8 Manfaat Buah Naga Untuk Bayi Berusia 6 Bulan


Buah naga merupakan salah satu jenis buah buahan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah naga ini bisa dikonsumsi oleh semua umur tetapi tidak untuk bayi yang masih berusia 1 hingga 5 bulan. Bayi pada usia tersebut tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah naga, karena memang pada saat usia bayi belum berusia genap 6 bulan maka pencernaannya belum siap untuk menerima makanan yang padat, dan termasuk buah naga sekalipun tidak boleh diberikan. 

Buah naga yang kaya akan vitamin C dan mineral yang lainnya menawarkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Bagi anak anak buah naga ini bisa dimanfaatkan untuk melawan batuk dan flu. Selain itu juga buah naga ini berfungsi untuk melawan bakteri kanker dan rendah kolesterol sehingga baik dikonsumsi oleh anak anak. Jika buah hati ibu telah berusia 6 bulan pastinya telah mendapatkan MPASI, maka ibu bisa memanfaatkan buah naga untuk dikonsumsi si kecil sebagai makanan yang kaya akan nutrisi dan juga banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat buah naga untuk bayi 6 bulan?  

Berikut 8 manfaat buah naga untuk bayi berusia 6 bulan diantaranya yaitu : 
Sebagai Antioksidan 
Kandungan antioksidan yang ada didalam buah naga tinggi yang dikenal dengan sebutan anti fenol. Adanya antioksidan ini berfungsi untuk melindungi sel membran anak dari serangan radikal bebas. Selain itu juga antioksidan dari buah naga ini dapat melindungi si kecil dari berbagai serangan penyakit umum. 

Dapat Melindungi Jantung  
Memberikan MPASI berupa buah naga bagi si kecil juga akan berdampak baik terhadap kesehatan jantungnya. Pasalnya buah naga mengandung vitamin dan mineral yang dapat melindungi dan memperkuat jantung. Jika si kecil tidak termasuk anak yang aktif, maka kemungkinan jantungnya akan beresiko mengalami gangguan. Dengan memberikan si kecil buah naga setiap harinya maka akan dapat membantu tetap terjaganya kesehatan jantungnya. 

Mengandung Vitamin C Yang Kaya 
Untuk menunjang perkembangan tulang, otot, dan gigi pada bayi akan dibutuhkannya Vitamin C. Selain itu juga tercukupinya kebutuhan Vitamin C si kecil maka akan dapat membantu perkembangan pembuluh darahnya yang sedang tumbuh. Terlebih lagi kandungan Vitamin C yang ada didalam buah naga adalah sumber yang baik untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. 

Kaya Akan Serat 
Buah naga juga kaya akan serat sehingga jika dikonsumsi si kecil akan membantunya untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat. Sehatnya sistem pencernaan si kecil maka akan membantunya untuk terhindar dari sembelit. Manfaat serat yang terkandung didalam buah naga berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah dan juga dapat membantu meningkatkan berat badan si kecil secara sehat. 

Dapat Membangun Tulang Yang Kuat 
Kandungan mineral yang ada didalam buah naga tinggi dan ini akan sama halnya dengan yang potassium. Akan terbangun kuatnya tulang si kecil karena adanya potassium yang bergabung dengan senyawa flavonoid dan fenolik yang lainnya. Kandungan kandungan tersebut juga dapat melindungi dari terjadinya arthritis dimasa depan. 

Mengandung Vitamin A 
Buah naga juga mengandung Vitamin A yang sangat tinggi, dan kandungan tersebut akan membantu si kecil untuk selalu tetap sehat. Selain itu juga kandungan Vitamin A tersebut sangat baik untuk kesehatan mata dan sekaligus akan dapat membantu si kecil terhindar dari berbagai macam serangan infeksi. 

Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal 
Buah naga memiliki kemampuan untuk mendetoksifikasi sehingga akan membantu untuk terhindar dari berbagai serangan jenis racun. Manfaat dari detoksifikasi ini adalah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan ginjal dari elemen racun dan juga menjaga tetap sehatnya saluran kemih. 

Dapat Menenangkan Saraf 
Kandungan potassium yang kaya didalam buah naga berfungsi untuk tetap menjaga kesehatan fungsi jantung dan sistem saraf. Dalam masa pertumbuhan si kecil sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan tubuhnya supaya terbebas dari lemak. 

Hingga saat ini belum adanya penemuan dari efek negatif pemberian buah naga sebagai MPASI untuk bayi 6 bulan. Kandungan gizi yang ada didalam buah naga ini tinggi dan memang dikenal mampu dapat memberikan warna pada urin dan kotoran yang dikeluarkan manusia. Tetapi dibalik manfaat yang telah disebutkan diatas, ibu juga harus melihat apakah si kecil cocok atau tidak diberi buah naga tersebut. Jika ibu melihat adanya reaksi yang tidak normal, maka pemberian buah naga tersebut jangan diteruskan. 

Misalnya saja jika urin si kecil berwarna merah setelah mengkonsumsi buah naga maka untuk sementara waktu ibu bisa menghentikan dulu pemberian buah naga, kemudian lihat apakah ada perbedaannya. Jika ibu melihat adanya gejala yang lainnya seperti nyeri berkemih atau disertai demam, maka untuk mengetahui permasalahannya segera periksakan diri ke dokter. 

Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya reaksi alergi ataupun yang lainnya, sebelum anak mulai diberi MPASI berupa buah naga ini maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya. 

0 Response to "8 Manfaat Buah Naga Untuk Bayi Berusia 6 Bulan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2