Menginspirasi dengan Asus VivoBook Ultra A412DA

asus vivobook ultra A412DA

Semenjak kuliah saya mulai tertarik di dunia edukasi dan kepenulisan. Kuliah saya yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat mau tak mau membuat saya berkecimpung di dunia tersebut. Ketertarikan dalam bidang edukasi dan kepenulisan ini masih berjalan hingga saya bekerja saat ini.

Bagi saya edukasi dan kepenulisan merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Edukasi akan lebih tersampaikan melalui materi yang ditulis dengan baik dan tulisan akan dinilai baik bila isinya dapat mengedukasi orang yang membacanya.

Ketertarikan saya dalam dunia edukasi dan kepenulisan dimulai sejak saya memasuki perkuliahan semester 2. Kebetulan waktu itu saya mengikuti beberapa organisasi kampus, namun yang paling membuat saya berkembang adalah organisasi pers mahasiswa. Berawal dari organisasi inilah saya mulai belajar bagaimana teknik dasar dalam mengedukasi dan menulis sesuatu.

Menjadi anggota pers kampus membuat saya bagaikan reporter saja. Setiap satu bulan sekali saya mendapat job untuk mencari berita yang akan ditampilkan di buletin kampus. Pengalaman saya dalam mencari narasumber, mewawancarai narasumber dan mengolah hasil wawancara tersebut menjadi tulisan adalah dasar pengetahuan saya dalam proses menulis sekaligus mengedukasi yang baik.

review asus vivobook ultra A412DA

Dalam ilmu jurnalistik, berita yang baik adalah berita yang tidak hanya menyebarkan sebuah berita saja, namun ada unsur for what di dalamnya. Unsur for what ini bisa berupa edukasi, rekomendasi, ataupun wawasan lain yang diperlukan untuk khalayak ramai.

Dari berita kampus inilah saya jadi tahu apakah tulisan yang saya buat sudah mampu mengedukasi masyarakat kampus atau hanya menjadi tulisan pajangan saja. Selain mendapat job menulis, saya juga mendapat job untuk layouting bulletin dan majalah kampus. Kebetulan sejak SMA saya memang suka ngeblog, namun untuk desain layout suatu buletin atau majalah merupakan pengalaman pertama saya dalam membuatnya.

Membuat layout buletin dan majalah kampus menjadi tantangan tersendiri buat saya. Waktu itu saya masih belajar, namun senior di organisasi meminta banyak hal kepada saya terkait perdesain-an di organisasi. Ia mengajari saya teknik-teknik dasar desain dan meminta saya untuk mengembangkannya.

Akhirnya dengan modal laptop pinjaman teman, saya belajar desain dengan keras. Hasilnya, saya jadi bisa membuat beberapa gambar ilustrasi tulisan untuk dipajang di buletin, membuat komik, membuat cover majalah dan mendesain layout buletin dan majalah organisasi pers saya ini.

Dari desain-mendesain saya banyak mendapat pemahaman tentang bagaimana tulisan akan lebih tersampaikan bila disertai dengan ilustrasi. Dalam dunia pers, ternyata desain dapat menginterpretasikan dari apa yang ditulis. Contohnya saja dari desain cover majalah. Cover majalah biasanya disesuaikan dengan tema yang diambil pada satu edisi.  Nah dari cover inilah pembaca bisa dibuat penasaran akan isinya, bisa juga dibuat langsung paham dengan isinya dan bisa pula dibuat benci karenanya.

Dari desain-mendesain inilah saya belajar banyak tentang teknik mengedukasi lewat media.

Ketika beranjak ke semester empat, saya baru bisa memiliki laptop. Kebetulan saya mendapat beasiswa di semester 1 hingga 3. Dari beasiswa itulah saya membeli laptop seharga 4,5 juta dengan merk Asus di Mangga Dua pada tahun 2012 lalu.

Hadirnya laptop ini di hidup saya benar-benar sangat membantu mengasah kemampuan edukasi dan menulisi saya. Sebelum punya laptop, ketika ada tugas kelompok biasanya saya diberi job untuk mengumpulkan data. Nah semenjak punya laptop, saya pasti mendapat tugas sebagai orang yang membuat membuat laporan akhir, membuat presentasi powerpoint-nya dan mempresentasikannya. Akibat seringnya presentasi inilah saya jadi terbiasa berbicara di depan publik.

Semenjak punya laptop saya sering mendapat job desain di organisasi. Berawal dari sinilah hasil desain saya banyak diketahui oleh warga kampus. Akhirnya saya jadi sering mendapat orderan desain baik desain untuk banner, spanduk ataupun poster. Dulu saat masih memakai laptop teman, saya wajib bergadang ketika membuat desain, karena hanya pada saat dini hari lah teman saya tidak membutuhkan laptopnya. Nah saat punya laptop sendiri, saya memang masih bergadang ketika mendesain, tapi kali ini berbeda, soalnya bila sampai bergadang itu artinya saya menerima banyak orderan desain.

review asus vivobook ultra A412DA

Meskipun nilainya tidak seberapa namun mendapatkan uang dari hobi ternyata nikmatnya bukan main hebatnya. Di masa-masa ini jugalah saya sering mengirimkan tulisan saya ke koran-koran nasional, dan puji syukur banyak diantaranya yang lolos dimuat. Selain itu saya juga banyak mengikuti lomba-lomba essay di berbagai event. Beberapa diantaranya menjadi finalis. Baik desain ataupun tulisan semua saya kerjakan di laptop kesayangan saya ini.

asus vivobook ultra A412DA

Waktu saya kuliah lapangan, laptop banyak berperan penting dalam aksi-aksi pengabdian masyarakat yang saya lakukan. Laptop ini saya pakai ketika mengajari para manula buta huruf untuk belajar membaca di suatu desa. Laptop ini juga menjadi saksi nyata ketika saya membuat acara rembuk desa dalam beberapa kesempatan.

asus vivobook ultra A412DA

Ia juga berperan dalam mengusir rasa bosan ketika saya sekelompok ditempatkan disuatu desa terisolir untuk menyelesaikan tugas lapangan kampus. Desa yang saya tempati itu benar-benar jauh dari mana-mana, listrik pun sering padam. Makanya laptop ini sering dijadikan lampu emergency atau menghibur kita dengan fitur multimedia atau bermain game nya.

keunggulan asus vivobook ultra A412DA

Laptop ini juga berperan dalam perjalanan meraih gelar sarjana. Saya masih ingat jelas bagaimana presentasi yang saya lakukan dengan laptop ini ketika sidang akhir skripsi dan mendapat nilai A disana. Ah sungguh pengalaman yang tidak ada duanya.

keunggulan asus vivobook ultra A412DA


Gawat ! Laptopku Bermasalah
Laptop asus saya ini bisa dikatakan sebagai harta karun yang saya miliki. Meskipun spesifikasinya sangat standar, namun laptop ini memiliki value yang tak ternilai harganya. Ia adalah saksi hidup bagaimana saya bisa berkembang sejauh ini khususnya dalam bidang edukasi dan kepenulisan. Laptop ini pun masih sering saya gunakan hingga sekarang.  Ya sekarang. Dari sejak 2012 hingga Agustus 2019 saya masih memakai laptop yang sama.

Semenjak bekerja saya memang selalu difasilitasi satu set komputer oleh kantor untuk keperluan pekerjaan. Ketika ada acara presentasi atau edukasi, laptop pun sudah disediakan oleh kantor. Makanya sejak bekerja, saya jadi jarang menggunakan laptop asus saya ini untuk keperluan kantor, baik dalam membuat materi presentasi ataupun desain-desain presentasinya. Karena segala hal yang berhubungan dengan kerjaan kantor pasti selalu saya kerjakan di komputer kantor. Memang sih terkadang laptop asus ini masih saya gunakan ketika ada kerjaan mendadak dan posisi saya sedang di rumah. Tapi hal itu sangat jarang terjadi.

tips edukasi dengan laptop asus

Laptop ini sekarang justru banyak saya gunakan untuk hobi-hobi saya seperti menulis, ngeblog dan menonton film. Sebenarnya saya juga hobi membuat vlog, namun sayangnya laptop ini sudah tidak support dengan aplikasi video editor zaman sekarang. Makanya seringkali saya mengeditnya dengan smartphone saja. Laptop ini pun sudah tidak bisa lagi digunakan untuk bermain game karena speknya sudah tidak sesuai dengan game-game masa kini. Ya namanya juga laptop jadul.

