Sosial Media

Tanaman Sayuran Untuk Penanaman Hidroponik


cara menanam dengan hidroponik

Hidroponik merupakan salah satu metode penanaman yang populer diterapkan banyak orang karena simple, mudah dan tak perlu lahan tanah yang luas. Tetapi masih ada beberapa orang yang belum tahu dengan jelas apa saja jenis tanaman hidroponik. Kita semua lebih baik tahu tanaman sayuran untuk cara penanaman metode hidroponik satu ini, kalau ingin mencoba menanam tanaman sayuran dengan cara hidroponik. Memang ada banyak jenis tanaman yang cocok budi daya dengan metode hidroponik. Terdapat salah satu tanaman sayuran untuk cara penanaman metode hidroponik yang patut Anda ketahui yaitu seperti tanaman sayur daun bawang.
Tentunya sudah banyak yang tahu dan juga mengonsumsi daun bawang ini. Hal tersebut dikarenakan tanaman sayur daun bawang ini sudah sering dijadikan bumbu untuk berbagai macam jenis masakan. Penyedap alami satu ini bermanfaat untuk membuat masakan sepeti masakan bakso, mie ayam, bubur ayam, soto dan sebagainya. Sekarang ini, tanaman sayur daun bawang telah menjadi tanaman yang bisa dibudidayakan secara hidroponik. Hal tersebut dikarenakan tanaman sayur daun bawang ini bisa ditanam di area rumah. Bagi Anda yang memang belum memiliki lahan atau lahan tanamnya terbatas, maka Anda bisa membudidayakan tanaman sayur daun bawang ini secara hidroponik.
Ada beberapa tahap yang bisa Anda lakukan untuk budi daya hidroponik tanaman sayur daun bawang. Untuk tahap yang paling pertama yaitu mempersiapkan media tanam hidroponik yang biasanya dibuat dengan campuran sekam, mineral, serbuk kayu, pasir dan juga air. Sedangkan untuk wadahnya, bisa memakai pot atau paralon. Setelah itu, Anda bisa menyiapkan benih tanaman sayur daun bawang ini yang diambilnya dari anakan tanaman induk. Untuk tahap yang kedua yaitu dengan memasukan benih tanaman sayur daun bawang satu satu ke media.
Lalu Anda bisa melakukan perawatan yaitu dengan cara memperhatikan nutrisi larutan. Disamping itu, ketersediaan sinar matahari juga perlu Anda perhatikan saat ingin membudidayakan tanaman sayur daun bawang secara hidroponik. Selanjutnya untuk tahap ke tiga yaitu dengan melakukan pemangkasan daun yang kering. Hal seperti ini penting dilakukan untuk Anda yang ingin menanam tanaman sayur daun bawang hias secara hidroponik jadi bukan skala konsumsi rutin. Anda bisa melakukan hal tersebut sekali tiap 2 bulan.Sedangkan untuk tahap yang terakhir yaitu dengan memanen tanaman sayur daun bawang tersebut.
Lakukan pemanenan bertahap, ambil beberapa bagian daun bawang yang cukup tua serta menyisakan bagian kecil supaya bisa panen kembali. Selain dari yang di atas, memang masih terdapat jenis tanaman yang cocok budi daya dengan metode hidroponik lainnya. Anda bisa memanfaatkan tanaman sayuran untuk cara penanaman metode hidroponik di atas jika ingin mencoba menanam tanaman sayuran dengan cara hidroponik. Itu saja ulasan sederhana mengenai jenis tanaman yang cocok budi daya dengan metode hidroponik kali ini. Dengan ulasan di atas, maka Anda dapat semakin mengerti apa tanaman sayuran untuk cara penanaman metode hidroponik. Lebih baik kalau Anda selalu mengingat jenis tanaman yang cocok budi daya dengan metode hidroponik ini supaya Anda bisa lebih puas jika ingin mencoba menanam tanaman sayuran dengan cara hidroponik.
Semoga artikel mengenai tanaman sayuran untuk cara penanaman metode hidroponik ini bisa membantu Anda semua. Pastinya metode penanaman budi daya tanaman secara hidroponik seperti ini tergolong simple serta semua orang bisa melakukannya sendiri di rumah.

1 Response to "Tanaman Sayuran Untuk Penanaman Hidroponik"

  1. Pengin banget bisa punya kebun kecil model hidroponik dirumah. Pengen coba daun bawang,seledri dan sawi

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel