A Place to Remember : Pelajaran Hidup yang Tidak Didapat di Bangku Perkuliahan




Sekitar 6 tahun yang lalu, sewaktu saya masih duduk di bangku kuliah, saya pernah mengikuti kuliah lapangan secara berkelompok selama satu bulan lamanya. Waktu itu kami ditempatkan di Desa Sitanggal, Brebes Jawa Tengah. Secara garis besar, kuliah lapangan ini berkisar tentang kesehatan masyarakat di pedesaan. Kami memiliki misi untuk mengidentifikasi masalah kesehatan di desa, kemudian memberikan solusi terbaik untuk permasalahan tersebut.

Masalahnya, masalah kesehatan di pedesaan ternyata begitu kompleks. Ada banyak persoalan kesehatan yang mesti dibenahi disana. Kami masih menemukan warga yang melakukan aktivitas MCK (mandi, cuci, kakus) di sungai, kami juga masih menemukan kasus ibu yang melahirkan di rumah tanpa didampingi petugas kesehatan, kami juga menerima masalah stunting pada anak-anak dan macam-macam persoalan lainnya. Tapi dari berbagai persoalan yang kami dapatkan, masalah tentang buta huruf adalah masalah yang menjadi prioritas utama kami.

Tidak bisa dipungkir lagi bahwa angka buta huruf di Indonesia masihlah ada dan berkisar di angka 2,07% pada tahun 2017 lalu. Kami masih menemukan kasus buta huruf di penduduk desa Sitanggal. Penduduk yang buta huruf kebanyakan di kalangan umur 45 tahun keatas. Waktu itu kami bertemu dengan Tokoh Masyarakat, Ibu Putri namanya, beliau mempunyai program berantas buta huruf dengan belajar membaca setiap seminggu dua kali. Selama ini beliau lah yang mengajak para warga yang buta huruf untuk belajar membaca bersama. Kami pun bergabung dengan beliau untuk menjadi pengajar di kelas mengajarnya.

Kelas Belajar Membaca

Hadirnya kami, para mahasiswa sebagai pengajar kelas membaca ini membuat warga menjadi antusias untuk datang. Bila biasanya dalam satu sesi warga yang hadir berkisar 15-20 orang, tapi semenjak kami bergabung, prosentase warga yang datang semakin banyak, bisa sampai dua kali lipatnya. Bahkan saking antusiasnya, kami juga sampai membuka sesi tambahan kelas membaca satu kali lagi, jadi dari yang seminggu dua kali menjadi seminggu tiga kali.

Jujur saja, melihat para orang tua dengan semangat belajar yang tinggi tersebut, saya sempat tertampar begitu melihatnya. Teringat diri saya sebelumnya yang masih sering malas-malasan dan membuang-buang waktu. Padahal disini ada banyak orang tua yang masih mau belajar, sedangkan ia sudah letih karena seharian bekerja di sawah. Ah benar benar menyentuh hati. Saya banyak memetik pelajaran hidup disana, pelajaran yang tidak pernah saya dapatkan di bangku perkuliahan dalam kelas.

Hal yang paling berkesan disana adalah saat saya melihat warga yang buta huruf akhirnya berhasil membaca. Saya sampai menitikkan air mata ketika melihat peristiwa itu. Benar-benar pengalaman yang tidak ada duanya.

Hamparan Sawah di Desa

Meskipun disibukkan dengan kuliah lapangan, namun kami juga menyempatkan diri untuk mengeksplore tempat-tempat wisata yang ada di sekitar desa kami. Kami sempat mengunjungi alun alun Brebes, Pantai Randusanga, dan Guci Indah. Tempat wisata di desa-desa ini sangat indah dan alami sekali.

Sayangnya, waktu itu kami tidak bisa mengabadikan dengan baik hal-hal yang kami lakukan dan temukan disana. Dulu smartphone belumlah secanggih dan sebanyak sekarang. Mahasiswa yang memiliki smartphone pun masih bisa dihitung jari. Saya sendiri sudah memiliki smartphone namun masih berbasis android ICS (4.0) dengan kamera 2 MP dan memori penyimpanan hanya 2GB. Makanya selama saya kuliah lapangan, semua foto atau video yang saya abadikan, masihlah foto/video dengan resolusi rendah dan tidak begitu banyak, karena memori ponsel yang sedikit.

Andai saja waktu itu saya memiliki smartphone idaman dengan resolusi kamera yang apik dan memori penyimpanan yang besar, tentu saja akan banyak momen-momen dan pemandangan disana yang bisa saya abadikan, seperti wajah-wajah orang tua yang berhasil membaca, keasrian hidup di pedesaan, hamparan sawah yang  indah, keramahan orang-orang desa dan apiknya tempat-tempat wisata disana.

Guci Indah

Tahun depan, saya berencana untuk mengunjungi Desa Sitanggal lagi. Selain untuk bersilaturahmi, saya juga ingin mengunjungi tempat wisata Guci Indah, sebuah curug (air terjun) dengan air panas di bawahnya. Ah tempat wisata ini sungguh sangat indah dan menyenangkan. Ada tiga persiapan yang sedang saya lakukan, yaitu pertama menghubungi kepala desa Sitanggal. Untungnya setiap tahun saya masih kontak dengan beliau sehingga tali persaudaraan masih tetap terjaga. Kedua, menyiapkan uang saku dan kebutuhan logistik lainnya selama berada disana. Dan ketiga, mencari smartphone idaman 2018 yang bisa memenuhi semua kebutuhan fotografi dan videografi saya selama disana.

Tentu saja saya tidak ingin kejadian seperti dulu terulang lagi. Saya pun sudah browsing di Internet untuk smartphone yang memenuhi kebutuhan saya tersebut, smartphone ini adalah Huawei Nova 3i.

Sumber : Huawei

Saya langsung jatuh cinta pada pandangan pertama begitu smartphone ini muncul dipasaran. Bisa dibilang smartphone ini adalah paket komplit, karena menyediakan semua fitur yang dibutuhkan orang-orang.  Mulai dari kamera yang mumpuni (Quad AI Camera), memori penyimpanan yang besar yakni 128GB, desainnya yang premium dan elegan serta kinerja ponselnya yang gesit dan cepat.

Lalu apa saja sih keunggulan dari Smartphone Idaman 2018 ini?

Desain
Smartphone Huawei Nova 3i memiliki desain body yang sangat ciamik. Huawei mengadopsi desain Huawei P20 ke dalam Smartphone Huawei Nova 3i ini. Dengan frame berbahan metal yang berlapiskan kaca membuat perangkat ini terlihat sangat premium. Ditunjang dengan warna perangkat yang memiliki gradasi warna tentu semakin membuat siapapun yang menggengam perangkat ini akan terlihat ekslusif. Apalagi ketebalan Smartphone Huawei Nova 3i hanya 7,6 mm. Pasti, siapapun akan terlihat kece bila memegang smartphone ini.

Smartphone Huawei Nova 3i memiliki build quality yang sangat solid. Terdapat beberapa varian warna yang bisa dipilih, yaitu iris purple dan hitam.

Sumber : www.nurulnoe.com


Display
Huawei Nova 3i memiliki layar lebar berukuran 6,3 insch dengan rasio 19:9 yang ditunjang sentuhan kekinian layar Fullview dan Notch di bagian atas.  Untuk ukuran dimensi nya adalah 157,6 mm x 75,2 m, dengan bobot sekitar 169 gram. Layar lebar ini sangat nyaman saat digunakan untuk ngegame, browsing dan nonton video karena Huawei Nova 3i memiliki resolusi full HD 1080p x 2340p dan layar berteknologi IPS (in-place switching) . Resolusi ini membuat gambar yang disajikan sangat jernih, tajam, cerah dan memiliki visitabilitas yang baik. Kepadatan pikselnya yaitu sekitar 409 ppi yang tentunya sudah lebih tinggi dibandingkan standar display.

Pada tampilan interfacenya, HuaweiNova 3i mengusung UI EMUI 8.1 yang berbasis android 8.1 oreo. Interface Smartphone Huawei Nova 3i ini memiliki banyak fitur pendukung dan memberikan berbagai fungsionalitas yang bisa dimanfaatkan pengguna.

Performa
Smartphone Huawei Nova 3i dibekali chipset Hisilicon Kirin 710, yang terdiri dari quad core Cortex A73 2,2Ghz dan Quad Core Cortex A53 1,7Ghz yang membuatnya berkinerja cepat dan gesit. Performa Smartphone Huawei Nova 3i menjadi semakin optimal karena ditunjang dengan RAM berkapasitas 4GB dan internal storagenya sebesar 128 GB. Besarnya ruang penyimpanan Smartphone Huawei Nova 3i ini tentu menjadi keunggulan tersendiri, karena pengguna tak perlu khawatir kehabisan media penyimpanan untuk data-data penting dan aplikasi.

Sumber : www.nurulnoe.com

Baterai Huawei Nova 3i berkapasitas cukup besar yakni 3340 mAh, dengan kapasitas tersebut, Smartphone Huawei Nova 3i bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama untuk aktivitas normal.

Kamera
Yang paling menarik dari Smartphone Huawei Nova 3i adalah fitur kameranya yang sungguh memanjakan penggunanya. Huawei Nova 3i  menyematkan 4 kamera dalam satu perangkat yaitu, dua di bagian belakang dan dua di bagian depan. Kamera utama Huawei Nova 3i dibekali dengan sensor 16MP + 2MP (Aperture 2.2) yang mampu menghasilkan gambar yang tajam dengan detail yang cukup baik. Untuk kamera depannya ditunjang dengan sensor 24MP + 2MP (Aperture 2.0) yang membuat smartphone ini masuk menjadi smartphone kategori selfie kamera.

Sumber : www.nurulnoe.com

Kerennya lagi, Smartphone Huawei Nova 3i juga mempunyai fitur Quad Artificial Intelegence (AI) Camera yang berfungsi memberikan opsi pada pengguna dalam aktivitas fotografi. Fitur AI Huawei Nova 3i  mampu membedakan lebih dari 500 skenario obyek foto kemudian memiliahnya ke dalam 22 tipe dan melakukan optimalisasi saat melakukan aktivitas fotografi.

Selain itu, ada juga fitur kamera lainnya seperti 3D Potrait Lighting, 3D Emoji, Light Painting dan Super Slow Mo.

Sumber : Huawei

Keamanan
Smartphone Huawei Nova 3i memiliki teknologi finger print yang terletak di belakang body ponsel. Fitur ini tentu sangat berguna untuk keamanan pengguna , apalgi bila di dalam smartphone terdapat data-data penting, sensitif dan data yang memerlukan perlindungan lebih.

Kesimpulan
Smartphone Huawei Nova 3i merupakan pilihan terbaik buat siapapun. Dengan segudang fitur diatas dan harga yang cocok dikantong, Huawei Nova 3i adalah juara di kategori smartphone termurah di kelasnya dengan storage 128GB. Oleh karena itu saya merekomendasikan buat kamu yang ingin memiliki smartphone dengan tampilan elegan, sangar buat bermain game dan ciamik dalam aktivitas fotografi, maka memilih Smartphone Huawei Nova3i adalah pilihan terbaik.

Saya benar-benar tertarik dengan Smartphone Huawei Nova 3i ini, karena fitur fitur yang ditawarkan sangat cocok dengan kebutuhan perjalanan saya nanti ke Desa Sitanggal dan Guci Indah. Saya masih menunggu hingga tabungan saya cukup untuk menukar smartphone lama saya dengan Smartphone Huawei Nova 3i ini, tapi Kalau dikasih, waaah tentu saya pasti mau banget !

#HuaweiNova3i_ID #ChooseTheBest #aplacetoremembergiveaway


Share:

6 comments:

  1. Waahh Mas-nya, update banget sih ttg smart phone. Baru tau lho huawei ga kalah canggih skrg dgn merk smart phone lainnya. Berkelas huawei nova 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mbaknya kalau lagi kepingin beli hp, boleh nih pake huawei nova 3i. Paket komplit deh mbak

      Delete
  2. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete
  3. mas Yip yiiippp ... Bikin cerita horor dooong 😅😅😅

    ReplyDelete
  4. Keren nih.... aku juga... #eh 🙊😁👍

    ReplyDelete
  5. Kamera penting pake bngt yaaa.. HP kaya gini leh ugaa.. xixi. Salam #1m1c :D

    ReplyDelete

Disable Adblock