Sunday, 14 July 2019

Tips Memilih Mobil Keluarga

tips memilih mobil keluarga



Mobil keluarga merupakan impian semua orang. Ketika berselancar di forum jual beli rumah, saya melihat banyak sekali orang yang membeli rumah dengan spesifikasi khusus ada carportnya dan jalan rumahnya masuk mobil. Meskipun saat itu ia belum memiliki mobil, namun ia sudah punya arah untuk punya mobil kedepannya. Punya mobil memang merupakan salah satu tujuan hidup sebagian besar orang, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Saya sendiri saat ini belum ada niatan untuk memiliki mobil. Sebagai pengantin baru saya justru lebih tertarik untuk memiliki rumah. Sekarang pun saya masih mencari-cari rumah itu, dan seperti kebanyakan orang, saya juga mencari rumah yang memiliki akses mobil didalamnya. Hehe meskipun sekarang belum ada niat, tapi siapa tahu kedepannya ada rejeki nomplok.

Memiliki mobil keluarga tentu banyak manfaatnya. Selain bisa digunakan untuk keuarga, mobil ini juga bisa dipakai untuk kepentingan lainnya, seperti membawa barang yang banyak, berpergian bersama teman-teman atau hanya sekedar keliling-keliling komplek. Namun untuk penggunaannya sendiri, seperti halnya namanya, mobil keluarga pasti sangat cocok dipakai untuk keluarga. Khususnya keluarga yang memiliki banyak anggota.

Sewaktu lebaran lalu, ada banyak sekali persewaan mobil yang membuka jasa. Kebanyakan mobil yang ditawarkan adalah mobil yang berkapasitas penumpangnya banyak. Jelas saja begitu, soalnya kalau mobil yang ditawarkan mobil kecil, tentu jarang ada peminatnya. Kalaupun ada, pasti beresiko, karena bisa rusak akibat overload. Mobil-mobil yang disewakan sewaktu lebaran biasanya digunakan untuk mudik atau silaturahmi ke saudara-saudara. Penggunaannya pun lumayan berat, karena akan dipacu ratusan kilometer dan ditumpangin banyak orang dan barang.

Makanya, buat kamu yang tertarik untuk membeli mobil keluarga, jangan lupa untuk berpikir sampai kesana, karena mobil keluarga banyak dipergunakan untuk hal-hal yang bersifat kekeluargaan. Memilih mobil keluarga ternyata tak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang mesti kamu pastikan keberadannya pada calon mobil keluarga itu. Mobil keluarga adalah mobil yang diperuntukkan oleh orang-orang tersayang, maka faktor keselamatan adalah hal utama yang wajib kamu penuhi.

Mobil-mobil keluaran sekarang sudah banyak memasang fitur safety di dalamnya. Salah satu sistem safety tersebut adalah sistem pengereman ABS+EBD+BA. Sebelum membeli, pastikan mobil kamu sudah terfasilitasi sistem pengereman yang katanya terbaik ini. ABS atau anti lock braking adalah sistem pengereman yang mencegah roda terkunci ketika mobil merem mendadak. Fitur BAS juga sangat membantu ketika mengemudi di jalan yang berkelok-kelok nan licin. Selain ABS, kamu juga harus memastikan di mobil sudah terfasilitasi fitur airbag.

Bila fitur keselamatan sudah terpenuhi, maka lanjut untuk kriteria mobil keluarga selanjutnya, yakni kapasitas penumpang. Pilihlah mobil dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Bila anggota keluarga cukup banyak silakan pilih mobil yang berkapasitas banyak. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, tapi tak apa, karena bila kamu memaksa membeli mobil berkapasitas kecil, sedangkan penumpang yang menaikinya cukup banyak maka dapat membahayakan keselamatan kamu sekeluarga. Selain itu, mobil kamu pun bisa cepat rusak akibat kelebihan beban. Mobil keluarga berkapasitas penumpang besar ada banyak dipasaran. Harganya pun bisa bersaing. Jadi, Kamu nggak perlu khawatir.

mobil keluarga


Tips yang ketiga, pilihlah mobil yang nyaman dan dilengkapi fitur-fitur tambahan yang up to date seperti TV, radio, DVD atau audio player. Berhubung penggunaannya nanti kebanyakan oleh keluarga, maka fitur-fitur itu wajib ada di dalam mobil kamu. Mobil yang nyaman gak selalu mobil mahal. Kenyamanan bisa dilihat dari interior dalam mobil, keempukan joknya serta ruangan yang lapang di dalam mobil. Dengan mobil yang nyaman, maka berpergian bersama keluarga dengan mobil ini akan semakin mengasikkan.

Tips selanjutnya adalah perhatikan biaya perawatan, biaya spare part dan bahan bakarnya. Biaya perawatan, spare part dan bahan bakar merupakan biaya yang akan kamu keluarkan secara rutin. Jadi Pastikan biaya-biaya untuk kebutuhan rutin tersebut sesuai standar kantong kamu. Soalnya ada teman saya yang kesulitan untuk membiayai spare part mobilnya, akibat spare partnya ternyata masih sangat jarang di Indonesia.

Dan terakhir, pastikan nilai jual mobil keluarga ini. Seperti hal nya kendaraan lainnya, mobil juga punya batas usia pemakaian. Bila sudah sampai batas pemakaian tentu kita wajib untuk mengganti ke mobil baru. Namun, kebanyakan orang lebih memilih untuk menjual mobil tersebut ketimbang menunggunya sampai batas pemakaian. Nah biasanya mobil second ini harganya sangat turun sekali dari harga baru. Makanya kamu juga perlu memperhatikan hal yang sering dibilang sepele ini. Sebelum membeli mobil keluarga, pastikan nilai jual kembali mobil itu tidak jatuh-jatuh banget. Ya minimal, standar mobil bekas lainnya lah.

Nah itu sedikit tips memilih mobil keluarga versi saya. Tentu tips tersebut kurang greget kalau tanpa diberikan contoh nya. Saya punya rekomendasi untuk kamu yang sedang memilih mobil keluarga. Tips-tips diatas ada semua di dalam mobil ini. Jadi kamu bisa pertimbangan ini rekomendasi dari saya. Mobil keluarga yang sama maksud ini adalah Mobil New Avanza.

Meskipun dikatakan sebagai mobil sejuta umat, tapi kamu gak perlu malu, soalnya New Avanza sudah dibekali oleh berbagai fitur-fitur canggih di dalamnya. Untuk eksterior sendiri sudah tampak lebih modern dan kekinian bila dibandingkan dengan avanza zaman old. Terus, jok mobilnya terbuat dari bahan fabric yang akan membuatnya jauh lebih nyaman dan empuk. Ada seatbelt di setiap sisi jok yang berfungsi untuk keselamatan. Fitur keselamatan lainnya adalah adanya fitur ABS, airbag dan ISOFIX untuk child seat. Fitur ini sangat penting buat mobil keluarga, dan New Avanza sudah memfasilitasinya dengan baik.

mobil keluarga
sumber : www.toyota.astra.co.id

Mobil New Avanza sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga, sebab kapasitasnya cukup besar, yakni untuk 7-8 orang. Untuk perawatannya mudah, karena bengkel toyota hampir selalu ada di setiap daerah di Indonesia. Spare partnya pun cukup banyak dipasaran. Dan yang paling penting, harga jualnya kembali cukup bersaing dan gak jatuh-jatuh banget dipasaran. Gimana, masuk kriteria mobil keluarga banget kan?


1 komentar

Terima kasih banyak Bang tipsnya 😊


EmoticonEmoticon