Jenis laptop saya adalah Asus K42F. Laptop yang cukup tua. Saya sendiri tidak menyangka laptop asus saya ini bisa bertahan hingga 7 tahun. Laptop ini sistem operasinya masih windows 7. Ram-nya pun hanya 2GB saja. Laptop ini didukung dengan processor intel core i3 2,4 GHz. Laptopnya cukup berat yakni 2,2 kg dan tebalnya 3,65 cm. Berhubung usianya sudah 7 tahun, kemampuannya sudah banyak berkurang. Baterai laptopnya sudah jebol. Jadi untuk bisa menghidupkan laptop ini wajib nyolok listrik. Berhubung laptop ini adalah laptop jadul, baterei resminya sudah tidak ada lagi di pasaran. Jadi otomatis saya tinggal mengandalkan listrik saja untuk bisa mengoperasikannya.

Selain itu, bila saya menyalakan laptop ini setelah dimatikan beberapa saat, keyboardnya akan bermasalah. Tuts-tuts di keyboard jadi tidak berfungsi sepenuhnya. Laptop ini harus didiamkan dahulu hingga 3 jam, baru keyboardnya akan berfungsi sepenuhnya kembali. Hal ini cukup mengganggu saya ketika tiba-tiba mendapat inspirasi untuk menulis dan kepingin buru-buru mengetiknya. Soalnya saya wajib menunggu hingga 3 jam dulu. Untungnya sekarang sudah ada keyboard portable, jadi saya bisa terbantu karenanya.

Kipas pada laptop ini pun bermasalah. Bila saya menggunakan aplikasi yang berat-berat maka mesin laptop akan mengeluarkan suara bising dan permukaan laptop menjadi panas. Untuk meminimalisir bising dan panasnya saya gunakan coolpad. Saya sudah beberapa kali memperbaikinya, tapi sejak tahun ini bunyi bising pada mesin sepertinya sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Laptop ini ketika saya gunakan untuk mengetik di word saja pasti akan bising.

tips tulisan lolos di koran

Meskipun begitu saya masih sangat nyaman menggunakannya. Menulis di laptop ini sangatlah berbeda dibandingkan menulis di komputer/laptop lainnya. Di laptop ini saya selalu mendapat banyak inspirasi menulis. Begitu juga ketika membuat materi edukasi dan membuat desain presentasinya. Bila mengerjakannya di komputer/laptop lain entah kenapa hasilnya ya biasa-biasa saja, tapi begitu mengerjakannya disini selalu deh hasilnya bagusnya kebangetan.

berkarya dengan asus

Sejak saya lulus kuliah, saya banyak menghasilkan banyak karya dari laptop ini. Naskah saya terpilih oleh penerbit mayor dalam project buku antaloginya, saya juga berhasil menyelesaikan challenge one day one post di blog saya selama 3 bulan lamanya, saya berhasil membuat buku antologi, blog saya diterima adsense, saya pun banyak mendapat job menulis baik berupa endorsment ataupun content placement.

Di kantor pun saya sering dipercaya untukmenjadi pembicara/narasumber di berbagai pelatihan. Tahun ini saja, saya mendapat job untuk menjadi narasumber enam pelatihan dengan peserta per pelatihannya 600 orang. Saya juga sempat dikirim ke grup perusahaan lain untuk memberikan edukasi kepada seluruh karyawan yang ada disana. Materi-materi yang saya buat bahkan dipakai sebagai pedoman di seluruh perusahaan satu grup.
tips mengedukasi dengan asus

Karya-karya yang telah saya buat sebagaian besar berawal dari laptop ini. Konsepnya pasti selalu saya buat dimulai dari laptop usang kesayangan saya ini.

Hanya saja life must go on. Meskipun saya banyak berhasil karena laptop ini, namun dibaliknya terkadang saya juga suka terhambat akibat kekurangan yang ada pada laptop ini. Bunyi bisingnya cukup menggangu aktivitas saya. Ketika membuat tulisan atau materi edukasi, tentu kita butuh suasana yang tenang dan nyaman, nah kebisingan yang ditimbulkan laptop ini seringkali membuat gagal konsentrasi dan menggangu orang-orang di sekitar saya.

Selain itu, kondisi laptop ini yang hanya bisa mengandalkan listrik, seringkali membuat saya repot. Saya jadi tidak bisa menggunakan laptop ini di tempat-tempat yang tidak ada colokan listriknya. Hal ini sangatlah menggangu kinerja saya ketika butuh laptop di tempat-tempat yang tidak ada colokan listrik, tidak kebagian colokan listrik, atau sedang kondisi mati listrik.

Meskipun berat rasanya, tapi saya akui bahwa memang sudah saatnya saya berganti laptop.

Analoginya begini, dengan laptop seperti itu saja saya masih bisa banyak berkarya dengan baik. Bagaimana bila saya punya laptop baru dengan spesifikasi yang gahar dan kekinian?  Wah pasti bakal makin keren dong.

Harapan Untuk Laptop Baru
Saya pun berencana untuk menabung kembali demi membeli laptop baru. Kali ini bukan dari uang beasiswa tentunya tapi dari gaji saya perbulannya. Harapannya laptop baru nanti bisa mengakomodir kebutuhan edukasi dan menulis saya dengan lebih baik.

keunggulan asus vivobook ultra A412DA

Berhubung sebelumnya saya adalah pengguna Asus, maka saya ingin laptop baru nanti juga bermerk Asus. Soalnya saya sudah mengalami langsung bagaimana Asus menginspirasi hidup saya dan membuat saya berinovasi melalui laptop Asus K42F-nya. Laptop asus pun dikenal bandel, karena laptop saya masih bisa digunakan di usianya yang menginjak 7 tahun.

Kedua, Laptop baru nanti harus punya bobot yang ringan dan tipis. Laptop model begini tentu menjadi impian bagi seorang writer seperti saya, karena akan memudahkan saya ketika berpergian ke berbagai tempat untuk mencari spot tempat yang nyaman untuk menulis atau ketika saya mendapat job menjadi narasumber di luar kota. Dengan desain tipis dan bobot ringan maka akan membuat saya fleksibel dalam membawanya kemanapun.

keunggulan asus vivobook ultra A412DA

Ketiga, laptop ini wajib memiliki baterai yang tahan lama. Dalam membuat materi atau menulis biasanya saya menghabiskan waktu yang lama. Untuk menulis tulisan ringan saja saya butuh waktu 2 jam. Apalagi menulis untuk mengikuti lomba, membuat materi dan postingan blog, pasti butuh waktu yang lebih lama lagi. Makanya dengan baterai yang tahan lama, maka saya nggak lagi repot-repot mencari colokan listrik.

Terakhir, laptop tersebut wajib memiliki spek yang gahar, khususnya untuk RAM dan konektivitasnya. Sejak jadi penulis, saya melebarkan sayap untuk membuat hal-hal lain yang berkaitan dengan kepenulisan dan edukasi. Seperti membuat vlog, membuat video edukasi, membuat desain presentasi, mengedit gambar, mengedit video, membuat komik, infografis dan ilustrasi. Untuk membuatnya saya pasti banyak menginstal berbagai software/aplikasi pendukung. Dengan RAM yang besar maka laptop tidak akan menanggung beban yang lebih lagi, sehingga ia bisa lebih awet. Saya pun tidak akan mendengar bunyi mesin laptop meraung lagi. Dan konektivitas yang baik akan membuat saya bisa dengan mudah mencari inspirasi-insiprasi dari internet untuk kebutuhan edukasi dan menulis.

