Friday, 1 February 2019

Inilah Ciri-ciri Kehamilan Muda Yang Harus Anda Ketahui




Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kehamilan merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah petanda bahwa mereka akan segera dikaruniai seorang anak oleh Sang Pencipta. Tapi sayangnya, masih ada sebagian dari mereka yang belum tahu tentang ciri-ciri hamil muda. Nah, bagi siapa saja yang belum tahu tentang ciri ciri hamil muda, mari sama-sama kita simak saja langsung paparannya di bawah ini :

1. Anda Akan Sering Buang Air Kecil
Di trimester kehamilan pertama, maka akan ada peningkatan frekuensi air seni. Itu arinya, anda harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Lalu, apa yang menjadi peneyababnya? Menurut para dokter kandungan, hal itu dikarenakan janin yang tumbuh dalam rahim sedang menekan kantung kemih. Tak hanya itu, hal tersebut juga dikarenakan adanya peningkatan pada sirkulasi darah.

2. Perubahan Pada Bagian Payudara
Selain sering buang air kecil, anda juga akan mengalami perubahan pada bagian payudara. Ya, payudara anda akan terlihat semakin membesar, dan bagian putingnya juga membesar serta warnanya menggelap. Tak hanya itu saja, tekstur payudara anda akan lebih lembut yang disertai dengan rasa gatal. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan produksi hormone esterogen dan progesterone.

3. Morning Sickness (Mual dan Muntah-muntah)
Pada kenyataannya, memang tidak semua wanita hamil muda akan mengalami kondisi mual-mual alias sickness. Namun, kebanyakan wanita yang sedang hamil muda ini akan mengalami kondisi morning sickness. Lalu, apa yang menjadi pemicunya? Ya, hal itu dikarenakan adanya peningkatan hormon HGC (Human Chorionic Gonadotrophin) yang secara mendadak. Selain terjadi mual-mual dipagi hari, kondisi morning sickness ini juga akan muncul di siang dan malam hari. Namun setelah memasuki trimester kehamilan kedua, maka anda akan terbebas dari kondisi morning sickness tersebut.  

4. Kondisi Tubuh Menjadi Mudah Lelah dan Sering Mengantuk
Banyak yang bertanya, mengapa wanita yang sedang hamil muda itu mudah mengantuk dan mudah juga kelelahan. Perlu anda ketahui, bahwa hal itu dikarenakan adanya perubahan hormonal dari kinerja yang lebih keras pada beberapa organ vital seperti jantung, ginjal, dan paru-paru.

5. Perubahan Pada Indera Penciuman
Peningkatan hormone esterogen dalam tubuh tidak hanya menyebabkan perubahan pada ukuran payudara saja, melainkan juga perubahan pada indera penciuman yang menjadi lebih sensitif. Saat anda mencium aroma-aroma yang tajam seperti parfum maupun bumbu masakan, biasanya anda akan merasakan mual-mual lho. 

6. Perubahan Tingkat Mood
Menurut para dokter kandungan, kondisi mood wanita yang tengah hamil muda itu kerap labil. Ya, hal ini sering terjadi di pagi hari, dimana anda terkadang mudah marah, mudah sedih, dan juga mudah ceria. Maka dari itu, sangat disarankan bagi anda untuk mulai melatih emosi agar tetap stabil selama masa kehamilan. Pasalnya, kondisi psikiologis anda juga sangat berpengaruh pada perkembangan janin dalam rahim.  

7. Adanya Rasa Sakit Pada Area Punggung
Ciri-ciri berikutnya dari ibu hamil muda yang harus kalian ketahui, yaitu adanya rasa sakit pada bagian punggung. Selama di trimester kehamilan pertama, kondisi ligament anda akan melemah dikarenakan berat badan yang bertambah, sehingga rasa sakit pada bagian punggung kerap terjadi.
Itulah beberapa ciri-ciri kehamilan muda, yang semoga saja bisa anda jadikan sebagai ilmu pengetahuan. Selain itu, anda juga jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.


1 komentar

Jadi inget pas hamil terakhir hihi


EmoticonEmoticon