Sosial Media

Tips Mengganti Oli Motor

oli motor



Oli pada motor merupakan kompenan yang wajib kamu perhatikan. Oli punya beberapa fungsi yang akan mempengaruhi bagaimana kinerja motor kamu. Fungsi utama oli pada motor adalah sebagai pengurang gesekan-gesekan antar komponen pada mesin. Gesekan-gesekan antar komponen ini seringkali menghasilkan kotoran baru. Bila kotoran ini tidak dipindahkan maka bisa menyebabkan kerusakan di komponen-komponen penting. Nah tugas oli lah yang akan membersihkan kotoran tersebut. Selain itu oli juga berperan penting dalam proses perpindahan panas yang berlebihan di dalam motor. Dengan adanya oli maka mesin motor akan terjaga suhunya dan mencegah dari panas berlebih yang dapat menyebabkan mesin aus.

Makanya ada baiknya kamu lebih care soal perolian pada motor nih guys. Soalnya, kalau motor kamu kehabisan oli maka bisa menyebabkan keadaan berbahaya. Saya sendiri pernah mengalaminya ketika kuliah dulu. Namanya juga mahasiswa perantauan, jadi untuk menyambung hidup kadang ada beberapa hal yang dikorbankan. Nah waktu itu saya korbankan deh service berkala pada motor. Biasanya saya service motor rutin satu bulan sekali, tapi saat itu malah empat sampai lima bulan sekali. Padahal setiap hari motor tersebut saya pakai untuk mobilisasi kampus-kosan dan tempat lainnya. Akibatnya, suatu hari rantai motor saya pernah lepas dari gearnya, yang menyebabkan saya nyaris jatuh dari motor.

Untungnya saya mampu menjaga keseimbangan sehingga tidak sampai jatuh. Selain itu kondisi jalanan pun tidak ramai, sehingga tidak ada resiko tabrakan dari kendaraan lain akibat motor saya yang berhenti mendadak itu. Begitu rantai motor lepas, saya pun mencoba memasangnya kembali. Namun saya mengalami kesulitan ketika mencobanya, soalnya rantai motor ini sangatlah kering. Setelah mencoba beberapa kali, akhirnya rantai bisa terpasang kembali, itupun akibat dibantu pengendara lain yang kebetulan lewat.

Setelah kejadian itu saya langsung membawa motor saya ke bengkel. Apesnya, saat perjalanan ke bengkel rantai motor kembali lepas. Saya pun kembali meminggirkan motor dan memasang rantai lagi. Benar-benar merepotkan. Saya sempat menyesal karena tidak rutin lagi dalam service motor. Sesampai di bengkel, akhirnya didapat penyebab mengapa rantai motor saya sering lepas begitu. Ternyata penyebabnya adalah karena oli motor saya sudah habis.

tips mengganti oli motor


Petugas bengkel tersebut merekomendasikan ke saya bahwa oli motor wajib diganti secara rutin sesuai jarak tempuh motor per harinya. Bila motor tersebut dipakai 20-50 km per harinya, waktu yang direkomendasikan untuk mengganti olinya adalah setiap 1,5 bulan sekali. Bila penggunaannya diatas 50 km maka bisa dilakukan pergantian setiap 1 bulan sekali. Atau bila motor kamu biasanya menempuh hingga 200km per harinya, maka kamu wajib mengganti oli setiap dua minggu sekali.

Selain waktu, tips mengganti oli lainnya adalah sebaiknya kamu melakukan pergantian oli di bengkel-bengkel dan tidak melakukannya sendiri, apalagi buat kamu yang masih awam soal ini. Ketika mengganti oli, ada prosedur-prosedur yang wajib dilakukan. Prosedur tersebut biasanya sudah diberlakukan di bengkel-bengkel motor. Nah dengan mematuhi prosedur tersebut maka akan terhindar dari kerusakan tambahan pada motor kamu. Tetangga saya pernah mengalaminya. Tangki oli pada motornya bocor akibat dia mengganti olinya sendiri. Padahal ia tidak begitu paham soal motor dan hanya berbekal info dari youtube untuk melakukannya. Ujung-ujungnya ia ke bengkel juga untuk membetulkannya dan bonusnya ia kena biaya perbaikan yang lebih besar lagi.

Tips mengganti oli motor yang terakhir adalah tentu saja jenis oli itu sendiri. Orang awam biasanya akan menyerahkan seluruhnya kepada petugas bengkel akan jenis oli yang digunakan pada motornya. Padahal ada baiknya, pemotor minimal juga tahu mengenai oli terbaik untuk motornya. Oli yang baik akan membuat kinerja motor menjadi baik. Makanya seorang yang memiliki motor minimal harus tahu oli-oli apa saja yang sesuai dengan spesifikasi kendaraannya.

Nah disini saya merekomendasikan satu oli motor yang sudah saya pakai semenjak kuliah dulu. Kebetulan oli motor yang saya pakai ini bisa digunakan untuk semua jenis motor. Oli motor itu adalah Yamalube. Yamalube sendiri banyak jenisnya dan bisa kamu sesuaikan dengan jenis motor yang kamu punya. Oli motor yamalube tersedia untuk motor matic, motor matic premium besar, motor bebek, motor kopling dan motor sport. Untuk kisaran harganya pun standar, sekitar kisaran 38.000 – 75.000.

oli motor


Oli motor yamalube sangat nyaman sekali ketika dipadu dengan motor matic yang saya punya. Tarikannya terasa ringan sekali. Mesin motor pun jauh lebih awet karenanya. Oli motor yamalube juga tidak terlalu mahal dan bisa kamu dapatkan dimana saja. Gas buang yang dihasilkan pun lebih rendah dan ramah lingkungan. Formula sintetik yang ada di dalam oli motor yamalube, memberikan perlindungan mesin dari keausan, kerak dan kerusakan sehingga membuat kinerja motor semakin maksimal.

Nah itulah tips mengganti oli motor versi saya. Lakukanlah service berkala pada motor kamu. Jangan lupa untuk mengganti oli sesuai penggunaan motor sehari-hari. Dengan begitu, maka akan memperpanjang umur motor kamu sehingga motor tidak cepat rusak dan kamu pun bisa berkendara jauh lebih aman setiap harinya.


2 Responses to "Tips Mengganti Oli Motor"

  1. Saya pakai Yamalube terus kalau untuk motor. Nggak berani neko-neko. Tapi udah berapa bulan ya nggak ganti 😂😂😂

    ReplyDelete
  2. Boleh di save nih. Trus, kasih adik, #eh🙊

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel