Showing posts with label Experience. Show all posts
Showing posts with label Experience. Show all posts

Thursday, 18 July 2019

Budayakan Cuci Tangan dengan Benar !

sumber : alodokter.com


Cuci tangan seringkali dianggap sepele. Kalaupun tidak, masih banyak orang yang belum melakukan cuci tangan dengan baik dan benar. Cuci tangan bukan sekedar membasuh tangan dengan air/sabun. Cuci tangan yang benar ada langkah-langkahnya. Dan bila kamu melakukan langkah-langkah itu dengan tepat maka baru bisa dibilang kalau kamu sudah melakukan cuci tangan dengan benar.

Di tempat saya bekerja, yakni di rumah sakit, cuci tangan merupakan aktivitas yang wajib dilakukan bagi para petugas disana. Ada lima momen dimana para staf rumah sakit wajib melakukan cuci tangan. Lima momen itu adalah sebelum kontak dengan pasien, sebelum tindakan aseptik, sesudah terkena cairan tubuh pasien, setelah kontak dengan pasien dan setelah kontak dengan lingkungan di sekitar pasien.

Diantara lima momen tersebut ada beberapa momen yang tidak hanya melingkupi staf rumah sakit saja, tapi ada juga yang melingkupi untuk pengunjung rumah sakit. Misalnya bila kamu menjenguk orang di rumah sakit maka kamu juga wajib melakukan cuci tangan. Cuci tangan yang direkomendasikan untuk para pengunjung rumah sakit adalah saat sebelum kontak dengan pasien, setelah kontak dengan pasien dan setelah kontak dengan lingkungan sekitar pasien.

Jadi ketika kamu menjenguk, ada baiknya sebelum masuk ruang perawatan, kamu mencuci tangan terlebih dahulu. Kemudian begitu selesai menjenguk kamu juga wajib mencuci tangan dengan benar. Hal ini bertujuan untuk keselamatan diri kamu dan pasien yang dijenguk. Cuci tangan yang benar sebelum menjenguk pasien akan meminimalisir pasien terinfeksi bakteri/kuman/virus yang ada di tangan kita. Dan cuci tangan sesudah menjenguk pasien bertujuan agar diri kamu tidak tertular penyakitnya pasien.

Pernah ada penelitian yang meneliti tentang cuci tangan pada staf rumah sakit. Hasil penelitian itu menyimpulkan bahwa bila orang tidak melakukan cuci tangan dengan benar maka di sela-sela tangannya masih terdapat kuman/bakteri/virus. Saya sendiri pernah mengalaminya sendiri, saya mencoba cuci tangan menggunakan sarung tangan. Kemudian saya menggunakan odol sebagai contoh sabunnya. Ketika saya cuci tangan asal-asalan ternyata ada beberapa bagian di tangan saya yang tidak terkena odol. Itu artinya masih ada kuman/virus/bakteri di tangan saya yang mengindikasikan bahwa tangan saya belumlah bersih meski sudah cuci tangan. Nah lho, parah kan?

Cuci tangan adalah salah satu aktivitas sederhana untuk memutus mata rantai bakteri/virus/kuman masuk kedalam tubuh. Kuman/virus/bakteri bisa masuk ke dalam manusia melalui oral, inhalasi dan kulit. Nah cuci tangan merupakan salah satu pencegahan penularan penyakit via oral. Dengan tangan yang bersih maka resiko kuman/virus/bakteri di tangan masuk ke dalam tubuh bisa terminimalisir.

Seperti yang saya singgung di awal, cuci tangan yang benar ada langkah-langkahnya. Publik biasa mengenal 7 langkah cuci tangan, namun ada juga yang mengenal 6 langkah cuci tangan. Diantara dua jenis langkah cuci tangan diatas, sebenarnya tahapannya sama saja. Yang membedakan adalah di cuci tangan enam langkah tidak ada membasuh pergelangan tangan.

Untuk tujuh langkah cuci tangan sendiri diantaranya adalah
1.       Basuh telapak tangan
2.       Usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian
3.       Gosok sela sela jari hingga bersih
4.       Bersihkan ujung jari secara bergantian
5.       Gosok dan putar ibu jari secara bergantian
6.       Letakkan ujung jari ke telapak tangan lalu gosok perlahan. Lakukan secara bergantian antar tangan kiri dan kanan
7.       Terakhir, bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara membilasnya

7 langkah cuci tangan
sumber : duniabidan.com

Nah itulah tujuh langkah cuci tangan yang benar. Kalau cuci tangan versi enam langkah tahapan nomor 1-6 diatas sama, namun untuk langkah ke tujuh tidak ada. Untuk durasi cuci tangan pun ada rekomendasinya. Bila kamu mencuci tangan menggunakan aseptik gel (handscrub) lama cuci tangan yang direkomendasikan adalah 25-30 detik. Namun bila kamu menggunakan sabun cuci tangan durasi yang disarankan adalah sekitar 40-60 detik.

Cuci tangan jangan dianggap sepele. 7 langkah cuci tangan dapat mencegah penyebaran kuman yang ada di tangan. Dengan melakukan cuci tangan yang benar maka kamu bisa terlindung dari penyakit-penyakit berbahaya. Mari ajak seluruh orang-orang terdekat untuk melakukan 7 langkah cuci tangan dengan benar. Sayangi keluarga dan ayo budayakan perilaku hidup bersih dan sehat mulai sekarang.



Read More

Monday, 11 June 2018

Pengalaman Perpanjang SIM C di SIM Keliling






Sabtu yang lalu saya pergi mengurus perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) C motor yang akan habis periodenya  pada 16 Juni mendatang. Sekarang ini, kalau telat perpanjang SIM, maka kalian akan diminta untuk bikin SIM baru lagi. Tes tulis lagi. Tes naik motor lagi. Haduh pasti bikin repot kan. Makanya jangan sampe telat untuk perpanjang SIM ya. Sebenarnya, saya berkesempatan untuk bisa perpanjang SIM sampai lebih dari periode SIM saya, hal ini dikarenakan SIM saya habis bertepatan dengan Hari raya Idul Fitri. Ada himbauan dari Kapolri yang mengatakan bahwa jika SIM kita habis pada masa lebaran, maka kita diperbolehkan untuk mengurusnya hingga seminggu setelah hari raya.

Syarat untuk perpanjang SIM C sangat mudah, cukup siapkan SIM lama dan dua buah fotocopy ktp. Untuk lokasinya bisa di Samsat domisili atau di Samsat Keliling. Berhubung rumah saya dekat dengan lokasi samsat keliling, akhirnya saya mengurusnya di Samsat keliling jalan Dewi Sartika.
Jam operasional untuk samsat keliling ini dimulai dari Jam 8. Saya sarankan untuk datang lebih awal, karena jika kita telat sedikit maka kita dapat antrian yang panjang. Saya sendiri datang jam 8.30 dan dapat antrian no 55. Sebenarnya proses perpanjang SIM nya sebentar saja, paling Cuma 5-10 menit. Tapi gara-gara antri, saya baru masuk ke Mobil Samsat sekitar jam 10 lewat dan selesai semuanya hingga pukul 10.30

Lalu apa saja persiapan-persiapan dan tahap-tahap pengurusannya? Silakan cek dibawah ini

1.       Pastikan bawa SIM dan SIM anda memang mau habis masa berlakunya.
Sebelum ke samsat, ada baiknya kita cek lagi dengan seksama mengenai masa berlaku SIM, karena kemarin ketika saya mengurus SIM, ada bapak-bapak yang mau perpanjang SIM tapi di tolak mentah-mentah gara gara masa berlakunya SIM nya sudah habis. Ia pun disuruh untuk membuat SIM baru di Samsat Pusat di Daan Mogot. Beuh jauh banget ya itu. Untuk waktu dibolehkannya pengurusan perpanjang SIM boleh kapan aja, asal sebelum masa berlakunya habis. Mau sehari sebelumnya, sebulan sebelumnya atau setahun sebelumnya. Boleh kok.

2.       Siapkan pulpen dan Fotocopy KTP
Nah ini nih hal yang memegang peranan penting dalam mengurus perpanjang SIM. Jangan lupa bawa pulpen guys. Soalnya kita bakal diminta untuk mengisi formulir disana. Memang sih, disana ada yang jual pulpen, tapi dihargai 3000 per pulpen. Terus juga stok pulpen si penjual ini terbatas, Cuma satu kotak. Nah biasanya pada beli disana tuh, makanya cepet abis. Daripada bingung minjem pulpen ya lebih baik bawa sendiri kan?

Ketika browsing-browsing saya menemukan artikel yang mengatakan bahwa selain membawa dua fotocopy ktp kita juga harus membawa dua fotocopy SIM lama. Untuk berjaga-jaga, saya pun membawa dua duanya. KTP dan SIM. Tapi ternyata yang dipakai hanya fotocopy KTP saja. Disini juga menyediakan tempat fotocopy, jadi jangan khawatir kalau tidak bawa fotocopy ktp-nya, tapi yang wajib kamu khawatirkan adalah harga fotocopy nya yang mahal. He he

3.       Segera ke Pendaftaran dan isi daftar hadir
Begitu sampai ke lokasi samsat keliling, saya sarankan kalian untuk segera ke arah pendaftaran. Di Samsat keliling Dewi Sartika sendiri, meja pendaftarannya tepat di samping Mobil Samsat.  Sistem pendaftarannya, kita diminta untuk mengisi Daftar hadir. Daftar hadir ini digunakan untuk acuan nomor antrian nanti. Isi daftar hadir ini meliputi, nama, alamat, nomor telepon dan mau perpanjang SIM apa. Nah disinilah pentingnya datang lebih awal, karena dengan semakin pagi kita datang, maka semakin cepat kita bisa absen di daftar hadir ini.

4.       Penyerahan Formulir Pendaftaran SIM
Setelah mengisi daftar hadir, jangan kemana-mana dulu, karena beberapa waktu kemudian kamu akan dipanggil untuk mengisi formulir pendaftaran SIM yang diberikan oleh petugas pendaftaran tadi. Pada tahap ini siapkan SIM asli dan dua fotocopy KTP. Tunggu sampai nama kalian dipanggil. Begitu dipanggil, SIM asli dan fotocopy KTP kamu akan diambil petugas dan distepleskan di formulir perpanjang SIM.

5.       Isi Formulir
Kegunaan pulpen ada di tahap ini. Formulir pendaftaran SIM berupa biodata diri kamu. Isilah selengkap dan sejelas mungkin. Jangan lama-lama dalam mengisi formulir ini, karena setelah mengisi, kamu harus menyerahkan ke petugas verifikasi dan penginputan data di dalam mobil samsat. Semakin cepat kamu menyerahkan ke dalam mobil, maka semakin cepat kamu mendapat nomor antrian.


6.       Tunggu Nomor Antrian
Setelah selesai memberikan ke petugas verifikasi, maka kita akan diminta untuk menunggu. Petugas di dalam akan bergegas melakukan verifikasi SIM kita, apakah sudah lewat masa berlaku atau belum, Jika tidak ada masalah maka ia akan menginputnya langsung ke dalam komputer. Setelah selesai, baru ia akan mengeluarkan nomor antrian. Nomor antrian ini kemudian diserahkan ke petugas pendaftaran awal. Dan dia yang akan membagikan nomor antrian kepada orang-orang.
Proses inilah yang membutuhkan waktu lama. Saya sendiri baru dipanggil sekitar jam 10 dengan nomor antrian 55.

7.       Tes Buta Warna
Begitu nomor antrian dipanggil, segera masuk ke dalam mobil samsat. Disana sudah menunggu petugas kesehatan yang akan mengecek apakah kita buta warna atau tidak. Tes buta warna nya seperti yang biasanya. Kita diminta membaca angka-angka di dalam gambar yang bewarna-warni. Contohnya ada banyak di google.

8.       Foto
Setelah tes buta warna, maka kita akan melakukan sesi pemotretan, pemindaian sidik jari dan tanda tangan. Saran saya, pakailah pakaian yang sopan dan rapi. Lalu tersenyum ketika difoto. Agar hasil fotonya bagus. Untuk pemindaian sidik jari sendiri dilakukan dengan menempekan ibu jari kita selama beberapa saat di mesin pemindaian. Setelah beres baru kita akan diminta tanda tangan di mesin pemindai tanda tangan.
9.       Pembayaran
Selesai proses kedelapan, maka kita akan diminta untuk melakukan pembayaran. Total biaya perpanjang SIM C adalah sebesar Rp 130.000. Biaya ini terdiri dari biaya perpanjang sim, biaya tes buta warna, dan biaya foto. Sayangnya, saya tidak mendapat bukti pembayaran disini. Padahal bukti pembayaran itu penting lho.

10.   SIM baru selesai
Proses pencetakan kartu SIM baru sangat cepat. Begitu selesai dengan pembayaran, maka kita akan diminta untuk keluar mobil samsat dan menunggu sebentar. Dan, ya, kurang lebih satu menit, petugas pembayaran keluar mobil dan langsung menyerahkan SIM baru kita. Dia juga berpesan untuk melapisi SIM saya dengan plastik di petugas pendaftaran awal. Biaya pembuatannya 15 ribu. Sebenarnya sih engga wajib, tapi biar tidak gampang rusak, akhirnya saya melapisi SIM baru saya. Tepat jam 10.30 proses perpanjang SIM C saya selesai dan pulanglah saya ke rumah.

Yap begitulah pengalaman perpanjang SIM C di samsat keliling. Gampang kan? Asal persyaratan lengkap dan datang lebih awal, proses nya akan jauh lebih cepat. Bisa setengah jam saja mungkin. Untuk lokasi SIM keliling bisa dicek di websitenya. Saya lupa namanya, googling aja ya.


Read More

Friday, 27 April 2018

Pengalaman Open Trip Pulau Harapan




Weekend kali ini saya mencoba mengeksplore wisata laut yang ada di Jakarta yaitu Pulau Seribu. Pulau seribu merupakan salah satu wilayah dari DKI Jakarta. Jika memakai kapal laut, jarak dari dermaga muara angke kesana bisa mencapai 1-3 jam. Mulai hits nya pariwisata belakangan ini, membuat pulau seribu menjadi destinasi wisata baru yang wajib di kunjungi. Dan ya, baik pantai, laut dan terumbu karang nya ternyata gak kalah cantiknya lho dengan yang ada di Bali, lombok atau di pantai-pantai selatan.

Untuk bisa ke pulau harapan, traveller bisa berangkat dari Pelabuhan Kali Adem, Pelabuhan Sunda Kelapa atau Dari Ancol.  Saya sendiri berangkat dari Kali Adem, Muara Angke. Untuk tiket masuk dermaganya sebesar 2000 rupiah, sedangkan harga tiket kapal nya untuk sekali berangkat ke pulau harapan yaitu sebesar 60ribu rupiah. Untungnya waktu itu saya mengikuti open trip, jadi segala kebutuhan untuk wisata, baik tiket, makan, tempat tinggal; dan destinasi wisatanya sudah diurus oleh pihak travel. Kita tinggal bawa kebutuhan pribadi aja.

Jujur aja, begitu sampai di Pulau Harapan, saya langsung terkagum-kagum dengan keindahan gugusan pulau disana. Saya sangat menyesal, 25 tahun tinggal di Jakarta, tapi baru sekarang pergi kesini. Ternyata Jakarta tidak hanya punya Mall loh. Tapi juga punya laut yang amazing sekali ini. Selama dua hari satu malam disana saya mengunjungi beberapa pulau yang memiliki keseruannya masing-masing. Apa saja hal seru itu, mari kita bedah satu-satu.

Snorkling di Pulau Macan
Agenda pertama dalam explore pulau harapan ini adalah snorkling. Pulau seribu selain dikenal dengan banyaknya gugusan pulau disana juga terkenal dengan terumbu karangnya yang indah. Lokasi snorkling kami ada di peraoran pulau macan. Lautnya cukup dangkal. 2-3 meter kira-kira dalamnya. Warna lautnya pun hijau tosca denga kejernihannya yang tiada tara. Saking jernihnya, kita bisa melihat ikan-ikan di laut dari atas kapal lho.

Terumbu karang disini masih sangat terjaga. Bentuknya warna-warni dan unik-unik. Selain itu, ikan laut pun berenang kesana kemari, tentu dengan warna yang begitu cantik. Jika traveller snorkling disini, jangan lupa membawa roti, soalnya dijamin ikan-ikan disana akan mengerubungi deh. Berenang bersama ikan-ikan bisa jadi pengalaman dahsyat yang tak tergantikan lho.

Uniknya Pulau Gosong
Pulau gosong memiliki keunikan tersendiri dibandingkan pulau-pulau lainnya. Pulau ini tidak begitu luas dan hanya memiliki pasir di dalamnya. Tidak ada rumah, dermaga, ataupun pepohonan. Pulau ini bisa dikatakan padang pasirnya lautan. Karena sejauh mata memandang hanya ada pasir disana. Pasir putih dengan segala keindahannya. Pulau gosong sangatlah indah, karena pasirnya yang putih, lalu dikelilingi oleh beningnya air laut yang tosca  dan terumbu karang di dalamnya. Jika kita melihat laut di sekeliling Pulau Gosong dari atas kapal, maka teman-teman akan melihat betapa cantiknya terumbu karang disana dan ikan-ikan yang bermain kesana-kemari.

Menikmati Sunset di Pulau Bulat
Setelah capek berenang bersama ikan-ikan dan main air/pasir di pulau gosong, saya diajak untuk beristirahat sejenak di Pulau Bulat sembari menikmati Indomie rebus dan ditemani sunset yang begitu romantis. Pulau Bulat menawarkan spot pantai terbaik untuk melihat sunset. Di pantai nya pun sudah disediakan beberapa bangku taman yang langsung menghadap ke sunset begitu sore tiba. Duduk-duduk sambil bercengkrama dengan sahabat atau kekasih tentu menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan disana. Sayangnya pulau Bulat tidak termasuk pulau tidak berpenghuni. Padahal, ada beberapa bangunan disana, yang bisa dijadikan sarana meraup keuntungan, tapi pemilik bangunan tersebut sepertinya memiliki pemikiran lain dan berpikir lebih baik mengosongkan bangunan tersebut. Tapi, tenang aja, bagi yang lapar dan haus, disana ada satu warung kopi yang bakal menemani kamu kok.

Pulau Sepa yang Photogenik
Ah ini dia salah satu pulau favorit saya. Pulau ini terbagi menjadi dua wilayah, satu untuk ressort/cottage /restoran di pinggir laut dan sisanya adalah wilayah tak berpenghuni. Pulau ini cantiknya bukan main. Jika teman-teman ingin camping di laut, saya menyarankan untuk melakukan camping disini. Pantai nya sangat indah. Sangat sangat indah. Keindahan tersebut akan teman-teman rasakan begitu menginjak dermaga pulau. Hamparan hijau tosca lautan disertai terumbu karang dan banyaknya bulu babi di dalamnya akan menjadi hal pertama yang kamu lihat. Keindahan tersebut akan bertambah berkali lipat begitu melihat ke arah pantai yang dipenuhi oleh pasir putih. Saya yakin, banyak yang berpikir untuk membangun rumah disana, saking cantiknya tempat ini. Dermaga pulau sepa berupa jembatan yang agak menyerong ke laut. Mirip-mirip jembatan cinta-nya pulau Tidung. Dan ya, jembatan ini lah salah satu spot terbaik untuk berfoto-foto, karena memang instragrammable sekali.

Eksotisnya Pulau Perak
Setelah mabuk dengan cantiknya Pulau Sepa, saya makin dibuat mabuk kepayang lagi begitu sampai di pulau Perak. Aduhaaaaiiii. Subhanalllaaaaaaaaah. Sumpah, this is the most beautiful island i’ve ever seen.

Pulau perak termasuk pulau tak berpenghuni. Paling Cuma ada warung kopi aja disana. Cantiknya mirip dengan pulau Sepa. Bedanya, disini disediakan ayunan di pantai. Jadi traveller bisa berfoto di ayunan dengan background laut yang indah. Sesuai dengan namanya, pasir disini benar-benar putih bersih ke perak-perakan. Banyak nya pohon-pohon besar di pantai, membuat pesisir pantai menjadi teduh. Ada beberapa dahan pohon yang sengaja ditaro di pantai. Dahan tersebut bisa dijadikan tempat duduk. Duduk-duduk santai sambil melihat pemandangan laut disini benar-benar bikin menetramkan jiwa. Bikin sejuk. Dan menghilangkan stres yang ada.

Jika kamu punya waktu libur dua hari, saya merekomendasikan untuk berlibur ke pulau harapan, karena saya jamin, kamu pasti tidak akan menyesal. Malah kamu akan menyesal, kenapa hanya di pulau ini dua hari saja.

#Onedayonepost #ODOPbatch5 #tantangan
Read More

Sunday, 18 February 2018

Tips dan Pengalaman Memelihara Kelinci



Saya punya dua kelinci di rumah yang saya pelihara sejak mereka kecil. Saat ini usia mereka udah hampir 10 bulan. Lucu juga, karena bener-bener gak berasa. Banyak yang bilang kalau melihara kelinci itu susah dan cepet mati. Bagi yang bilang gitu, selamat, anda memang benar. Melihara kelinci itu emang gak gampang kok. Tapi bukan berarti gak mungkin ya. Saya aja yang baru pertama kali pelihara kelinci, bisa kok. Tapi tentu aja, semua ada cara-cara dan tips-tipsnya. Gak sembarang pelihara . Semua putuh proses sob. Dan proses emang gak bakal mengkhianati hasil, buat temen-temen yang berproses dengan benar. Bagi temen-temen yang pengen pelihara kelinci, silakan baca tips memelihara kelinci versi saya di bawah ini.

