Berlibur Sambil Belajar di Taman Buah Mekarsari


taman buah mekarsari


Berlibur ke tempat rekreasi berkonsep agrowisata kini bisa menjadi opsi pilihan yang tidak bisa dikesampingkan lagi. Apalagi bila dalam rangka liburan keluarga. Pasti cocok sekali. Disana kamu bisa berlibur dengan ditemani rindangnya tumbuhan yang mengelilingi sambil menikmati buah hasil petikan sendiri. Agrowisata merupakan aktivitas wisata yang melibatkan lahan pertanian, perkebunan atau fasilits lainnya seperti peternakan. Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata berkonsep agrowisata. Salah satu tempat rekreasi agrowisata yang dekat dengan Jakarta adalah di Taman Buah Mekarsari.

Taman Buah Mekarsari terletak di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol KM 3, Cileungsi, Kab. Bogor. Bila dari arah Jakarta, silakan melewati tol Jagorawi, lalu keluar di pintu tol Cibubur, kemudian arahkan kendaraan ke arah Cileungsi. Nah sekitar 13 km dari pintu tol, kamu akan menemukan Taman Buah Mekarsari di sebelah kanan jalan.

Jam operasionalnya sendiri cukup bersahabat, yakni untuk hari Senin-Jumat buka pukul 10.00 – 16.30, sedangkan untuk hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah buka dari jam 09.00 – 16.30. Harga tiketnya terjangkau yakni hanya Rp. 30.000 saja, baik untuk pengunjung dewasa maupun anak-anak. Bila kamu kesana dengan membawa kendaraan roda empat, maka akan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp. 20.000.

Meskipun konsepnya agrowisata, namun wisata di Taman Buah Mekarsari tidak hanya seputar tumbuhan saja. Disana juga terdapat wahana permainan seperti banana boat, sepeda air, kano, angsa air, perahu naga , aqua bike hingga kolam pemancingan. Selain wisata air diatas, Taman Buah Mekarsari juga punya Water Kingdoms yang merupakan terbesar di Asia Tenggara.

Area Water Kingdoms terdapat boomerang slide, papan luncur yang cukup panjang dan kolam arus sepanjang 60 meter bernama Lazy River. Bila kamu tidak mau basah-basahan, tenang saja, di Taman Buah Mekarsari juga terdapat danau. Silakan berperahu di danau ini sambil menikmati pemandangan yang ada. Rasanya nikmat betul. Tak hanya itu, kamu pun bisa melihat pemandangan kota Bogor dari ketinggian melalui menara setinggi 30 meter yang ada disana

Namun yang paling mengasikkan di Taman Buah Mekarsari menurut saya adalah wisata kebun buahnya. Berkeliling kebun seluas itu bisa menjadi pengalaman yang mengasikkan. Bila musim panen tiba, pegunjung diperbolehkan unuk memetik langsung buah dari pohonnya lho. Makanya waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah saat musim panen. Kamu juga tak perlu takut kesasar atau kelelahan, karena disini sudah disediakan kereta wisata untuk menjelajah kebun-kebun.

Selain berwisata, Taman Buah Mekarsari juga bisa menjadi tempat belajar tumbuh-tumbuhan. Yang paling menarik adalah adanya laboratorium breeding yang didalamnya terdapat berbagai macam penyilangan beberapa tumbuhan sehingga didapat varietas baru dan lebih unggul dari tanaman aslinya. Laboratorium ini pasti akan membuat anak-anak tertarik.

Taman Buah Mekarsari juga terdapat tumbuhan-tumbuhan yang sekarang sudah langka dan sulit ditemukan. Anak-anak bisa belajar dunia flora disini. Beberapa hal tentang tanaman seperti pembibitan, penanggulangan hama, penumbuhan tanaman, semua bisa dipelajari disini. Makanya jangan sungkan untuk mengajak anak-anak untuk berwisata ke Taman Buah Mekarsari.

Tidak hanya untuk perorangan atau keluaga, Taman Buah Mekarsari juga memiliki fasilitas outbond untuk wisatawan yang datang rombongan. Wahana outbond yang ada antara lain flying fox, spider web, rumah pohon, paint ball, dan banyak wahana lainnya.

Bila kamu berasal dari luar kota dan berencana untuk menginap, tenang saja Taman Buah Mekarsari juga menyediakan beberapa penginapan yang bisa kamu coba. Harganya cukup terjangkau. Lokasinya ada  di dalam Taman Buah Mekarsari. Namun bila kamu ingin menginap di area sekitar lokasi juga tidak masalah, karena ada BATIQA hotel disana yang bisa kamu pilih dengan beragam fasilitas di dalamnya.

Jadi, tunggu apalagi ayo berlibur sambil belajar di Taman Buah Mekarsari.

2 Responses to "Berlibur Sambil Belajar di Taman Buah Mekarsari"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel