5 Pekerjaan Jurusan Sastra Untuk Kamu yang Berjiwa Kreatif dan Suka Tantangan


jenis pekerjaan untuk jurusan sastra
Salah satu dilema bagi seorang lulusan baru alias fresh graduate di tingkat SMA adalah menentukan jurusan kuliah. Selain mengikuti sesuai minat dan bakat, para calon mahasiswa juga pasti mempertimbangkan jurusan kuliah yang mereka pilih berdasarkan peluang pekerjaan di masa depan yang bisa mereka dapatkan. Demikian halnya dengan pekerjaan jurusan sastra yang tepat.
Jika membicarakan pekerjaan di masa mendatang, kamu juga harus menyesuaikannya dengan karakter dan kepribadian dirimu. Pekerjaan jurusan sastra maupun jurusan apapun dibedakan berdasarkan karakter extrovert dan introvert. Penyesuaian ini penting agar kamu bisa bekerja lebih maksimal karena kamu menyukai pekerjaan tersebut.
Berikut empat pekerjaan jurusan sastra yang akan kami rekomendasikan untuk kamu yang berjiwa kreatif dan menyukai tantangan. Yuk, simak informasinya.

Jurnalis
Pekerjaan lulusan satra yang satu ini mungkin tidak terpikir oleh kamu. Tak hanya dengan mengambil jurusan jurnalistik, kamu juga bisa menjadi jurnalis jika kamu lulusan jurusan sastra. Sebab, skill sastra, pengetahuan sejarah dan bahasa suatu negara yang kamu kuasai bisa menjadi nilai plus untuk mendapatkan pekerjaan ini. Apalagi jika kamu memang tertarik untuk menulis berita dan meliput, serta tampil di publik sebagai jurnalis. Kamu bisa menjadi jurnalis yang memiliki spesialisasi atau keahlian khusus untuk meliput kejadian dan peristiwa yang berkaitan dengan negara itu. Cocok sekali untuk kamu yang suka dengan tantangan baru.

Staf Kedutaan
Lagi-lagi, pengetahuan mengenai sejarah dan budaya sebuah negara melalui ilmu sastra juga bisa kamu andalkan untuk menjadi nilai tambah saat bekerja. Kantor Kedutaan atau Konsulat Jenderal bisa kamu sasar sebagai tempat bekerja impianmu. Kemampuan lainnya yang harus kamu kuasai untuk posisi ini adalah, kamu harus terbiasa beradaptasi dengan orang baru, serta fasih berbicara bahasa asing negara terkait.

Content Writer
Pekerjaan jurusan sastra yang selanjutnya adalah content writer. Pekerjaan ini bertugas untuk membuat konten dalam bentuk sebuah tulisan untuk berbagai kebutuhan di sebuah perusahaan. Ilmu sastra yang kamu tempuh pasti mempelajari juga tentang teknik menulis dan karya sastra. Hal ini sangat berguna di ruang lingkup pekerjaan seorang content writer yang membutuhkan kemampuan menulis yang baik dan berpikiran kreatif. Sekarang, hampir seluruh perusahaan membutuhkan content writer di dalamnya.

Karyawan Perusahaan Multinasional
Setiap pekerjaan idaman, termasuk pekerjaan jurusan sastra adalah pekerjaan yang dimana berada dalam perusahaan besar. Ya, istilah perusahaan besar yang memiliki banyak cabang di berbagai negara itu disebut dengan perusahaan multinasional. Lulusan sastra sangat berpeluang bekerja di sini. Karena kemampuan Bahasa menjadi nilai tambah yang tidak semua orang bisa kuasai. Terutama untuk negara yang tidak menggunakan Bahasa Inggris. Misalnya, pekerjaan jurusan sastra di perusahaan multinasional yang berasal dari Korea Selatan akan makin terbuka untuk lulusan jurusan sastra Korea. Bekerja di sini akan mendapatkan gaji yang tinggi dan peluang berkunjung ke luar negeri dalam rangka urusan pekerjaan. Keren, kan?

Tour Guide
Terakhir, ini merupakan pekerjaan jurusan sastra yang cocok untuk kamu yang gemar travelling. Lulusan sastra juga bisa bekerja sebagai tour guide, baik secara independen maupun tergabung dalam sebuah perusahaan agen perjalanan. Selain mendapat gaji bulanan, kamu juga bisa jalan-jalan gratis sambal bekerja. Dijamin, pengalamanmu akan makin bertambah banyak karena  travelling menjadi sumber pengetahuan kamu. Berbeda halnya dengan pekerjaan kantoran yang mungkin saja cenderung membosankan untukmu.
Selain itu, ada lima pekerjaan jurusan sastra lainnya yang bisa kamu baca di link berikut ini:

2 Responses to "5 Pekerjaan Jurusan Sastra Untuk Kamu yang Berjiwa Kreatif dan Suka Tantangan"

  1. Wah aku jadi terinspirasi membuat artikel macam gini nih. Hehe thx buat inspirasinya bang

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel