Asyiknya Perjalanan Laut Naik Kapal Ferry




Setiap perjalanan biasanya memiliki kisahnya masing-masing, baik kisah soal tempatnya, soal orang-orangnya, maupun soal petualangannya. Kegemaran saya dalam melakukan perjalanan sudah diasah mulai kecil. Saya sudah diajak berkelana oleh keluarga atau teman sejawat mengunjungi tempat-tempat dan destinasi wisata yang ada di Indonesia. Dalam memenuhi hasrat traveling saya itu, semua cara perjalanan sudah pernah saya coba, baik dengan perjalanan darat, laut dan udara.

Kali ini, saya akan sedikit bernostalgia dengan beberapa perjalanan laut yang pernah saya lakukan. Seperti yang saya singgung di kalimat pertama
diatas, perjalanan laut yang pernah saya lalui, penuh dengan cerita-cerita yang membuat rindu untuk melakukannya lagi.  Sedikit cerita yang akan saya paparkan ini juga untuk membujuk teman-teman pembaca sekalian agar memulai mencoba melakukan perjalanan laut, karena banyak keseruan dan keasyikan di dalamnya serta gak kalah dari perjalanan darat dan udara.

Untuk sebagian orang, berpergian menggunakan kapal biasanya bukanlah sebuah pilihan pertama dan utama. Kapal laut bukanlah transportasi favorit kebanyakan orang. Banyak alasan klasik yang mendasarinya. Mulai dari lamanya perjalanan, adanya mabuk laut, dan kalahnya fasilitas kapal dengan fasilitas pada transportasi darat dan udara. Gambaran buruk yang selama ini orang bayangkan tersebut, cukup membuat kapal laut kurang begitu diminati dan dijadikan pilihan kesekian. Jangankan dijadikan pilihan, dipikirkanpun sepertinya tidak.



Saya disini bukanlah ingin mengajari ataupun menyuruh, tapi saya akan sedikit memberikan informasi-informasi yang sekiranya dapat membuat persepsi kamu mengenai kapal laut khususnya kapal ferry menjadi berubah dan mulai memikirkannya menjadi alternatif transportasi dalam berpergian. Ternyata asyiknya naik ferry itu ada banyak lho. Saya akan sedikit menceritakan pengalaman traveling saya menggunakan kapal ferry.

Oke check this out

1. Perjalanan Merak – Bakauheni (PP)
Perjalanan Merak-Bakauheni adalah perjalanan laut menyebarangi Selat Sunda, selat yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera. Saya sudah 5 kali melakukan perjalanan laut melintasi selat sunda ini dalam rangka ke kampung halaman nenek saya di Sumatera Utara.

Lama perjalanan adalah sekitar 3 jam. Jika kamu berangkat di momen mudik maka kamu akan merasakan banyak antrian kendaraan di pelabuhan dan banyaknya penumpang di kapal lautnya. Benar-benar suasana khas mudik.

Dok Pribadi


Melintasi selat sunda berarti kamu akan melintasi pulau-pulau kecil bagian dari anak Pulau Krakatau. Kamu juga bisa melihat siluet Pulau Jawa dan Sumatera di kejauhan dari atas kapal ferry ini. Jika kamu berangkat pada subuh atau sore hari, jangan lewatkan pemandangan sunrise dan sunset yang begitu merona. Sangat cantik dan begitu instagrammable buat difoto. Jika perjalananmu malam hari, maka kamu juga akan melihat cahaya lampu di tengah-tengah laut, dimana cahaya lampu itu adalah cahaya dari kapal nelayan yang sedang melaut.

Dok Pribadi


Kapal laut yang biasa saya gunakan ketika menyebrang selat sunda adalah kapal ferry milik ASDP Indonesia Ferry. Kelengkapan fasilitas di dalamnya menjadi acuan saya dalam memilih kapal ferry untuk transportasi laut. Sudah berbagai kapal yang penah saya naiki, salah satunya Kapal Portlink III yang dulu sempat ngehits itu. Salah satu keuntungan yang saya dapatkan adalah fasilitas tempat duduk kelas VIP dan eksekutifnya. Ya kelas tempat duduk ini sangat cocok buat kamu yang mudah mabuk laut, karena di fasilitas di dalamnya sangat nyaman dan ergonomis, sehingga dapat membuat mabuk lautmu berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Asyik kan?

2. Perjalanan Ketapang – Gilimanuk (PP)
Ketika melakukan perjalanan wisata ke Bali, saya menggukan Kapal Ferry milik ASDP Indonesia Ferry juga untuk menyebrangi Selat Bali. Waktu itu saya menjadi panitia dalam acara wisata Kuliah Kerja Lapangan kampus saya. Kami menggunakan Event Organizer (EO) untuk mempermudah keberjalanan acara kami. Berhubung perjalanan kali ini membawa ratusan orang dan mereka sudah membayar mahal, saya pun mewanti-wanti agar pihak EO memberikan pelayanan yang maksimal. Salah satu poin yang saya ajukan adalah dengan mengunakan Kapal Ferry milik ASDP Indonesia Ferry sebagai transportasi penyeberangan laut, karena saya sudah merasakan manfaatnya berulang kali. Dan ya, perjalanan laut kami waktu itu berjalan dengan optimal dan seru sekali.

Dok Pribadi


Perjalanan laut Ketapang-Gilimanuk berkisar satu jam. Cukup singkat. Apalagi sepanjang perjalanan kita seru-seruan bersama teman-teman. Bercengkrama, berfoto bersama dan bermain uno/domino. Pasti mengasyikan. Di dalam kapal ferry ada banyak spot bagus untuk berfoto atau sekedar selfie. Spot tersebut mulai dari geladak kapal, tempat duduk kapal, beranda kapal, dan pinggir kapal.

