Budayakan Cuci Tangan dengan Benar !

sumber : alodokter.com


Cuci tangan seringkali dianggap sepele. Kalaupun tidak, masih banyak orang yang belum melakukan cuci tangan dengan baik dan benar. Cuci tangan bukan sekedar membasuh tangan dengan air/sabun. Cuci tangan yang benar ada langkah-langkahnya. Dan bila kamu melakukan langkah-langkah itu dengan tepat maka baru bisa dibilang kalau kamu sudah melakukan cuci tangan dengan benar.

Di tempat saya bekerja, yakni di rumah sakit, cuci tangan merupakan aktivitas yang wajib dilakukan bagi para petugas disana. Ada lima momen dimana para staf rumah sakit wajib melakukan cuci tangan. Lima momen itu adalah sebelum kontak dengan pasien, sebelum tindakan aseptik, sesudah terkena cairan tubuh pasien, setelah kontak dengan pasien dan setelah kontak dengan lingkungan di sekitar pasien.

Diantara lima momen tersebut ada beberapa momen yang tidak hanya melingkupi staf rumah sakit saja, tapi ada juga yang melingkupi untuk pengunjung rumah sakit. Misalnya bila kamu menjenguk orang di rumah sakit maka kamu juga wajib melakukan cuci tangan. Cuci tangan yang direkomendasikan untuk para pengunjung rumah sakit adalah saat sebelum kontak dengan pasien, setelah kontak dengan pasien dan setelah kontak dengan lingkungan sekitar pasien.

Jadi ketika kamu menjenguk, ada baiknya sebelum masuk ruang perawatan, kamu mencuci tangan terlebih dahulu. Kemudian begitu selesai menjenguk kamu juga wajib mencuci tangan dengan benar. Hal ini bertujuan untuk keselamatan diri kamu dan pasien yang dijenguk. Cuci tangan yang benar sebelum menjenguk pasien akan meminimalisir pasien terinfeksi bakteri/kuman/virus yang ada di tangan kita. Dan cuci tangan sesudah menjenguk pasien bertujuan agar diri kamu tidak tertular penyakitnya pasien.

Pernah ada penelitian yang meneliti tentang cuci tangan pada staf rumah sakit. Hasil penelitian itu menyimpulkan bahwa bila orang tidak melakukan cuci tangan dengan benar maka di sela-sela tangannya masih terdapat kuman/bakteri/virus. Saya sendiri pernah mengalaminya sendiri, saya mencoba cuci tangan menggunakan sarung tangan. Kemudian saya menggunakan odol sebagai contoh sabunnya. Ketika saya cuci tangan asal-asalan ternyata ada beberapa bagian di tangan saya yang tidak terkena odol. Itu artinya masih ada kuman/virus/bakteri di tangan saya yang mengindikasikan bahwa tangan saya belumlah bersih meski sudah cuci tangan. Nah lho, parah kan?

Cuci tangan adalah salah satu aktivitas sederhana untuk memutus mata rantai bakteri/virus/kuman masuk kedalam tubuh. Kuman/virus/bakteri bisa masuk ke dalam manusia melalui oral, inhalasi dan kulit. Nah cuci tangan merupakan salah satu pencegahan penularan penyakit via oral. Dengan tangan yang bersih maka resiko kuman/virus/bakteri di tangan masuk ke dalam tubuh bisa terminimalisir.

Seperti yang saya singgung di awal, cuci tangan yang benar ada langkah-langkahnya. Publik biasa mengenal 7 langkah cuci tangan, namun ada juga yang mengenal 6 langkah cuci tangan. Diantara dua jenis langkah cuci tangan diatas, sebenarnya tahapannya sama saja. Yang membedakan adalah di cuci tangan enam langkah tidak ada membasuh pergelangan tangan.

Untuk tujuh langkah cuci tangan sendiri diantaranya adalah
1.       Basuh telapak tangan
2.       Usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian
3.       Gosok sela sela jari hingga bersih
4.       Bersihkan ujung jari secara bergantian
5.       Gosok dan putar ibu jari secara bergantian
6.       Letakkan ujung jari ke telapak tangan lalu gosok perlahan. Lakukan secara bergantian antar tangan kiri dan kanan
7.       Terakhir, bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara membilasnya

7 langkah cuci tangan
sumber : duniabidan.com

Nah itulah tujuh langkah cuci tangan yang benar. Kalau cuci tangan versi enam langkah tahapan nomor 1-6 diatas sama, namun untuk langkah ke tujuh tidak ada. Untuk durasi cuci tangan pun ada rekomendasinya. Bila kamu mencuci tangan menggunakan aseptik gel (handscrub) lama cuci tangan yang direkomendasikan adalah 25-30 detik. Namun bila kamu menggunakan sabun cuci tangan durasi yang disarankan adalah sekitar 40-60 detik.

Cuci tangan jangan dianggap sepele. 7 langkah cuci tangan dapat mencegah penyebaran kuman yang ada di tangan. Dengan melakukan cuci tangan yang benar maka kamu bisa terlindung dari penyakit-penyakit berbahaya. Mari ajak seluruh orang-orang terdekat untuk melakukan 7 langkah cuci tangan dengan benar. Sayangi keluarga dan ayo budayakan perilaku hidup bersih dan sehat mulai sekarang.



1 Response to "Budayakan Cuci Tangan dengan Benar !"

  1. Sekarang saya juga makin aware untuk cuci tangan setelah besuk teman dirumah sakit. Tapi malah masih sering lupa untuk lebih rajin dan serius cuci tangan di kegiatan keseharian

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2