1. Tentukan Tujuan
Kelinci adalah salah satu makhluk hidup. Ada baiknya, sebelum membeli kelinci, kita tentukan dahulu tujuan memelihara kelinci itu apa. Apakah untuk dirawat selayaknya hewan peliharaan seperti kucing atau anjing? Apakah untuk diternakkan? Atau hanya untuk bersenang-senang saja. Kalau untuk bersenang-senang saja, saran saya urungkan lah niat untuk memelihara kelinci, karena itu hanya akan buang buang waktu saja dan membunuh binatang pelan-pelan. Ingat kelinci itu makhluk hidup lho
2. Cari Informasi Tentang Kelinci
Yap. Di Indonesia banyak orang memelihara hewan peliharaan di rumahnya, ada ikan, kucing, anjing, burung dan hamster. Hewan tersebut memang mudah untuk dipelihara. Sehingga menjadi pilihan pertama orang-orang ketika memikirkan hewan peliharaan. Menurut saya masih jarang orang yang memilih kelinci sebagai hewan peliharaan. Biasanya sih alasannya karena, mudah mati dan susah diajarin layaknya kucing atau anjing. Makanya buat kamu yang pengen melihara kelinci, saran saya, cari tau dulu bagaimana tips tips memelihara kelinci. Apa saja jenis kelinci, Bagaimana karakteristiknya, bagaimana cara memilih kelinci yang bagus di tempat penjualannya, apa saja makanan nya, apakah boleh dimandikan, bagaimana kandang idealnya dan lain lain. Saya kira kalau teman-teman sudah memiliki beberapa informasi diatas, itu sedikit membuktikan kalau teman-teman sudah siap untuk memelihara kelinci.

3. Persiapkan Kandang Terlebih Dahulu
Gak cuma buat kelinci, saran saya, buat temen-temen yang ingin memelihara hewan apapun, siapkan kandang dahulu deh. Jangan nyiapin kandang setelah kita beli hewan peliharaannya. Soalnya nanti bakal repot sendiri. Kandang kelinci sebaiknya ditempatin di outdoor. Biar kena udara segar. Kalau di indoor, menurut saya kurang disarankan sih. Soalnya kelinci salah satu hewan berbulu. Dimana bulu bulunya bisa menyebabkan penyakit. Kandang kelinci punya saya sendiri, mirip kandang kucing, dengan litterbox di bawahnya. Kelinci itu tipe hewan yang pup dan pee di satu tempat. Inilah kenapa saya menyarankan teman-teman untuk mempersiapkan kandang dahulu. Nanti setelah kita punya belinci, kita tempatkan dahulu kelinci tersebut di kandangnya selama kurang lebih 3 hari. Kasih makan dan minum dia di kandangnya. Jangan di keluarin dulu deh. Biarkan dia kenal sama kandangnya dulu. Biarkan dia pup dan pee disana dulu beberapa kali.

Dijamin, setelahnya, mau temen-temen lepas, atau keluarin, dia bakal pup dan pee di kandangnya sendiri. Gak bakal dia pup dan pee di tempat lain.

4. Belilah Kelinci yang Sehat
Waktu itu saya beli kelinci di Pasar Burung Jatinegara. Disana banyak banget jual hewan hewan. Penjual kelinci pun banyak. Makanya temen-temen gak usah khawatir nanti. Usahakan kita beli kelinci yang udah dua bulan. Dulu sih saya sempet keliling-keliling dulu, nanyain tiap penjual kelinci berapa umur kelinci yang dia jual. Semua dari mereka serentak bilang kalo udah dua bulan. Saya masih belum percaya tuh. Cuma karena saya gak punya perbandingan besar kelinci dua bulan semana, akhirnya saya milih kelinci yang paling besar diantara seukurannya.



Harga anak kelinci di Jatinegara umumnya sekitar 40 ribu. Kalau temen-temen nanya pertama kali, pasti dikasih harga 60 ribu. Tenang gak usah takut atau emosi apalagi kaget. Kalem aja. Tawar aja. Pasti bakal mau kok abang-abangnya. Asal tawarnya jangan kerendahan ya. patokannya 40 ribu untuk anak kelinci.

