Sosial Media

3 Manfaat Penggunaan Kalkulator Untuk Menghitung Usia Kehamilan



cara menghitung usia kehamilan


Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui usia dan juga fase kehamilan yang sedang dijalaninya saat ini. Mereka juga harus memantau kenaikan berat badannya dari waktu ke waktu. Dan sebagai solusinya adalah kamu harus secara rutin menggunakan kalkulator kehamilan dan perkembangan janin. Dengan mengetahui usia kehamilan dan fase kehamilan yang sedang dijalani maka akan dapat membantu ibu untuk mempersiapkan diri selama masa kehamilan dan sebelum kelahiran. Menggunakan kalkulator untuk menghitung kehamilan juga akan berguna untuk memantau perkembangan janin secara seksama.
Selain itu masih ada manfaat lain dari penggunaan kalkulator untuk menghitung usia kehamilan ini diantaranya yaitu :
1.    Untuk Menghitung Usia Kehamilan
Setiap wanita pada umumnya memiliki masa kehamilan sekitar 38 minggu yang dihitung dari dimulainya proses pembuahan. Tetapi kebanyakan wanita tidak mengetahui secara pasti kapan dimulainya proses pembuahan tersebut. Sehingga biasanya metode yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan akan dimulai dari hari pertama haid terakhir atau HPHT. Kalkulator ini bisa kamu manfaatkan untuk menentukan usia kehamilan dengan mencantumkan hari pertama haid terakhir atau HPHT. Setelah tanggal HPHT nya dimasukkan maka kalkulator ini secara otomatis akan menghitung usia kehamilan dengan sendirinya.

2.    Untuk Menghitung Hari Perkiraan Lahir Atau HPL
Rata rata siklus menstruasi normal pada wanita adalah 28 hari. Dimana akan terjadinya ovulasi atau proses keluarnya sel telur yang telah matang adalah 2 minggu yang dihitung berdasarkan hari pertama menstruasi. Jika sel sperma telah berhasil membuahi sel telur, maka hal inilah yang akan menjadi awal dari telah terjadinya berbagai proses biologi yang akan mengarah kepada pembentukan janin.
Oleh karena itu memperkirakan HPL dengan menggunakan kalkulator ini biasanya akan dihitung 40 minggu sejak hari pertama menstruasi yang terakhir. Tetapi perkiraan tersebut belum tentu kepastiaannya. Pada saat memerikasakan kandungan maka dokter atau bidan dapat mempekirakan hari lahir yang berbeda beda dan itu akan bergantung kepada hasil pemeriksaan seperti dengan menggunakan alat ultrasonografi atau USG.

3.    Membantu Memperkirakan Kenaikan Berat Badan Yang Normal
Kalkulator penghitung masa kehamilan juga dapat digunakan untuk membantu ibu melihat dan memperkirakan kenaikan berat badan yang normal pada saat sedang menjalani masa kehamilan. Secara umum, para wanita hamil tersebut sebaiknya mengalami kenaikan berat badan sekitar 1 hingga 2 Kg pada 3 bulan yang pertama diusia kehamilannya. Kemudian hingga mendekati HPL rata rata kenaikan berat badan ibu hamil sekitar 0,5 Kg per minggu.
Perhitungan ini tentunya akan berbeda bagi ibu yang mengandung bayi kembar. Karena kebanyakan kasus pada hamil kembar akan lebih awal HPL nya dari perkiraan. Untuk menjamin bayi kembar akan terlahir sehat maka ibu hamil juga perlu memantau kenaikan berat badan normalnya. Selain itu juga jika ibu hamil memantau berat badan setiap bulannya maka akan dapat membantu ibu terhindari dari kelebihan berat badan atau overweight pada saat hamil. Ibu hamil harus menghindari kondisi berat badan yang berlebihan pada saat akan melahirkan, karena kondisi seperti ini dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi seperti tekanan darah tinggi, diabetes gestasional, dan makrosomia.
Itulah 3 manfaat penggunaan kalkulator untuk menghitung usia kehamilan. Pada intinya menggunakan kalkulator untuk menghitung usia kehamilan dan perkembangan janin ini dapat memberikan informasi tentang peningkatan berat badan yang disarankan.


1 Response to "3 Manfaat Penggunaan Kalkulator Untuk Menghitung Usia Kehamilan"

  1. Oo maksudnya ini hitung sendiri ya, bukan dibantu dokter?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel