Thursday, 24 January 2019

5 Alasan Kenapa Harus Bangga Menjadi Narablog, Nomor Satu Sampai Lima Sungguh Bikin Baper


Kompetisi Blog Nodi


Menjadi narablog di zaman digital maupun zaman dulu bagi saya sama saja. Sama-sama membanggakan. Bedanya, dizaman dulu mungkin pembaca belum sebanyak sekarang. Selain itu aktivitas ngeblog zaman dulu pun berbeda dengan zaman sekarang. Bila zaman dulu ngeblog mesti harus diwarnet (bagi yang tidak punya komputer/internet), zaman sekarang ngeblog bisa langsung dilakukan di dalam genggaman tangan. Tapi baik zaman dulu maupun zaman sekarang, esensi dari ngeblog itu sendiri tidaklah berubah. Makanya seorang narablog mestinya bangga dengan aktivitas ngeblognya. Orang bijak pernah berkata bahwa, menulis adalah menaklukkan diri sendiri. Ya, berkaca dari quotes ini, maka seorang narablog bisa dikatakan sebagai seorang pejuang tangguh yang menginspirasi. Karena ia sudah berkali-kali menaklukkan gunung tinggi yang sangat sulit untuk ditaklukkan manusia, yaitu gunung bernama keegoisan.

Ada banyak hal mengapa menjadi narablog sangat membanggakan. Kali ini saya akan menuliskannya lima saja. Karena lima hal inilah yang betul-betul membuat saya bangga menjadi seorang narablog. Lima hal itu antara lain :


1. Sharing Pengalaman
Bagi saya, blog adalah media untuk berbagi pengalaman yang pernah dialami maupun pengalaman yang dibutuhkan orang lain. Sharing adalah value yang paling diprioritaskan oleh blog. Bisa dibilang, esensi ngeblog adalah apa yang kita sharingkan kepada orang lain. Saya mulai mendapatkan esensi ngeblog ini di tahun 2018 kemarin. Hampir delapan (8) tahun lamanya, blog saya kebanyakan berisi tentang curhatan pribadi, kegalauan pribadi dan cerita harian yang mungkin bagi sebagian besar orang hanya berguna untuk bacaan ringan saja. Sampai pada suatu hari saya mengupload sebuah tulisan tentang pengalaman bekerja di suatu perusahaan. Alasan utama saya membuat tulisan tersebut adalah karena kekesalan akibat tidak adanya referensi yang bisa dipercaya mengenai job di perusahaan itu. Saya sendiri merupakan korban dari blog/website yang tidak bertangung jawab karena informasi-informasi yang dituliskan ternyata tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Bodohnya lagi, saya langsung percaya saja dengan tulisan-tulisan itu. Nah beranjak dari hal itu akhirnya saya membuat satu tulisan yang benar-benar sesuai dengan fakta di lapangan dan bisa dipercaya kebanarannya. Sebagai pelengkap informasi, saya tuliskan juga alamat ID line dan instagram saya, sebagai fasilitas untuk orang-orang yang masih ingin bertanya namun malu untuk menanyakannya di kolom komentar. Sehingga mereka bisa segera langsung menghubungi saya. Dan siapa sangka, hingga hari ini, artikel tersebut benar-benar sangat bermanfaat buat orang-orang, karena membuatnya menjadi postingan berkualitas, yang viewernya sangat banyak, masuk di page one google, dan banyak orang yang menghubungi saya untuk meminta pendapat, saran dan masukan.

Nah, sejak kejadian itu, akhirnya mulai tahun 2018 saya mulai banyak menuliskan tulisan tentang sharing-sharing pengalaman maupun review-review suatu produk atau jasa. Tentunya berdasarkan pengalaman langsung dari saya. Saya pun menuliskannya dengan berimbang. Berimbang dalam artian apa adanya. Tidak melebih-lebihkan atau mengurang-ngurangi. Sehingga baik narablog maupun pembacanya bisa sama-sama belajar.