Dok Pribadi


Meskipun pemandangan di luar kapal hanyalah birunya lautan, namun banyak hal-hal yang enak dipandang di sepanjang perjalanan laut seperti, burung camar, kapal tanker, kapal logistik, perahu nelayan, dan ikan laut yang terkadang terlihat dari atas kapal. Hamparan angin yang berhembus semakin membuat perjalanan ini makin nikmat.

3. Perjalanan Jakarta – Pulau Seribu
Perjalanan ke pulau seribu menggunakan Kapal Ferry milik ASDP Indonesia Ferry baru saja saya lakukan di bulan April lalu. Waktu itu saya menghabiskan libur long weekend dengan backpacker ke Pulau Seribu. Sebelumnya saya tidak tau kalau ternyata ASDP Indonesia Ferry juga membuka rute ke Pulau Seribu, tapi setelah teman saya menginfokan dan saya lakukan validasi di internet ternyata memang benar. Tanpa pikir panjang saya pun mencobanya. Untuk tarifnya sendiri hampir sama dengan kapal-kapal yang biasa beroperasi di dermaga kali adem. Tapi tentu saja yang membedakan adalah fasilitasnya. Kapal Ferry-nya ASDP Indonesia Ferry jauh lebih lengkap dan nyaman.

Dok Pribadi


4. Fasilitas Kapal Ferry ASDP Indonesia Ferry
a.       Tempat duduk
Ada banyak pilihan kelas tempat duduk yang bisa teman-teman pilih. Kelas tempat duduk ini meliputi kelas ekonomi, eksekutif, VIP, dan lesehan.



b.      Kantin dan Mushola
Gak perlu khawatir dengan masalah perut saat berpergian dengan kapal ferry-nya ASDP Indonesia Ferry, karena di dalam kapal sudah disediakan kantin yang menjual makanan dan minuman. Selain itu untuk kamu yang ingin beribadah, disediakan juga mushola yang cukup untuk dipakai sholat berjamaah.



c.       Desain Interior
Kapal ferry ASDP memiliki desain interior yang elok dan indah. Terlihat jelas kesan modern di dalamnya.
d.      Jaket Pelampung
Untuk keselamatan kapal ferry ASDP menyediakan life jaket untuk setiap penumpang dan beberapa sekoci yang digunakan dalam keadaan darurat.
e.      Toilet
Toilet adalah salah satu indikator kenyamanan. Semakin bersih toilet, maka semakin nyaman juga berada di tempat tersebut. Dari beberapa kapal laut yang pernah saya naiki, kebersihan dan ketersediaan air di toilet kapal, selalu terjaga dan terawat.



Nah, itulah sedikit cerita perjalanan laut yang pernah saya lakukan. Apa yang saya tulis disana, hanyalah sebuah ringkasan perjalanan, belum semua saya ceritakan keseruannya secara detail. Mungkin lanjutannya akan saya paparkan satu-satu di postingan blog selanjutnya, selain itu untuk rencana ke depan, saya juga sudah memiliki plan liburan lain dengan melakukan perjalanan laut lagi lho.

Rencana perjalanan laut saya selanjutnya adalah, yaitu
:
1.       Liburan ke Lombok, dengan menggunakan kapal ferry via Surabaya
2.       Liburan ke Karimun Jawa via Jepara
3.       Mudik Jakarta-Semarang dengan kapal ferry

Kini, semua perencanaan liburan tersebut sudah tidak sulit lagi untuk mewujudkannya, karena ASDP Indonesia Ferry sudah memiliki website dengan berbagai fiturnya. Saya mulai memilih jadwal keberangkatan melalui website ASDP Indonesia 
Ferry.  Mencari Jadwal dan Ketersediaan Tiket kapal Ferry ASDP Indonesia melalui website ini menghemat waktu dan energi, karena bisa dilakukan melalui laptop atau android. Tinggal gerakkan jari-jari di website nya, maka kita sudah bisa memesan tiket kapal yang dibutuhkan.

Sama sekali tidak sulit gan.



Setelah pemilihan tiket via website ASDP, kita tak perlu khawatir dengan keabsahan tiket ini, karena memang tiket dikeluarkan langsung dari ASDP nya, bukan pihak ketiga, apalagi calo. Jadi harga yang nantinya kita bayar benar-benar 'jujur' tanpa ada biaya “aneh” lainnya.

Bagi teman-teman yang bingung dengan cara pembayaran tiketnya, bisa segera lihat cara-caranya di Cara Pembayaran Tiket

Sebagai tambahan, website ASDP Indonesia Ferry  ini tidak hanya dapat digunakan untuk reservasi tiket kapal laut lho, tapi sekaligus juga dapat digunakan untuk menggunakan jasa kepelabuhan ASDP dan jasa ASDP. Dan kerennya lagi, ada berbagai promo juga lhooo.

Terima kasih kepada ASDP Indonesia Ferry, karena telah memberikan saya transportasi pilihan dalam memenuhi hasrat traveling ku. Untuk para pembaca sekalian, buang jauh-jauh asumsi negatif tentang kapal ferry, segera coba transportasi laut untuk perjalanan wisata mu, nikmati segala sensasi terbaiknya !

Dok Pribadi


#AsyiknyaNaikFerry #KapalFerry #ASDPIndonesiaFerry #KapalLaut #PerjalananLaut

Share:

1 comment:

Disable Adblock