Asus Vivobook Ultra A412DA adalah Laptop Baru yang Saya Cari
Ketika saya mencari daftar laptop yang sesuai dengan spesifikasi diatas melalui penelusuran di google, saya mendapat info bahwa Asus dan Bunda Dian sang blogger traveler lagi bagi-bagi hadiah laptop dan smartphone. Syaratnya gampang, tinggal ikuti saja lomba blog yang diadakan oleh keduanya. Hadiahnya menarik, yaitu 5 Laptop Asus Vivobook Ultra A412DA dan 5 Smartphone Asus Zenfone Live L2 ZA550KL. Hati saya langsung deg-degan begitu membacanya. Apa jangan-jangan ini merupakan jalan yang diberikan Allah SWT untuk mendapatkan laptop baru buat saya? Saya langsung mengamini saat itu juga.
asus vivobook ultra A412DA

Asus Vivobook Ultra A412DA sangatlah cocok untuk kebutuhan edukasi dan menulis saya. Saya langsung berpikir, jangan-jangan Asus Vivobook Ultra A412DA memanglah jodoh saya. Laptop ini memiliki spesifikasi yang amat bagus. Dengan mengusung tema “The World Smallest 14 inch Colorful Notebook” A412DA langsung menjadi laptop impian saya begitu melihatnya.

Laptop ini memiliki berat yang sangat ringan yaitu hanya 1,5 kg saja. A412DA bisa menjadi solusi atas permasalahan pada laptop saya saat ini sekaligus menjawab kriteria laptop impian saya.

1. Ringan, Gahar tapi Apik
Asus Vivobook Ultra A412DA beratnya hanya 1,5 kg. Body juga cukup tipis. Ia cukup ringan untuk laptop berlayar 14 inch. Hadirnya laptop ini menyimpulkan bahwa Asus telah menghadirkan tipe Vivobook paling ringkas di kelasnya. Pilihan warnanya pun sangat colorful, yaitu transparent silver, Slate grey, Peacock Blue dan Coral Crush. Hal ini menjadikan tampilan pada laptop ini sungguh apik ketika dilihat dan menyenangkan ketika digunakan. Perpaduan antara warna, bezel tipis pada layar dan resolusi Full HD membuat kesan menyegarkan.

asus vivobook ultra A412DA

Seluruh hal diatas bila diselaraskan dengan dimensi body laptop akan membuat istilah The World Smallest 14 inch Colorful Notebook pada laptop ini menjadi benar adanya. A412DA benar-benar laptop yang ringkas, tipis dan sangat mumpuni untuk menunjang berbagai kebutuhan sehari-hari.

asus vivobook ultra A412DA

Laptop-laptop keluaran Asus memang sangatlah powerfull. Saya memang tidak pernah meragukan itu. Seolah Asus selalu menegaskan bahwa ia tidak pernah sembarangan dalam membuat laptop.

keunggulan asus vivobook ultra A412DA

2. Ram besar dan konektifitas mumpuni
Asus Vivobook Ultra A412DA memiliki pilihan memory default 4GB DDR4 2400 Mhz yang bisa diupgrade hingga 16 GB. Dengan RAM yang besar ini tentu menjadi sebuah keunggulan yang sangat berarti. Asus Vivobook Ultra A412DA  juga sudah dibekali Windows 10 dan prosesor terbaru AMD Ryzen 3000 series baik Ryzen 3 ataupun Ryzen 5. Fitur ini diyakini akan membuat kinerja laptop semakin baik lagi.

kelebihan asus vivobook ultra A412DA

Kamu pun tak perlu khawatir terkait masalah konektivitas, karena laptop ini sudah dibekali konektivitas yang modern dan lengkap. Asus Vivobook Ultra A412DA ini memiliki windows 10 asli dalam bentuk pre-install, sehingga kamu tidak perlu lagi repot-repot membelinya apalagi sampai menginstal versi bajakannya.

keunggulan asus vivobook ultra A412DA

Dalam menunjang konektivitas Asus Vivobook Ultra A412DA juga menyediakan sensor fingerprint dan mendukung fitur Windows Hello agar pengguna bisa lebih cepat login ke system operasi. Hal ini semakin menunjukan bahwa laptop seri vivabook memanglah mengedepankan mobilitas sebagai kelebihannya.