2. Menambah penghasilan

Ada banyak hal di dunia blog yang bisa menjadi pundi-pundi uang buat kamu. Setiap bulan selalu ada lomba blog yang bisa kamu ikuti. Hadiahnya pun bermacam-macam. Bisa uang, produk, jasa ataupun pulsa. Selain itu, ada juga challenge-challenge seperti one day one post yang dicanangkan oleh beberapa narablog. Challenge-challenge seperti ini terkadang juga bisa mendapatkan hadiah. Selain penghasilan dari lomba-lomba, seorang narablog juga bisa memanfaatkan jasa-jasa pengiklan atau menjadi influencer. Salah satu jasa placement iklan yang paling prestisius di dunia blog adalah layanan google adsense. Kenapa saya sebut prestisius, ialah karena mendapatkan adsense sangatlah sulit. Ada banyak tahap-tahap sulit yang mesti dilewati. Tapi bila kamu serius untuk mendapatkannya, dan mau untuk terus belajar, maka lolos adsense bukanlah hal yang mustahil. Blog saya sendiri berhasil mendapatkan adsense di tahun 2018 lalu. Mau tahu berapa lama waktu saya untuk mendapatkannya? Ya, akhirnya saya mendapatkannya setelah berjuang hampir tujuh (7) tahun lamanya. Betul. 7 tahun kawan. Tapi, jangan khawatir dan langsung menyerah ya, karena ada banyak narablog diluar sana yang mampu mendapatkan adsense dalam kurun waktu yang sebentar saja. Itulah buah dari ketekunan yang dilakukan. Penghasilan dari adsense sendiri didapat dari jumlah klik pada iklan yang ditampilkan. Jadi bila blog kamu viewernya sudah banyak, atau kamu sudah konsisten dalam menulis di blog, maka silakan daftarkan adsense. Karena ada potensi besar buat kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan disana.

Salah satu hasil hobby ngeblog, yaitu artikel dimuat di koran

Selain adsense, seorang narablog bisa juga menjadi seorang influencer. Sesuai namanya, narablog tipe ini merupakan narablog yang khusus mengorbitkan konten atau tulisan orang lain (content placement). Memang ada syarat-syarat tertentu yang wajib dipenuhi dahulu sebelum narablog bisa menerima content placement ini, tapi hal itu gak susah kok. Bisa dipelajari.

3. Punya banyak teman

Menjadi narablog bisa menambah jejaring pertemananmu. Jaringan pertemanan ini bisa terbentuk secara langsung maupun tidak langsung. Seringkali jalinan terbentuk sendiri atas ketertarikan yang sama antara narablog dengan pembaca, antara narablog dengan narablog dan antara pembaca dengan pembaca. Contohnya pada blog yang berniche. Blog-blog yang sudah berniche, biasanya sudah punya sasaran pembacanya masing-masing. Misalnya blog parenting. Blog berniche parenting pasti disukai oleh kalangan ibu-ibu. Apalagi bila ibu-ibu itu mempunyai permasalahan parenting di kehidupannya dan membutuhkan pencerahan atau solusi untuk mengatasinya. Nah, begitu ia menemukan tulisan bertema parenting yang bisa menjawab permasalahannya atau sedikit mencerahkannya, maka ia bisa konsultasi disana. Dari kondisi inilah maka dapat tercipta jalinan persaudaraan yang baru.

4. Ladang Ibadah

Blog bisa menjadi ladang ibadah kamu juga lho. Tentu saja bila blog kamu berisi dengan tulisan-tulisan informatif, terpercaya dan faktual. Meskipun hanya berupa informasi, seringkali tulisan dengan tipe seperti ini sangat membantu orang-orang yang membutuhkan referensi akan informasi itu. Contohnya, ada seorang ibu yang suka menuliskan pengalamannya ketika mengurus anaknya. Di sisi lain ada juga seorang istri yang menuliskan tentang pengalaman persiapan menikahnya beserta review vendor-vendor yang digunakan ketika ia melangsungkan resepsi. Lalu ada juga seorang pria yang menuliskan pengalamannya dalam memelihara hewan ternak hingga sukses. Tulisan-tulisan model diatas pasti akan membantu orang-orang yang sedang berjibaku dengan hal yang sama. Buat seorang ibu muda, membaca pengalaman ibu diatas dalam mengurus anaknya tentu akan menjadi pengetahuan yang berharga.  Buat para calon pengantin, tulisan tentang persiapan pernikahan yang ditulis sang istri diatas tentu akan membantu sang calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahan terbaiknya. Dan, buat peternak pemula, membaca tulisan pria yang sukses beternak tentu akan meningkatkan wawasannya, sehingga prosentase ia menjadi sukses akan semakin besar.

