Sunday, 14 April 2019

Inilah Kampus dengan Biaya Kuliah Terjangkau




Ketika saya mendapatkan tugas dinas luar ke perusahaan lain satu grup selama enam bulan lamanya, saya bertemu dengan banyak rekan kerja baru. Rekan kerja kali ini berasal dari berbagai macam asal, suku, agama dan latar pendidikan. Diantara rekan-rekan baru tersebut saya menemukan seorang gadis yang dari perawakannya saja ia terlihat masih sangat muda. Erna namanya. Kebetulan ia bertugas di satu divisi dengan saya. Pekerjaannya adalah menjadi petugas administrasi di divisi ini. Garis besar pekerjaannya bercengkrama dengan dokumen, penginputan, scanning dan pengisian dokumen-dokumen. Terkadang ia diminta juga untuk menemani staf lain untuk menjadi notulis ketika staf tersebut sedang inspeksi lapangan.

Meskipun pekerjaannya cukup banyak dan masih semuda itu (19 tahun), tapi ia cukup bisa mengimbanginya dan bekerja dengan baik. Ia cukup rajin, telaten, energik dan mau belajar. Secara pribadi pun ia menyenangkan. Ia ramah terhadap orang lain, murah senyum, sedikit polos dan tidak moodyan. Saya pernah ditanya oleh dia dengan polosnya, “Pak Arif kerjanya apa sih disini? Kok kerjanya nyuruh-nyuruh doang disini dan keliatan gabut”. Tentu saja saya langsung tertawa terbahak-bahak mendengar pertanyaannya itu. Saya menjawab pertanyaan itu dengan bercanda, kalau memang saya digaji untuk tidak melakukan apa-apa (gabut) di perusahaan ini. Si erna langsung mengerutkan dahi saat itu juga.

Sebagai seorang yang pekerjaanya supervise orang lain, saya melihat erna memiiki potensi besar di dalam dirinya. Melihat gaya bekerjanya yang cukup hebat itu, sebagai orang baru disana tentu saya tertarik untuk mengorek informasi darinya lebih jauh lagi. Waktu itu saya pernah bertanya kenapa ia tidak kuliah saja. Ia menjawab kalau keluarganya tidak cukup punya uang untuk menguliahkan dia. Makanya begitu lulus SMK ia langsung memilih bekerja. Saya pun kembali bertanya, kenapa gak coba ambil beasiswa saja. Ia hanya tertawa saja.

Sebagai atasan yang baik, tentu saja saya langsung memberikan dia masukan dan motivasi. Saya ceritakan kepada dia kalau dulu saya pun tidak punya uang untuk kuliah namun tetap bisa kuliah hingga lulus. Saya ceritakan semua rahasianya. Memang biaya kuliah zaman sekarang lumayan mahal, tapi ada banyak hal yang bisa membuat biaya tersebut jadi jauh lebih murah. Salah satunya adalah lewat program beasiswa. Ada banyak program beasiswa yang tidak hanya untuk orang pintar saja diluar sana, tinggal kamu mau mengejarnya atau tidak. Kuliah memang tidak akan langsung membuatmu sukses, tapi dengan kuliah maka kamu akan sedikit lebih dekat ke ranah kesuksesan itu.

Selain beasiswa, sebenarnya ada banyak kampus dengan biaya kuliah yang terjangkau. Salah satunya adalah di kampus area Bandung bernama Ma’soem University. Ma’soem university merupakan universitas di Bandung yang menawarkan biaya kuliah di bandung dengan cukup terjangkau. Ma’soem university memiliki banyak pilihan jurusan yang bisa kamu pilih, diantaranya adalah
1.       Sistem informasi (S1)
2.       Manajamen informatika (D3)
3.       Kmputerisasi akuntansi (D3)
4.       Teknologi pangan (S1)
5.       Agribisnis (S1)
6.       Bimbingan dan konseling (S1)
7.       Pendidikan Bahasa inggris (S1)
8.       Perbankan Syariah (S1)

biaya kuliah di bandung
Sumber : masoemuniversity.ac.id

Ma’soem University berlokasi di Jalan Raya Cipacing No 22 Jatinagor 45363 Jawa Barat dengan nomor telepon yang bisa dihubungi adalah 022 7798340. Untuk informasi lebih jelas, seputar kampus, biaya, jurusan, fasilitas dan program unggulan kamu bisa mengakses laman www.masoemuniversity.ac.id

Biaya kuliah di Ma’soem University Bandung sangat murah dan terjangkau. Ma’soem university juga dilengkapi fasilitas dan prospek kerja yang luas untuk para alumninya. Pihak kampus tidak akan memungut biaya lain semasa kuliah. Jadi para mahasiswa hanya akan dikenakan biaya fasilitas sebesar 3 juta rupiah saja di tahun pertama, selebihnya tidak ada lagi. Terus, mahasiswa juga tidak dikenakan biaya untuk SKS, biaya ujian, biaya modul, dan biaya praktikum. Intinya selama jadi mahasiswa sampai kelulusan, kamu gak akan diminta biaya fasilitas lagi. Gimana keren banget kan?
Ma’soem university memiliki dua kelas yang bisa dipilih mahasiswanya sesuai kebutuhannya masing-masing, yaitu kelas reguler dan kelas regular sore/karyawan. Adapun untuk biaya kuliah nya di masing-masing jurusan adalah sebagai berikut :

universitas di bandung

ma'soem university


Ma’soem university juga memiliki program beasiswa yang cukup banyak. Kamu bisa memilih beberapa program beasiswa yang ada, namun tentu saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Program beasiswa itu antara lain :
1.       Beasiswa tambahan 10%
2.       Beasiswa tambahan 15%
3.       Beasiswa alumni al masoem
4.       Beasiswa alumni almosem ke STKOm dan STBANK al masoem
5.       Beasiswa calon mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga, seni dan teknlogi
6.       Beasiswa bidik misi

Untuk tahuh ini Ma’soem university kembali menerima program beasiswa bidik misi khusus untuk jurusan D3 komputerisasi akuntansi. Sebagai gambaran, tahun lalu mahasiswa bidik misi menerima sedikitnya 650.000/perbulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di berbagai wilayah.
Dengan banyaknya pilihan jurusan yang ada, berbagai program beasiswa yang ditawarkan, biaya kuliah yang terjangkau dan fasilitas kampus yang memadai, tentu berkualiah di Ma’soem university menjadi pilihan terbaik yang patut kamu pilih.

1 komentar

Cukup ringan ini untuk ukuran unversitas swasta. Sekarang memang banyak yang keder untuk kuliah. Semoga mbak erna dan dan anak anak muda lain yang kurang beruntung bisa melanjutkan kuliah


EmoticonEmoticon