Nah abis itu, silakan pilih anak-anak kelinci yang menggemaskan itu. Saran saya pilih yang aktif, gemuk dan berukuran paling besar diantara seukurannya. Oiya pilih aja jenis kelinci hias. Jangan terlalu berekspektasi lebih. Meskipun dibilangnya kelinci hias, kelinci hias di Jatinegara rata-rata adalah silangan. Maksudnya hasil perkawinan silang. Makanya harganya miring. Kalau temen-temen beli langsung di breedernya pasti harganya mahal. Jauh lebih mahal.

Oiya ada baiknya sebelum beli kelinci, kita coba sentuh dia, ajak main atau kasih makan dia, atau gendong dia. Kalo dia mau dan tertarik untuk makan, atau main atau di gendong, langsung pilih deh yang itu. Pengalaman saya dulu beli sepasang, satu mau dikasih makan, satu lagi gak mau. Nah yang mau dikasih makan tadi gampang banget jinaknya. Tapi kalo yang gak mau, buseeehhhh sampe sekarang dia gak jinak jinak sob. Jadi takut gitu sama manusia.

Terus satu lagi, usahakan beli dua. Kenapa, biar kelinci nya gak sendirian atau kesepian. Bisa ada temen mainnya juga. Gak masalah sih beli satu, tapi dua lebih baik sob. Dan kalau emang mau beli dua, yang pasangan jauh lebih baik. Jantan dan betina. Temen-temen haruis ngecek langsung kelaminnya ya. Banyak kok di internet informasinya. Jangan kayak saya. Waktu itu saya beli yang sepasang nih, salahnya saya cuma nanya doang ke penjualnya. Gak ngecek langsung. Pas diumur 6 bulan, begitu saya cek, eh ternyata dua duanya jantah. Aduuuuhhh.

Oiya, anak kelinci itu mudah stress. Makanya pas beli kelinci dan membawanya ke rumah, usahakan pake tempat. Semacam pet cargo gitu.

5. Pakan Kelinci
Kelinci itu hewan herbivora. Pemakan sayur sayuran. Nah tapi kalo kelinci makan itu itu aja di bakal bosan dan gak mau makan. Makanya, ada baiknya teman-teman punya jadwal makanan kelinci. Kelinci itu hewan nokturnal. Hidup di malam hari. Dibandingkan siang, dia lebih aktif di malam hari. Kalau saya ngasih makan kelinci saya dua kali. Pagi dan malam. Pagi biasanya saya kasih sayur-sayuran. Malam saya kasih pelet.

Untuk anak kelinci, saya kebanyakan ngasih makan dia pake pellet. Banyak kok di pasar hewan. Saya biasa kasih pelet dengan Merek Himalaya. 1 kg harganya 15 ribu. Saya sih beli langsung yang karungan 8 kg. harganya 95 ribu. Nah sesekali saya kasih wortel dan buah papaya.

Sebulan setelah saya pelihara, kira-kira umurnya tiga bulan, baru deh saya banyak kasih dia sayuran. Mulai dari kangkung, kembang kol, caisim, wortel dan beberapa buah seperti, semangka, melon, papaya dan pisang.

Untuk waktu makannya, pagi saya kasih sayur-sayuran dan buah-buahan, nah malam saya kasih pelet.

Oiya jangan lupa kasih minum juga ya.

6. Ajak Main Kelincimu
Kelinci itu gak beda jauh sama anjing dan kucing. Meskipun rada pemalu, tapi ia suka diajak main. Kelinci sangat semangat untuk main di jam-jam tertentu aja. Kalo kelinci saya sih jam 6-7 pagi sama maghrib-maghrib.



Ngajak main kelinci gak usah bingung. Kita bikin aja bola bola buatan dari kayu. Biar bisa didorong dorong sama mreka. Dibandingkan dengan kasih benda, saya lebih senang main langsung dengan kelinci saya. Jadi saya kelitikin dia terus dia bakal lari lari sendiri. Terus bakal balik lagi, dan minta dikelitikin lagi.

Oiya kelinci hewan yang suka bersembunyi. Karena emang habitatnya di dalam tanah ya, makanya dia suka tempat yang adem. Nah saya bikin tempat dari kardus yang dibikin pintu gitu. Saya bikin agak banyak. Jadi kelinci saya suka bersembunyi di dalam kardus itu. Nah pas lagi saya ajak main, dia sering ngumpet disana terus.

Oiya usahakan, biar maikin deket, sebaiknya sering-sering deh ajak main kelinci mu dan ngasih makan langsung. Kayak disuapin gitu. Kelinci saya, meskipun biasa makan sendiri, tapi dia seneng banget kalo udah makan disuapin.

Dan satu lagi, kalinci itu hewan pengerat. Dia suka gigitin benda benda keras. Agar giginya gak tonggos dan tetep tajam. Makanya temen-temen harus nyiapin benda dari kayu untuk dieratin sama dia. Soalnya kalo enggak, bisa bisa benda benda sekelilingnya yang dieratin. Saya ingat, sapu, kabel, pintu kayu saya rusak karena dieratin saya mereka.

7. Pup dan Pee
Pup nya kelinci biasanya gak bau. Emang gak bau sih. Pup yang bagus tuh bentuknya bulat dan keras. Kalo pup kelinci mu cair, lembek atau basah, berarti ada masalah dalam pencernaannya. Bisa jadi dia gak cocok sama makanannya atau parahnya bisa jadi dia lagi sakit.

Nah beda 180 derajat sama pup nya, pee nya kelinci justru bau banget sob. Apalagi kalo abis makan kangkung. Beuh baunya bener-bener deh. Makanya pemilihan makanan memegang penting nih dalam menciptakan bau pee nya kelinci. Berhubung pee nya bau gitu, jadi kandang harus dibersihin tiap hari yaa.

Kelinci punya kebiasaan makan dan pup di waktu yang hampir bersamaan. Makanya baiknya ngasih makan dia di kandangnya sendiri, agar ketika pup gak kemana-mana kotorannya

8. Kebersihan Kandang
Kalau udah melihara hewan, berarti harus siap juga dalam menghadapi pup dan pee nya. Kebersihan kandang kelinci harus bener-bener dijaga. Karena kandang yang jorok adalah sumber dari sumber segala penyakit. Gak Cuma buat kelinci, tapi juga buat manusia nya.Usahakan ngebersihkan kandang kelinci sehari sekali. Soalnya kalo udah numpuk, maka bisa bau banget dan bikin jorok. Kalu kandang kelinci punya litterbox bakal lebih mudah lagi buat ngebersihinnya. Soalnya ya kita tinggal ambil litterboxnya, buang pee dan pup nya terus bersihin deh litterbox nya. Setelah bersih, pasang lagi di kandangnya.

9. Ciri Kelinci Sehat
Tanda-tanda kelinci sehat itu bisa dilihat secara fisik. Kalau dia aktif, suka makan dan gerak terus maka bisa dipastikan kalau kelinci mu sehat. Apalagi kalo lihat pup nya keras dan bulat sempurna. Bisa dibilang kelinci tersebut dalam kondisi sempurna. Tapi kalo kelincimu lemes, pendiem, pup nya cair atau lembek bisa dibilang dia lagi sakit. Nah peran pemiliknya nih disini bermain. Bagaimana dia menyehatkan kembali kelincinya. Soalnya kalo engga, dia bisa mati.



10. Ketika Kelinci Beranjak Dewasa
Kalo kelincimu udah berusia enam atau tujuh bulan ke atas, maka dia udah mulai masuk masa kawin. Kalo kalian Cuma punya satu kelinci, ada baiknya segera mencari kelinci lain buat dikawinin. Kalo kalian punya sepasang, nah ini ada sedikit trik biar mereka mau kawin. Biasanya sih kelinci dewasa yang mau kawin, yang lebih aktifnya yang jantan. Nah betina nya ini malu malu mau. Kelinci gue sendiri selalu masuk dalam mode birahi ketika maghrib tiba. Nah biar mereka lebih mudah kawinnya, ada baiknya kita bantu si jantan biar lebih pede. Caranya, masukkan mereka dalam sekandang bersama saat jam-jam birahinya. Dijamin deh. Mereka bakal kawin disana.

Sayangnya, gue gak bisa berbagi bagaimana, tips ketika kelinci hamil dan punya anak. Soalnya kelinci saya dua dua nya jantan. Dan mereka homo, karena saya gak ngasih betina ke mereka utnuk dikawinkan. Tiap maghrib saya lihat mereka ganti-gantian kawin. Duh parah deh.

Mungkin sekian sharing sharing mengenai tips memelihara kelinci dari saya. Apa yang saya tulis diatas adalah murni dari pengalaman saya memelihara kelinci. Jika ada salah-salah kata mohon dimaafkan. Sekian dari saya, terimakasih.

#Onedayonepost #ODOPbatch5

#Day28
Read More