windows hello asus vivobook ultra A412DA

3. Baterai dan desain nya ciamik sekali
Baterai Asus Vivobook Ultra A412DA sudah terintegrasi dengan ASUS battery health technologi yang akan melindungi baterai kamu dari overcharging. Hal ini akan membuat baterai lebih tahan lama, usia baterai laptop semakin panjang dan melindunginya dari kerusakan baterai. Kerennya A412DA dilengkapi fitur fast charging yang mampu mengisi daya baterai hingga 60% dalam waktu 49 menit saja.

asus vivobook ultra A412DA

Keunggulan Asus Vivobook Ultra A412DA lainnya ada pada desain engsel ergoliftnya. Ketika laptop dibuka, engsel ini akan membentuk sudut 20 yang akan membuat kamu nyaman ketika mengetik di keyboard dalam waktu yang lama. Dua fitur diatas sungguh benar-benar cocok untuk penulis seperti saya.

keunggulan asus vivobook ultra A412DA

Untuk detailnya silakan lihat spesifikasi lengkap Asus Vivobook Ultra A412DA dibawah ini :

CPU
Prosesor AMD Ryzen quad core up to 3,5 Ghz
Operating System
Windows 10
Memory
4GB DDR4 2400 Mhz
Storage
1TB HDD
Display
14.0” (16:9) LED backlight
Graphics
AMD Radeon Vega 3
Input/Output
1x USB 3.1 Type C, 1x USB 3.1 Type A, 1x USB 2.0 Type A, 1x HDMI, 1x Audio Jack, 1x MicroSD card reader
Camera
HD Web Camera
Connectivity
Dual Band 802.11ac Wi-Fi (2x2), Bluetooth 4.2
Audio
Sonic  Master Audio, Array Microphone
Battery
31WHrs, 2S1P, 2 cell Li-ion Battery
Dimension
32,2 (W) x 21,2 (D) x 1,90 ~ 1,95 (H) cm
Weight
1,5 kg
Colors
Transparent Silver, Slate grey, Peacock Blue, Coral crush

Intinya, Asus Vivobook Ultra A412DA bisa menjadi solusi atas permasalahan saya dan bisa membuat saya lebih berkembang kedepannya melalui spek gahar yang ada didalamnya. Terimakasih untuk Bunda Dian dan Asus karena info lomba blognya membuat saya jadi tahu mana laptop asus terbaik buat saya. Semoga tabungan saya bisa segera cukup agar bisa memiliki laptop ini secepat mungkin.

Kalaupun Bunda Dian dan Asus ingin berbaik hati untuk memberikan Asus Vivobook Ultra A412DA sebagai hadiah karena sudah mengikuti lomba blognya, saya pasti akan menerima dengan senang hati. Hehe. Biar nanti uang tabungannya saya gunakan untuk honeymoon kedua bareng istri. Ya hitung-hitung buat bikin istri senang dan bahagia.

 #ColorfulWithVivoBook



Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Competition - Colorful With Vivobook Ultra A412DA yang diselenggarakan oleh Adventurose, Asus dan AMD.

7 Responses to "Menginspirasi dengan Asus VivoBook Ultra A412DA"

  1. Ngeri bos speknya. Kalau aku punya laptop itu, buat aplikasi Android mah sebentar aja.

    BTW, riwayat hidupnya sangat menginspirasi. Barakallah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bakal makin bikin produktif mas. Hehe. Terimakasih mas

      Delete
  2. Mantap dan luar biasa, Mas Arief.

    ReplyDelete
  3. wah luar biasa, sudah banyak karya yang lahir ya mas lewat bantuan laptop asus, semoga tercapai mendapatkan laptop baru biar karyanya makin banyak, amiin

    ReplyDelete
  4. Keren banget nih, sudah memiliki banyak karya bersama laptop ASUS. Dan laptop terbaru dari ASUS ini memang memiliki banyak fitur unggulan ya. Btw, salam kenal ya, Kak.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel