ini bercerita tentang sebuah kota yang dilanda kehancuran akibat adanya suara. Ya. Benar. Karena Suara. Jadi, jika ada seseorang (bisa juga hewan) mengeluarkan suara dengan volume normal apalagi keras, maka ia akan langsung diserang oleh suatu makhluk hingga terbunuh. Makhluk ini ada dimana-mana, jumlah nya banyak, gerakannya cepat, pendengarannya tajam  dan punya insting membunuh yang tinggi. Sehingga siapapun dan apapun yang bersuara maka bersiap-siaplah hancur dalam sekejap.

 Ada satu keluarga yang berhasil bertahan hidup dari invasi makhluk tersebut. Mereka adalah Lee (John Krasinki) seorang ayah yang heroik, Evelyn (Emily Blunt) ibu yang tidak kalah heroiknya yang saat ini sedang hamil tua, lalu ada Regan (Millicent Simmonds) anak pertama yang menderita bisu dan tuli dan Marcus (Noah Jupe) anak laki-laki penakut dan selalu ketakutan semenjak ia melihat adiknya, Beau (Cade Woodward) tewas ditangan Makhluk tersebut.

Film ini berfokus pada bagaimana Lee bertahan hidup dari teror dan serangan makhluk itu sedangkan ia punya istri yang sedang hamil tua, anak perempuan yang bisu dan tuli serta seorang anak penakut yang harus ia jaga.

Luar Biasa.

Itulah kata yang cocok untuk menggambarkan film ini secara keseluruhan.

Cerita yang original, casting yang hebat, skenario yang kuat, musik yang pas dan gerakan kamera yang tajam membuat film ini sangat direkomendasikan untuk ditonton. Film ini unik dan lain daripada yang lain. Gaya komunikasi nya saja sebagian besar dilakukan dengan bahaya isyarat. Suasana horor sudah begitu terasa sesaat film ini dimulai. Kita dibuat penasaran dengan apa sih yang sebenarnya terjadi dan makhluk apa itu sebenarnya. Selain itu, yang paling membuat saya takjub adalah, betapa sunyi nya film ini. Benar-benar sunyi. Kesunyian tersebut membuat kita seolah dihadapkan dengan kondisi yang sama seperti yang dialami oleh Lee dan keluarganya. Sehingga, membuat saya ikut terbawa suasana untuk tidak mengeluarkan suara atau bunyi apapun saat menonton. Kesunyian ini pun membuat kita waspada dengan suara-suara yang muncul. Membuat kita mendengar suara-suara sekecil apa pun itu, termasuk suara orang di bioskop itu sendiri. Makanya ketika kamu menonton film ini, jangan heran jika kamu merasa agak kesal dengan bunyi-bunyi yang dikeluarkan oleh orang-orang disekelilingmu, karena saking sunyinya film ini, kamu jadi bisa mendengar bunyi-bunyi yang biasa tidak kamu dengar ketika nonton film lain di bioskop, seperti suara penonton yang berbisik, bunyi handphone yang bergetar, bahkan bunyi penonton yang sedang mengunyah pop corn.

Dan kesunyian dalam film ini semakin membuatnya semakin mencekam.

Mantap.

Apa jadinya jika film yang sangat minim suara seperti ini mempunyai banyak adegan jumpscare? OOOSSIIIITTTTMEEENNNN ! Gila. Bener-bener gila.

Paramount Picture

Gue kurang merekomendasiin film ini buat penonton yang punya masalah dengan jantungnya. Soalnya sumpah, banyak banget adegan yang ngagetin. Adegan jumpscare di film ini mirip-mirip adegan jumpscare di film horor lainnya, sedikit suara dan muncul tiba-tiba. Bedanya, dari awal, film ini udah sunyi, orang-orang di bioskop pun ikutan sunyi, makanya begitu adegan jumpscare datang, beeuuhhh dijamin deh suaranya menggelegar banget. Bikin Jantungan. Efeknya, ya udah lemes langsung. Soalnya kesunyian film ini bikin kita takut untuk teriak juga.

Terakhir, film ini juga memberikan adegan-adegan heroik yang keren banget. Beneran deh. Bikin membekas di hati. Jarang banget film-film sekarang bisa punya adegan heroik sekeren ini. Adegan heroik ini dijamin bakal membuat kamu bersimpati. Membuat kamu pengen Lee dan Keluarganya selamat. Dan membuat kamu pengen bersuara, agar makhluk itu berhenti menyerang mereka...

Pada akhirnya, Lee (John Krasinki) yang juga pembuat film ini, berhasil membuat film yang hebat. Sangat hebat bahkan. John, dengan ide cerita nya yang cerdas ini, berhasil membuatnya menjadi mahakarya yang originil. Genre Thriller yang diusung dalam film ini pun tidak percuma dan sebatas nama saja, tapi memang pantas untuk menyandangnya. Film ini cerdas, film ini mencekam, dan film ini mengajarkan kita untuk tidak “banyak bicara” dalam hidup. Menonton A Quite Place membuat kita merasakan suasana mencekam dan teror yang mengerikan, tapi di sisi lain, kita juga tergerak untuk membantu Lee dan keluarganya dalam bertahan hidup. Sungguh sangat menginspirasi.

Tahun Rilis                                           : April 2018
Rating Rotten Tomatoes                      : 97%
Rating IMDb                                       : 8,4/10

#Onedayonepost #ODOPbatch5
Share:

14 comments:

Disable Adblock