Nah, Bila tulisan-tulisan diatas akan terus ada dan jumlahnya banyak, maka akan ada banyak orang yang membacanya. Orang-orang bisa terinspirasi dan tertolong karena nya. Bila sudah seperti itu, maka kamu bisa mendapatkan ladang ibadah yang besar tanpa kamu sadari.

5. Buat Kamu Makin Kreatif, Inovatif dan Inspiratif

Menjadi narablog tentu tidak bisa hanya berada di zona zaman saja. Menjadi narablog pasti akan terus membuatmu untuk berkarya dan berkarya. Dalam berkarya, untuk menjaga eksistensinya, maka diperlukan adanya inovasi-inovasi dan kreasi yang dilakukan. Contohnya seorang narablog yang sedang mengikuti lomba. Ia pasti akan berusaha semaksimal mungkin dalam membuat konten yang menarik, mempercantik tampilan blognya atau meningkatkan kualitas tulisannya. Tujuannya jelas. Agar bisa memenangkan lomba. Nah proses-proses inilah yang akan semakin menaikkan level kehidupan narablog tanpa ia sadari.

Narablog sudah pasti adalah orang yang kreatif, inovatif dan inspiratif. Tidak peduli meski ia narablog pemula ataupun narablog expert. Karena saat seorang narablog menerbitkan sebuah konten, pasti ia sudah berpikir keras dalam menciptakan konten yang dibuatnya itu. Hal inilah yang harusnya membuat seorang narablog bangga. Bangga karena ia bisa terus produktif dalam aktivitas yang kreatif, inovatif dan menginspirasi disepanjang waktu, selama ia ngeblog.


Nah gimana lima alasan diatas? Lima-limanya sungguh bikin baper kamu kan? Silakan tunggu artikel selanjutnya ya, karena saya akan bikin kamu lebih baper lagi. Di tahun 2019 ini saya punya beberapa resolusi untuk blog saya, salah satunya adalah membuat lomba blog. Betul. Saya akan membuat lomba blog berhadiah. Untuk konsepnya sendiri masih saya godok. Doakan saja agar konsep ini bisa segera selesai sehingga lomba blog bisa cepat-cepat diadakan. Selain itu saya juga punya resolusi lainnya, yaitu aktif dalam menyemarakkan pemilu 2019 nanti lewat ngeblog. Untuk resolusi ini akan saya mulai jalankan di bulan februari. Jadi saya akan buat rubrik khusus pemilu yang berisi tulisan tentang pemilu. Harapannya, rubrik pemilu saya nanti mampu mencerahkan publik mengenai persoalan seputar pemilu. Jadi, ditunggu saja ya.

15 komentar

Rubrik pemilu, jarang saya ketemu. Ditunggu karyanya mas

Ysng paling menggiurkan itu no 2. No 4 mah ngikut..

lope-lope deh sama mas satu ini wikwikwik.. cocok jadi penerus ketua selanjutnya :v

Suhu, tulisan anda supeeerrr! Semoga saya bisa menaklukan gunung yang tinggi dan terus mendaki gunung hingga ke puncaknya. Aamiin.

Boleh mbak, tentuin waktu aja

Mbak wid udah banyak nih kayaknya yang nomor dua nya ya

Wadaaww saya mendukung om wakhid dua periode nanti wkwk

Mbaknya lebih suhuuu. Ayuk cerita2 tentang lomba KAI kemarin

Semoga sukses ya, om..

salam,
https://alifmaulr.blogspot.com

Wah lama juga yah kak ngeblognya hehehe, bener2 bikin baper itu kelimanya kak :)

Belum terlalu lama kok kak hehe. Terimakasih kunjungannya


EmoticonEmoticon