[Review] Film Jurassic World : Fallin Kingdom – Petualangan Menyelamatkan Dinosaurus

Sumber : Dan of Geek


Setelah sukses dengan film pertamanya, Jurassic World kembali menampilkan sekuel dari kisah para dinosaurus. Berlatar waktu tiga tahun setelah kejadian mengerikan di Taman Jurasic World, film ini menceritakan tentang Taman Jurrasic yang akan dilanda kehancuran akibat letusan gunung merapi yang ada disana. Kejadian semakin diperkeruh dengan kebijakan AS yang  menolak untuk menyelamatkan para dinosaurus disana. Hal ini tentu saja membuat Claire (Bryce Dallas Howard) pusing tujuh keliling, karena sebagai orang yang dulu pernah “mengasuh” para dinosaurus tersebut ia sangat ingin menyelamatkan hewan-hewan yang ada disana. Untunglah ada seorang kenalan lama yang tertarik untuk menyelamatkan hewan punah tersebut. Nah dari sinilah petualangan dimulai.

Secara garis besar plot cerita di film ini mirip-mirip dengan film pertamanya, yaitu berpetualang di kandang dinosaurus. Tidak ada suguhan yang berbeda. Tidak ada hal-hal baru. dan malah terkesan menjiplak film pertama. Jika di film pertama kita ditunjukkan seekor dinosaurus yang dikembangkan secara khusus sehingga memiliki kecerdasan dan ke”liar”an, maka di film kedua kita akan diperlihatkan hal yang sama pula. Jika di film pertama kita diperlihatkan bagaimana petualangan Owen (Chriss Patt) dan Claire dalam berinteraksi dengan dinosaurus, nah di film kedua pun kita melihat hal yang sama juga. Kesamaan-kesamaan ini membuat kita dapat menebak arah jalan cerita yang ada, termasuk endingnya. Saya yakin, jika kalian sudah menonton film pertamanya, kalian pasti bisa menebak kejadian menegangkan di penghujung film ini. Saya gak habis pikir, kenapa ending di film ini begitu mirip dengan ending film pertamanya. Apakah memang Jurasic World ini adalah film dokumenternya Raptor dan T-rex ya?

Tapi tenang saja, Fallin Kindom tidak melulu mirip dengan film pertamanya, ada beberapa perbedaan yang bisa dibilang malah menyelamatkan film ini dan membuatnya tetap seru. Perbedaan itu adalah ketegangan-ketegangan yang diciptakan oleh para dinosaurus. Ya menurut saya, ketegangan disini setingkat lebih tinggi dibanding film pertamanya. Benar-benar mirip jumpscare di film horror. Selain itu perbedaan kedua yang menurut saya sangat mencolok adalah Jika di film pertama kita disuguhkan pemandangan indah Taman Jurassic, nah di film kedua justru kita diperlihatkan bagaimana kehancuran taman ini. Yap, kemegahan-kemegahan yang ada di film pertama benar-benar sirna di film kedua. Percaya atau tidak, kehancuran ini entah kenapa membuat saya iba dan tidak rela dengan apa yang terjadi dengan Taman Jurassic. Sungguh emosional.

Selain bermain ketegangan dan kehancuran, Fallin Kingdom juga adalah film yang menyentuh. Ada beberapa scene yang sangat drama sekali. Saking dramanya, scene-scene ini benar-benar bikin perasaan campur aduk.

Sumber : Google

Sayangnya interaksi dengan dinosaurus di film kedua ini tidak sebanyak film pertamanya. Mungkin untuk kepentingan cerita kali ya, makanya pembuat film ini sengaja mengurangi interaksi dengan dan antar dinosaurus dan menambahkan interaksi antar manusia dengan manusia di dalam cerita. Padahal menurut saya, Jurasic world adalah film tentang dinosaurus. Harusnya peran dinosaurus disini diberikan peran yang lebih banyak lagi. Agak lucu juga, padahal di film disinggung soal pernyataan “semua orang pasti tertarik dengan dinosaurus” tapi film ini malah tidak sepenuhnya menampilkan kengerian dinosaurus. Malahan, lebih ngeri manusia-manusia nya dibanding dinosaurusnya.

Untuk cast di film ini saya kira bisa dikatakan lumayan. Claire masih dengan keimutannya, Owen masih dengan keberaniannya. Selain itu ada beberapa karakter tambahan yang saya kira cukup membuat film ini lebih hidup dan menyenangkan. Tak ketinggalan, Musik dalam film ini semakin membuat kita mendalami adegan demi adegan yang dtampilkan. Membuat kita terbawa suasana. Dan membuat kita jatuh sepenuhnya ke dalam petualangan menghadapi dinosaurus.

Jurasic World : The Fallin Kingdom mengingatkan saya dengan film-film jurasic park yang lama. Ada kesan nostalgia di dalam film ini. Petualangan dan ketegangan yang ada di film ini sangat menyenangkan, ya meskipun ada adegan-adegan yang mirip dengan film pertamanya. Menonton film ini benar-benar bisa menjadi sajian pelengkap untuk berbuka puasa, atau untuk mengisi waktu libur. Jika kalian punya anak kecil, keponakan yang masih kecil atau anak-anak, bawalah mereka untuk menonton film ini, karena film ini mampu membuat anak kecil yang menangis menjadi terdiam dan membuatnya tercengang dengan dinosaurus yang ada, sehingga siap-siaplah setelah menonton film ini mereka akan menuntut untuk dibelikannya mainan dinosaurus.

Skor : 7,5/10

#JurassicWorld #FallinKingdom #JurassicWorldFallinKingdom

Share:

1 comment:

  1. Penasaran

    Aku udah nonton film pertamanya...hikss

    ReplyDelete

Disable Adblock