Tips Terhindar dari Penyakit TBC


penyakit tbc


Berdasarkan hasil Riskesdas 2018, penyakit TBC masih diderita oleh 400 dari 100.000 masyarakat Indonesia. Angka ini masih sama bila dibandingkan dengan Riskesdas 2010 dan 2007. Meski tidak ada perubahan, namun angka ini masih terbilang tinggi, karena Indonesia menargetkan hanya 245 dari 100.00 penduduknya lah yang mengidap TBC.

Penyakit TBC merupakan penyakit yang cukup mudah dalam penularannya. Biasanya bila dalam satu rumah ada satu orang pengidap TBC, dan anggota keluarga lainnya masih kurang paham terkait epidemiologi penyakit TBC, maka keluarga tersebut beresiko tertular cukup besar. Metode penularan penyakit TBC yang cukup mudah, yakni dari udara turut menjadi alasan mengapa angka TBC masih besar di masyarakat.

Penyembuhan TBC sebenarnya tidak sulit-sulit banget, pasien akan diminta untuk konsisten meminum obat selama periode tertentu saja, sekaligus menjaga daya tahan tubuhnya. Dan untuk pencegahan penularannya sendiri pun terbilang mudah, yakni pasien diminta minum obat secara rutin, dan menggunakan masker ketika beraktivitas dengan orang-orang.

Bahkan pasien TBC pun sebenarnya tidak perlu memakai masker setiap saat, karena ada literature yang menyebutkan bahwa pasien TBC bila ia sudah mengkonsumsi obatnya secara rutin selama 2 bulan full, maka resiko penularan ke orang lain akan kecil sekali.

Nah buat kamu yang masih terbebas dari TBC dan sehat, ada beberapa tips agar terhindar dari penyakit TBC. Tips-tips ini ada baiknya dijalankan dengan baik dan benar, agar kamu bisa terlindungi dari bahaya penyakit TBC. Jangan lupakan satu orang TBC bisa menularkan penyakitnya ke 10-15 orang per tahunnya lho. Berikut tips nya

1. Menjaga kebersihan tempat tinggal
TBC merupakan penyakit yang menular melalui udara. Resiko tertular bisa diminimalisir apabila tempat tinggal kita memiliki sirkulasi udara atau penghawaan yang bagus. Selain itu pencahayaan yang baik juga turut berperan dalam pencegahan infeksi TBC. Jadi segera perhatikan sirkulasi udara di tempat kamu tinggal, pastikan penghawaan dalam kondisi baik dan ada sinar matahari masuk ke dalam rumah., Bila rumah kamu sudah memiliki pencahayaan dan penghawaan yang baik, jangan lupa untuk selalu dibersihkan secara berkala ya. Karena debu-debu yang ada bisa menjadi sarang penyakit lainnya.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Sistem imun berperan penting dalam proses perjalanan penyakit pada tubuh manusia. Manusia tidak akan terserang penyakit bila system imun dalam tubuhnya kuat. Bila system imunnya lemah, maka sebaliknya, tubuh manusia akan rentan terserang penyakit. Makanya cara kedua paling ampuh dalam mencegah tertular penyakit TBC adalah dengan menjaga/meningkatkan system imun tubuh. Meningkatkan system imun tubuh ada banyak caranya, seperti menjaga pola tidur, konsumsi makan makanan yang sehat dan bergizi dan konsumsi multivitamin.

3. Lindungi diri dengan asuransi
Meski kamu sudah menjaga lingkungan tempat tinggal dan meningkatkan system imun, namun resiko tertular penyakit TBC masihlah ada. TBC merupakan penyakit menular. Jadi resiko tertular selalu ada dan mengintai setiap orang. Makanya untuk perlindungan maksimalnya, ada baiknya kamu bentengi diri kamu dengan asuransi kesehatan. Dengan asuransi, maka kamu tidak perlu khawatir lagi apabila terserang penyakit TBC dan kesulitan dalam biaya berobatnya.

Simplr bisa menjadi asuransi pilihan bagi kamu yang masih bingung dengan produk asuransi. Asuransi simplr   melalui produk perlindungan dana sehat nya bisa menjadi solusi jitu dalam mencegah infeksi penyakit TBC. Produk asuransi perlindungan dana sehat akan melindungi kamu dari pneumonia dan empat penyakit lainnya. Selain itu, kamu juga bakal dapat manfaat perlindungan atas tindakan bedah, kecelakaan dan kematian.

Intinya, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jangan sampai ada TBC dulu baru kita berbenah diri. Maka lakukanlah tindakan pencegahan dan perlindungan sejak dini. Mulailah dari diri sendiri, mulai dari hal kecil dan mulailah dari sekarang.

0 Response to "Tips Terhindar dari Penyakit TBC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2